Penerapan Metode TEACCH pada Pembelajaran Vokasional
Abstract
Autis merupakan kelainan perkembangan pada saraf sehingga menyebabkan gangguan perilaku, komunikasi, dan interaksi sosial. Berdasarkan gangguan pada anak autis perlu adanya sebuah strategi pembelajaran berupa metode dan media belajar yang tepat agar proses belajar mengajar dapat berjalan efektif dan efisien. Selain itu pembelajaran yang diberikan dapat berupa kegiatan yang dapat menunjang kemandirian anak seperti pembelajaran vokasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran secara rinci mengenai proses (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, dan (4) pengawasan dari penerapan metode TEACCH pada pembelajaran vokasional craft di SLB x Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah pihak yang memiliki pengetahuan tentang data yang dibutuhkan yakni wakil kurikulum dan guru vokasional. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik data collection, data reduction, dan Conclusion drawing/verifying. Keabsahan data diperiksan dengan menggunakan teknik triangulasi data.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar. (2012). PENDIDIKAN KECAKAPAN
HIDUP (LIFE SKILLS EDUCATION). Bandung:
Alfabeta. Retrieved from www.cvalfabeta.com
Bolagh R. N. G., Zahednezhadb H., & VosoughiIlkhchib
S. (2013). The Effectiveness of TreatmentEducation Methods in Children with Autism
Disorders. Journal of Social and Behavioral
Sciences, 84, 1679- 1683.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Erianawati. 2005. Penggunaan Media Visual (Gambar)
dalam Pembelajaran Anak Hiperaktif di Lembaga
Terapi Anak Altisma Kudus. Skripsi tidak
diterbitkan. Semarang: Teknologi Pendidikan FIP
UNNES.
Hallahan, D.P. Kauffman, J.M, & Pullen, P. C. (2009).
Exceptional Learners An Introduction to Special
Education Eleventh Edition. United States of
America: Pearson Education,Inc.
Iswari, M., & Nurhastuti. (2018). Pendidikan Anak
Autisme. (T. Pena, Ed.) (1st ed.). Padang: Goresan
Pena. Retrieved from www.goresanpena2012@
gmail.com
Joko, Yuwono. (2012). Memahami Anak Autistik
(Kajian Teoritik dan Empirik). Bandung: Alfabeta
Kosasih, E. 2012. Cara Bijak Memahami Anak
Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
Kusmierski S. & Henckel K. (2002). Effects of
the TEACCH Program on Maladaptive and
Functional Behaviors of Children with Autism.
Journal of Undergraduate Research/ University of
Wisconsin-La Crosse, 5, 475- 491
Mesibov G. B. & Shea V. (2010). The TEACCH
Program in the Era of EvidenceBased Practice.
Journal Autism Development Disorder, 570-5
Miles, M.B. & Huberman, A. M. (1992). Qualitative
Data Analysis. California: SAGE Publications
Inc.
Sussman, Fern. (2004). More Than Word. Fifth
printing. Canada: The Hanen Center Publisher.
Tiwan. (2010). Penerapan modul pembelajaran
bahan teknik sebagai upaya peningkatan proses
pembelajaran di jurusan pendidikan teknik mesin
ft uny. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,
, 256-280.
Veskarisyanti. (2008). 12 Terapi Autis Paling Efektif &
Hemat. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.
Wikasanti, Esthy. 2014. Pengembangan Life Skill
untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Depok :
Maxima
Wiyono, B. . (2006). Metodologi Penelitian
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action
Research). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang.
Yamada S., Kobayashi N., dan Sasaki M. (2008).
Effectiveness of the Physical Structure for an
Individual with Autism. Kawasaki Journal of
Medical Welfare, 14, 23-27
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p133-138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats