Analisis Kebutuhan Pengembangan Media pada Mata Latih Teknik Celup Shibori untuk Pelatihan Vokasional Mahasiswa Autis

Bilal Wegig Wirawan, Etin Solihatin, Indina Tarjiah, Nurul Hidayah

Abstract


Pada Lembaga pendidikan bagi ASD di usia dewasa pengembangan aktualisasi potensi ASD menuju kemandirian sebaiknya diarahkan pada pengembangan keterampilan vokasional. London School Beyond Academy (LSBA) merupakan lembaga pelatihan vokasional yang khusus menerima penyandang disabilitas khusus ASD. Selama 1 tahun terakhir di LSBA berdasarkan observasi dan wawancara terhadap dosen, asisten dosen dan siswa menghadapi masalah dalam pembelajaran. Proses kegiatan pembelajaran masih menggunakan cara konvensional seperti bahan ajar (print out) dan metode pembelajaran (ceramah dan teacher centered). Salah satu mata kuliah yang mengalami penurunan yang cukup signifikan di LSBA yaitu Teknik Celup khususnya materi Shibori. Shibori merupakan teknik yang berasal dari Jepang dan biasa disebut dengan batik Jepang. Siswa ASD dalam meningkatkan keterampilannya memerlukan dukungan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu model e-book yang dapat membantu guru dalam pembuatan bahan ajar dapat menggunakan multimedia flipbook. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan e-book yang akan dikembangkan dengan Flipbook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Hasil analisa kebutuhan yang telah dilakukan, dapat diindentifikasi beberapa permasalahan, diantaranya (1) Pemahaman materi yang diberikan dan buku panduan yang sangat kurang diberikan kepada pendidik. (2) Pemanfaatan media pembelajaran dan teknologi yang kurang digunakan oleh pendidik. (3) Pendidik menggunakan metode pembelajaran Teknik Celup Shibori yang kurang menarik. Namun peserta didik memerlukan media pembelajaran yang menarik, mudah digunakan dan dapat digunakan dimana saja. Sehingga dengan dikembangkannya e-book menggunakan flipbook sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dan meningkatkan motivasi belajar.

Keywords


Analisis Kebutuhan; Autism; Flipbook

Full Text:

PDF

References


Dirgantara, C. S., Rohmawati, R., Nindya, R., & Aeni,

A. N. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,

(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/

basicedu.v5i4.1230

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan

Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu

Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.

org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Julianti, E., & Fatmawati. (2018). Keterampilan Shibori

untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus

bagi Anak Autisme. Jurnal Penelitian Pendidikan

Khusus, 6, 142–149.

Migang, Y. W., & Mahardhika, F. (2018). E- Therapy

Autism Child with Multimedia Approach (EAMA)

sebagai Intervensi Perubahan Psikomotor dan

Afektif pada Anak Autis. Media Kesehatan

Masyarakat Indonesia, 14(4), 388. https://doi.

org/10.30597/mkmi.v14i4.5222

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., & Handayani, R. D.

(2016). PENGEMBANGAN MEDIA FLASH

FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN

KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA

DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP. Jurnal

Pembelajaran Fisika, Vol.4 No.4, 296–301.

Munoz, R., Morales, C., Villarroel, R., Quezada, A.,

& De Albuquerque, V. H. C. (2019). Developing

a software that supports the improvement of the

theory of mind in children with autism spectrum

disorder.IEEE Access, 7(June 2020), 7948–7956.

https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.2890 220

Muthi’ah Amah Al Rahim; Ika Yuniar Cahyanti. (2021).

Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental

Gambaran Kualitas Hidup Dewasa Autistik :

Studi terhadap Mahasiswa Autistik di Universitas

X. 1(1), 280–291.

Nasirudin, N., Setiawan, I., & Yani, A. (2016).Modul

Guru Pembelajar Farmasi. Journal Education,

Prayogo, M. M. (2019). Keterampilan Tata Boga Bagi

Siswa Autis di SMK Inklusif Kota Bandung.

Inklusi, 6(2), 179. https://doi.org/10.14421/

ijds.060201

Rahawarin, Y. (2018). Peran Pemerintah Desa Dalam

Mengatasi Konflik Masyarakat Di Desa Kumo

Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara.

Jurnal Administrasi Publik, 4(63), 71–77.

Sari Puspita, L. P. A., Padmadewi, N. N., & Wahyuni,

L. G. E. (2019). Instructional Teaching Media to

Promote Autistic Student’s Learning Engagement.

Journal of Education Research and Evaluation,

(2), 58. https://doi.org/10.23887/jere.v3i2.20975

Seprinawati dan Jon Efendi. (2019). Pelaksanaan

Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat

Sandal Kulit bagi Anak Tunagrahita Ringan

di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Penelitian

Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 154–159.

Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. Bumi

Aksara.

Warsita, B. (2013). Perkembangan Definisi Dan

Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya

Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. https://

jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/inde x.php/

jurnalkwangsan/article/view/6

Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019).

Flip Builder : Pengembangannya Pada Media

Pembelajaran Matematika. TERAMPIL: Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–

https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5056




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p48-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats