Kecakapan Literasi Bercerita Pada Anak Tunagrahita di YPAC Surabaya

Amelia Widya Hanindita, Amelia Rizky Idhartono

Abstract


Literasi membaca dan menulis merupakan fondasi dasar yang harus dikuasai peserta didik untuk dapat memperoleh segala informasi dan mengemukakan gagasan melalui bahasa tulis. Literasi juga merupakan sebuah kecakapan dalam berpikir untuk menentukan dan menggunakan segala bentuk informasi yang ada baik itu melalui media cetak, audio, visual, audiovisual, ataupun yang lainnya. Penelitian ini berfokus pada kecakapan literasi bercerita anak tunagrahita. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun penelitiannya berjenis deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan kecakapan literasi menyimak dan berbicara melalui kegiatan bercerita pada anak tunagrahita di YPAC Surabaya. Terdapat dua kecakapan yang dilihat dalam penelitian ini yaitu kecakapan menyimak dan kecakapan literasi berbicara. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kecakapan menyimak pada masing-masing tahapan yaitu mulai tahap ke-1 sampai dengan tahap ke-5 mengalami kenaikan yaitu anak tunagrahita berinisial CE menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak sejumlah 25%. Kemudian, DA menunjukkan peningkatan sejumlah 22%. Lalu, JH menunjukkan peningkatan sejumlah 28% sedangkan NH 25%. Hal yang sama juga terjadi pada kecakapan literasi berbicara dengan hasil anak tunagrahita berinisial CE menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara sejumlah 28%. Kemudian, DA menunjukkan peningkatan sejumlah 16%. Lalu, JH menunjukkan peningkatan sejumlah 18% sedangkan NH 38%.

Keywords


Kecakapan menyimak; kecakapan literasi berbicara; anak tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, M. (1990). Strategi Belajar-Mengajar:

Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Y.

A3 Malang.

Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan

scramble dalam menyusun kalimat pada siswa

tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 2(1), 43-46.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

Ortopedagogia, 5(1), 12-17.

Dewi, A. K., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2020). Media

Clay Tepung sebagai Sarana Menulis Permulaan

Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 6(1), 13-19.

Fadhli, A. (2019). Dongeng dan Risalah Pengantar

Tidur untuk Anak. Gava Media.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Hidayati, N., Sunandar, A., & Pradipta, R. F. (2020).

Phonetic Methods on The Early Reading Ability

of Student with Intellectual Disability. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 72-76.

Kemdikbud. (2003). Undang-Undang tentang Sistem

Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Permendikbud. (2015). Peraturan menteri pendidikan

dan kebudayaan Republik Indonesia (keputusan

nomor 23 tahun 2015: tentang penumbuhan budi

pekerti). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and fine motoric ability of intellectual disabiliy

students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., & Purnamawati, F.

(2020, November). Admission System for New

Students: Study of Multi Sites in Special School.

In 2nd Early Childhood and Primary Childhood

Education (ECPE 2020) (pp. 335-338). Atlantis

Press.

Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).

HHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan

Kesadaran Bina Diri Anak Tunagrahita. Jurnal

Ortopedagogia, 7(1), 8-12.

Smith, M. B, Ittenbach, R.F. & Patton, J. R. (2002).

Mental Retardation. 6th ed. Merrill Prentice Hall.

Suandi, I. N., Sudiana, I. N., & Nurjana, I. G. (2018).

Keterampilan Berbahasa Indonesia: Berorientasi

Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Raja

Grafindo Persada.

Tarigan, H. G. (1986). Menyimak: Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan

Nasional. (2003). https://peraturan.bpk.go.id/

Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wiedarti, P. & K. (2018). Desain Induk Gerakan

Literasi Sekolah. Direktorat Jendral Pendidikan

Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan.

Wahyuno, E., Hastuti, W. D., Umah, U. S., & Pradipta,

R. F. (2020). Pelatihan Orientasi Mobilitas Pada

Guru SLB dan Sekolah Inklusi di Kota Malang.

Jurnal Graha Pengabdian, 2(1), 56-59




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p147-157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats