Upaya Guru dalam Pemenuhan Kebutuhan Khusus Siswa di Sekolah Dasar Inklusif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjarsari, A. D. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan
Inklusi Pada Jenjang Sd, Smp, Dan Sma Di
Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan
Inklusi), 1(2), 91. https://doi.org/10.26740/
inklusi.v1n2.p91-104
Asep, S., Uswatun, H., & Ahmad, J. (2020).
Inclusive Education Services for Children
with Mild Intellectual Disabilities in Pandemic
Period: The Dilemma of General Elementary
Schools in Indonesia. Jurnal Penelitian Dan
Pengembarngan Pendidikan Luar Blasa, 7(2),
–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/
article/view/16747/pdf
Efendi, M. (2018). The Implementation of Inclusive
Education in Indonesia for Children with Special
Needs: Expectation and Reality. Journal of
ICSAR, 2(2), 142–147. https://doi.org/10.17977/
um005v2i22018p142
Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi,
A. R. (2019). Kesiapan Sekolah dalam
Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak
Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 90. https://doi.
org/10.17977/um031v5i22019p90-95
Jannah, I., & Hermanto, H. (2022). Implementation of
Inclusive Education at Elementary Schools During
the Covid-19 Pandemic. Jurnal Prima Edukasia,
(2), 171–179. https://doi.org/10.21831/jpe.
v10i2.48884
Kurniawan, N. A., & Malang, U. N. (2020). Paradigma
Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. JPD: Jurnal
Pendidikan Dasar, Prosiding Seminar Dan
Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 1–6.
Mardiana, & Ahmad Khoiri, K. (2021). Pendidikan
Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di
Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan
Dasar), 5(1), 1–5. https://doi.org/10.36928/jipd.
v5i1.651
Nurhaqy, A. A. (2022). Keterampilan Kolaborasi Guru
Sekolah Dasar untuk Keberhasilan Pendidikan
Inklusif. Warta Pengabdian, 16(2), 75–88. https://
doi.org/10.19184/wrtp.v16i2.23395
Nurwan, T. W. (2019). Implementasi Kebijakan
Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. JESS
(Journal of Education on Social Science), 3(2),
https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2/176
Pradipta, R. F., Oktaviani, H. I., & Dewantoro, D.
A. (2022). Peningkatan Mutu Pengelolaan
Data Administrasi Pembelajaran melalui
Sistem Administrasi Sekolah Inklusi (SIADSI)
Berbasis Website bagi Guru Pendamping
Khusus. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat), 3(3), 505-512.
Qomarudin, M., Basir, M. A., & Indah, D. (2019). Model
Kolaborasi Identifikasi Dini Anak Berkebutuhan
Khusus ( ABK ) Untuk Menunjang Pelaksanaan
Pendidikan Inklusi. 3(November), 91–100.
Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).
Hubungan pola asuh orang tua dengan kesadaran
bina diri anak tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia,
(1), 8-12.
Rudiyati, S., Pamungkas, B., & Phytanza, D. T. P.
(2021). Enhancing the Pedagogical Competence
of Inclusive School Teachers in Handling Children
with Special Needs. KnE Social Sciences,
(16), 680–688. https://doi.org/10.18502/kss.
v6i2.10025
Yunaini, N. (2021). Model Pembelajaran Anak
Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan
Inklusi. Journal Of Elementary School Education
(JOuESE), 1(1), 18–25. https://doi.org/10.52657/
jouese.v1i1.1326
Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019).
Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses
Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap
Anak Berkebutuhan Khusus. International
Journal of Elementary Education, 3(3), 267.
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p43-47
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats