Kecakapan Literasi Bercerita Pada Anak Tunagrahita di YPAC Surabaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, M. (1990). Strategi Belajar-Mengajar:
Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Y.
A3 Malang.
Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan
scramble dalam menyusun kalimat pada siswa
tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 2(1), 43-46.
Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh
Penggunaan Media Sempoa Geometri pada
Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal
Ortopedagogia, 5(1), 12-17.
Dewi, A. K., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2020). Media
Clay Tepung sebagai Sarana Menulis Permulaan
Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 6(1), 13-19.
Fadhli, A. (2019). Dongeng dan Risalah Pengantar
Tidur untuk Anak. Gava Media.
Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi
Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan
Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.
Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi
Treatment and Education of Autistic and
Realted Communicationhandicapped Children
(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak
Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,
(2), 57-61.
Hidayati, N., Sunandar, A., & Pradipta, R. F. (2020).
Phonetic Methods on The Early Reading Ability
of Student with Intellectual Disability. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 72-76.
Kemdikbud. (2003). Undang-Undang tentang Sistem
Pendidikan Nasional Tahun 2003.
Permendikbud. (2015). Peraturan menteri pendidikan
dan kebudayaan Republik Indonesia (keputusan
nomor 23 tahun 2015: tentang penumbuhan budi
pekerti). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia.
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and fine motoric ability of intellectual disabiliy
students. International Journal of Innovation,
(5), 531-545.
Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., & Purnamawati, F.
(2020, November). Admission System for New
Students: Study of Multi Sites in Special School.
In 2nd Early Childhood and Primary Childhood
Education (ECPE 2020) (pp. 335-338). Atlantis
Press.
Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).
HHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan
Kesadaran Bina Diri Anak Tunagrahita. Jurnal
Ortopedagogia, 7(1), 8-12.
Smith, M. B, Ittenbach, R.F. & Patton, J. R. (2002).
Mental Retardation. 6th ed. Merrill Prentice Hall.
Suandi, I. N., Sudiana, I. N., & Nurjana, I. G. (2018).
Keterampilan Berbahasa Indonesia: Berorientasi
Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Raja
Grafindo Persada.
Tarigan, H. G. (1986). Menyimak: Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan
Nasional. (2003). https://peraturan.bpk.go.id/
Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Wiedarti, P. & K. (2018). Desain Induk Gerakan
Literasi Sekolah. Direktorat Jendral Pendidikan
Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Wahyuno, E., Hastuti, W. D., Umah, U. S., & Pradipta,
R. F. (2020). Pelatihan Orientasi Mobilitas Pada
Guru SLB dan Sekolah Inklusi di Kota Malang.
Jurnal Graha Pengabdian, 2(1), 56-59
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p147-157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats