Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Tunarungu

Intan Yuniarsih, Abdul Huda, Ediyanto Ediyanto

Abstract


Multimedia interaktif berbasis android merupakan aplikasi yang mempermudah siswa tunarungu dalam mempelajari kosakata khususnya kata benda yang ada disekitar. Penelitian ini berawal dari adanya analis kebutuhan dan analisis awal- akhir yaitu minimnya penguasaan kosakata siswa dalam menyusun huruf menjadi kata. Selain itu juga adanya kebutuhan guru untuk sebuah aplikasi pembelajaran kosakata yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan multimedia interaktif berbasis android yang tervalidasi dan diujicobakan kepada siswa. Metode yang digunakan adalah Metode R&D yang dikembangkan oleh Lee dan Owens dengan 5 tahap yaitu tahap analisis (analisis kebutuhan dan analisis awal akhir), desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan validasi ahli media didapatkan hasil dengan rata – rata 95,8 %, ahli materi yaitu 93,7% ,untuk ahli praktisi yaitu 99,2% dan untuk uji coba didapatkan hasil 95,5%. Nilai gabungan dari validator yang diperoleh adalah 96,2 % . Berdasarkan penilaian validator multimedia interaktif berbasis android masuk dalam kategori Sangat Valid digunakan sebagai media pembelajaran. Pengembangan multimedia interaktif berbasis android berjudul “Kata Bendaku” dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata pada siswa dan memiliki fitur eja sehingga memudahkan siswa tunarungu memahami materi kata benda

Keywords


multimedia interaktif; kosakata; tunarungu

Full Text:

PDF

References


Ambiyar. 2020. Asesmen Pembelajaran Berbasis

Komputer dan Android. Jakarta: Kencana

Atmaja, Jati Rinarki (2018) Pendidikan dan Bimbingan

Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Azizah, A., D., N. (2020). Pengembangan multimedia

interaktif pengenalan huruf hijaiyah isyarat bagi

siswa tunarungu kelas V di SLB PKK Gedeg

/ Anggita Dwi Nur Azizah. Tesis, Universitas

Negeri Malang.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Purnamawati, F., & Pradipta, R. F. (2021, December).

Analysis of the Positive and Negative Effects of

Using Smartphones in Learning for Children with

Special Needs. In International Conference on

Information Technology and Education (ICITE

(pp. 231-233). Atlantis Press.

Indriyati, A. (2020). Pengembangan Multimedia

Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk

Orangtua Dalam Intervensi Keterampilan

Berbahasa Siswa Tunarungu. Tesis, Universitas

Negeri Surabaya.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan multimedia

interaktif dalam pembelajaran matematika.

JIPMat, 2(1).

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis

multimedia interaktif untuk meningkatkan

Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick:

Journal of Computer and Information Technology,

(2), 68-75.

Lee, W., & Owens, D. (2004). Multimedia Based

Instructional Design, Second Edition. San

Fransisco: Pfeiffer.

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam

Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan

multimedia interaktif terhadap kemampuan

pemahaman konsep matematis siswa.

FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika

Dan Matematika, 2(2), 8-18.

Qoyyimah, A., D. (2017). Pengembangan Media

Pembelajaran Kosakata Berbasis Android Untuk

Anak Tunarungu Kelas I SLB Eka Mandiri Kota

Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa,

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri

Malang.

Pradipta, R. F., Wahyuni, D., & Andrean, H.

(2022, January). Android-Based Word Game

Applications to Increase the Vocabulary of Deaf

Children. In 2022 2nd International Conference on

Information Technology and Education (ICIT&E)

(pp. 70-74). IEEE.

Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I.,

Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021,

December). Analysis of Online Learning

Strategies in a Pandemic Period. In International

Conference on Information Technology and

Education (ICITE 2021) (pp. 22-29). Atlantis

Press.

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan

multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis

android menggunakan prinsip mayer pada materi

laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan,

(1), 38-47.

Sari, N. R., & Nuraida, P., M. (2017). Pengembangan

Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Tunarungu. Seminar Nasional

Sistem Informasi 2017, 14 September 2017

Fakultas Teknologi Informasi – UNMER Malang,

September, 121–130

Sudirman, S., & Wiyono, K. (2017). Pengembangan

Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada

Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu,

Kalor Dan Perpindahan Kalor Untuk Sma Kelas

XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika,

(2), 135-143.

Suryani, N., Setiawan., & Putria, A. (2018). Media

Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zainiyati, H., S. (2017). Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis ICT (Konsep dan Aplikasi

pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam).

Jakarta: Kencana.

Zuchdi. (1995). Strategi Meningkatkan Kemampuan

Membaca: Peningkatan Pemahaman Bacaan

(terjemahan). Yogyakarta: FPBS IKIP Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p92-97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats