Pengembangan Media Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Website bagi Anak dengan Hambatan Intelektual

Lulu Alawiyah, Bahrudin Bahrudin, Lalan Erlani

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran IPA interaktif berbasis website sebagai visualisasi cara merawat hewan peliharaan kelinci bagi anak dengan hambatan intelektual ringan. Media diakses melalui alamat website https://lulu.masuk.id. Pengembangan media menggunakan metode Research and Development (RnD) model pengembangan Sugiyono yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Validasi produk dilakukan oleh lima ahli terdiri atas tiga ahli media, satu ahli materi dan satu ahli hambatan intelektual serta diuji coba oleh tiga anak dengan hambatan intelektual ringan kelas VIII di SLB Negeri Cileunyi. Hasil validasi memperoleh rerata presentase ahli media sebesar 82,9 yang berarti sangat baik dalam pengembangan media. Ahli materi dengan presentase 83,6 yang berarti sangat baik dalam kesesuaian materi. Ahli hambatan intelektual dengan presentase 80,4 yang berarti baik dalam kesesuaian kebutuhan anak dengan hambatan intelektual. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media interaktif ini dapat menarik dan interaktif digunakan untuk memvisualkan cara merawat hewan kelinci. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA interaktif berbasis website dapat digunakan untuk alternatif media bagi anak dengan hambatan intelektual ringan.

 

 


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; Website; Pembelajaran IPA; Anak dengan Hambatan Intelektual

Full Text:

PDF

References


Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan

scramble dalam menyusun kalimat pada siswa

tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 2(1), 43-46.

Basuni, M. (2012). Pembelajaran Bina Diri Pada Anak

Tunagrahita Ringan. JPK (Jurnal Pendidikan

Khusus), 9(1).

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

Ortopedagogia, 5(1), 12-17.

Dewi, A. K., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2020). Media

Clay Tepung sebagai Sarana Menulis Permulaan

Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 6(1), 13-19.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Gayatri, A. M., Adi, T. M., & Muzdalifah, M. (2021).

Kelemahan Media Internet dalam Pelaksanaan

Pembelajaran saat Pandemi. INTELEKTIUM, 2(1),

-53.

Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video

sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah

dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran

Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).

Istanti, A. W., & Triwidjaja, H. A. (2014). Penerapan

Model Pembelajaran Picture And Picture Pada

Pembelajaran Ipa Anak Tunagrahita SDLB. Jurnal

Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar

Biasa, 1(2), 169-174.

Kantun, S. (2013). Hakikat dan Prosedur Penelitian

Pengembangan.

Maher, B. A. (Ed.). (1964–1972). Progress in

Experimental Personality Research (6 vols.). New

York: Academic Press.

Nuraini, F. (2017). Penggunaan model Problem Based

Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar

IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnal mitra pendidikan,

(4), 369-379.

Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I.,

Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021,

September). Development of Online Learning

Resources as a Support System Learning from

Home at SLB LAB UM. In 2021 7th International

Conference on Education and Technology (ICET)

(pp. 100-106). IEEE.

Rochyadi, E. (2012). Karakteristik dan Pendidikan

Anak Tunagrahita. Pengantar Pendidikan Luar

Biasa, 1-54.

Schalock, R. L., Borthwick-Duffy, S. A., Bradley, V.

J., Buntinx, W. H., Coulter, D. L., Craig, E. M.,

... & Yeager, M. H. (2010). Intellectual disability:

Definition, classification, and systems of supports.

American Association on Intellectual and

Developmental Disabilities. 444 North Capitol

Street NW Suite 846, Washington, DC 20001.

Seels, B., & Glasgow, Z. (1991). Survey of Instructional

Design Needs and Competencies.

Sparrow, D.G. (2010). Motivasi Bekerja dan Berkarya.

Jakarta: Citra Cemerlang.

Sugiarmin, M. (2012). Pengembangan Teknologi

Asistif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam

Seting Pendidikan inklusif. Universitas Pendidikan

Indonesia, 1-24.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra,

(73), 33.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan

Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran

interaktif pada proses pembelajaran rangkaian

listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan

Teknologi, 19(1), 75-82




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p111-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats