Upaya Guru dalam Pemenuhan Kebutuhan Khusus Siswa di Sekolah Dasar Inklusif

Bayu Pamungkas, Hermanto Hermanto, Ernisa Purwandari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam rangka pemenuhan kebutuhan khusus siswa di 10 Sekolah Dasar penyelenggara pendidikan inklusi di Sleman Yogyakarta. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Data yang telah dihimpun kemudian dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa beberapa upaya guru dalam pemenuhan kebutuhan khusus siswa di sekolah dasar inklusif antara lain pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, pemberian layanan khusus dan penerapan program terindividualisasi serta kolaborasi.

Keywords


siswa berkebutuhan khusus; inklusif

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, A. D. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan

Inklusi Pada Jenjang Sd, Smp, Dan Sma Di

Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan

Inklusi), 1(2), 91. https://doi.org/10.26740/

inklusi.v1n2.p91-104

Asep, S., Uswatun, H., & Ahmad, J. (2020).

Inclusive Education Services for Children

with Mild Intellectual Disabilities in Pandemic

Period: The Dilemma of General Elementary

Schools in Indonesia. Jurnal Penelitian Dan

Pengembarngan Pendidikan Luar Blasa, 7(2),

–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/

article/view/16747/pdf

Efendi, M. (2018). The Implementation of Inclusive

Education in Indonesia for Children with Special

Needs: Expectation and Reality. Journal of

ICSAR, 2(2), 142–147. https://doi.org/10.17977/

um005v2i22018p142

Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi,

A. R. (2019). Kesiapan Sekolah dalam

Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak

Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 90. https://doi.

org/10.17977/um031v5i22019p90-95

Jannah, I., & Hermanto, H. (2022). Implementation of

Inclusive Education at Elementary Schools During

the Covid-19 Pandemic. Jurnal Prima Edukasia,

(2), 171–179. https://doi.org/10.21831/jpe.

v10i2.48884

Kurniawan, N. A., & Malang, U. N. (2020). Paradigma

Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. JPD: Jurnal

Pendidikan Dasar, Prosiding Seminar Dan

Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 1–6.

Mardiana, & Ahmad Khoiri, K. (2021). Pendidikan

Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di

Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan

Dasar), 5(1), 1–5. https://doi.org/10.36928/jipd.

v5i1.651

Nurhaqy, A. A. (2022). Keterampilan Kolaborasi Guru

Sekolah Dasar untuk Keberhasilan Pendidikan

Inklusif. Warta Pengabdian, 16(2), 75–88. https://

doi.org/10.19184/wrtp.v16i2.23395

Nurwan, T. W. (2019). Implementasi Kebijakan

Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. JESS

(Journal of Education on Social Science), 3(2),

https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2/176

Pradipta, R. F., Oktaviani, H. I., & Dewantoro, D.

A. (2022). Peningkatan Mutu Pengelolaan

Data Administrasi Pembelajaran melalui

Sistem Administrasi Sekolah Inklusi (SIADSI)

Berbasis Website bagi Guru Pendamping

Khusus. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat), 3(3), 505-512.

Qomarudin, M., Basir, M. A., & Indah, D. (2019). Model

Kolaborasi Identifikasi Dini Anak Berkebutuhan

Khusus ( ABK ) Untuk Menunjang Pelaksanaan

Pendidikan Inklusi. 3(November), 91–100.

Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).

Hubungan pola asuh orang tua dengan kesadaran

bina diri anak tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia,

(1), 8-12.

Rudiyati, S., Pamungkas, B., & Phytanza, D. T. P.

(2021). Enhancing the Pedagogical Competence

of Inclusive School Teachers in Handling Children

with Special Needs. KnE Social Sciences,

(16), 680–688. https://doi.org/10.18502/kss.

v6i2.10025

Yunaini, N. (2021). Model Pembelajaran Anak

Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan

Inklusi. Journal Of Elementary School Education

(JOuESE), 1(1), 18–25. https://doi.org/10.52657/

jouese.v1i1.1326

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019).

Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses

Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap

Anak Berkebutuhan Khusus. International

Journal of Elementary Education, 3(3), 267.

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p43-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats