Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Sex Education untuk Anak Tunagrahita

Sambira Sambira, Susi Hermin Rusminati, Ana Rafikayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis kebutuhan dari pengembangan media pembelajaran sex education untuk anak tunagrahita. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah  14 guru, 25 orangtua, dan 4 ahli pendidikan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) untuk saat ini belum banyak media pembelajaran sex education yang sesuai dengan karakteristik tunagrahita, (2) sangat penting untik dilakukan pengembangan media pembelajaran sex education untuk anak tunagrahita, (3) karakteristik media pembelajaran untuk anak tunagrahita diantaranya (a) menggunakan bahasa yang sederhana, dan (b) menggunakan bantuan gambar lebih optimal lagi dengan gambar bergerak atau video.


Keywords


Media pembelajaran; Sex education; Anak tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA. Majalah Ilmiah UNIKOM. https://doi.org/10.34010/miu.v18i2.3936

Arifin. (2018). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BERMAIN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENCUCI TANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI I GOWA. Journal of Materials Processing Technology.

Aziz, A. (2014). Pendidikan seks bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus UNESA, 34(1), 78–86.

Aziz, S. (2021). Pendidikan Seks Bagi Anak. Jurnal Kependidikan.

Fadillah, N. (2015). Peran BP4 Terhadap Pemahaman Dalam Wawasan Berkeluarga Calon Pengantin (Studi BP4 Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang). Al-Shifa.

Gougeon, N. A. (2009). Sexuality education for students with intellectual disabilities, a critical pedagogical approach: Outing the ignored curriculum. Sex Education. https://doi.org/10.1080/14681810903059094

Purwanto. (2012). Bimbingan Pribadi dalam Menangani Anak Autis di Lembaga Mitra Ananda Kec. Colomadu Kab. Karanganyar. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Rachmawati, F. (2012). Pendidikan Seks untuk Anak Autis. PT Elex Meida Komputindo, Kelompok Gramedia.

Rachmayana, D. (2019). pengaruh mengembangkan dekoratif terhadap kemampuan bahasa anak tunagrahita di SLB Islam Terpadu Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung. In ペインクリニック学会治療指針2.

Radcliffe, P. (2016). Defending serious sexual assault: Ethical and effective advocacy. In Witness testimony in sexual cases: Evidential, investigative and scientific perspectives.

RUJIYANTA, R. (2021). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DENGAN MEDIA ANIMASITEKS VOKAL DAN KONSONAN PADA KELAS IV SDLB CDI SLB PURWORAHARJO GUNUNGKIDUL. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.263

Setiawan, A., Nurwendah, Y. D., & Mahera, I. A. (2019). GANGGUAN BERBAHASA PADA PENYANDANG TUNAGRAHITA/ DOWNSYNDROME (STUDI ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA KELAS III TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB-C) PERTIWI PONOROGO). TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v1i1.7

Setiawan, F. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA. Jurnal Tunas Pendidikan. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i2.456

Suhairi, M., Asmawi, M., Tangkudung, J., Hanif, A. S., & Dlis, F. (2020). Development of SMASH skills training model on volleyball based on interactive multimedia. International Journal of Interactive Mobile Technologies. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I06.13405

Wahyuni, N. T. (2020). PENGARUH PENERAPAN LAGU “6 LANGKAH MENCUCI TANGAN“ TERHADAP KEMAMPUAN MENCUCI TANGAN SISWA TUNAGRAHITA SEDANG MENGGUNAKAN METODE AUDIO VISUAL DI SDLB-C PANCARAN KASIH KOTA CIREBON. Jurnal Kesehatan. https://doi.org/10.38165/jk.v7i2.125




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12022p80-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats