Penggunaan Media Kotak Suka-Suka dalam Peningkatan Pengetahuan Pembelajaran Tematik dengan Tema Makhluk Hidup pada Siswa Tunagrahita SMPLB Kelas VIII di SKh Bina Citra Anak
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang ada di lapangan yakni di SKh Bina Citra Anak yaitu pada siswa tunagrahita. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti melakukan observasi terlebih dahulu pada sekolah untuk mengetahui permasalahn dan solusi yang diperlukan oleh sekolah. Adapun peneliti menemukan permasalahan yakni beberapa siswa yang kurang semangat dalam pembelajaran, guru yang menerapakan sistem pembelajan yang cukup membosan bagi siswa, serta belum memadainya bahan dan alat ajar yang dimiliki oleh sekolah. Kemudian sistem pembelajaran temtik yang diterapkan pada siswa belummaksimal diterapkan sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajran yang diinginkan. Oleh karena ini peneliti membuat sebuah media pemebelajaran yang menrik agar siswa dapat lebih efektif dan efisien dalam melakukan pembelajran tematik. Media kotak suka-suka ini sebuah media pembelajaran tematik dengan tema makhluk hidup yang bertujuan agar anak dapat mengenal nama hewan, buah dan sayuran baik secara konkret maupun abstrak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan menggunakan design one group pretest posttest denga menggunakan uji Wilcoxon dengan subjek penelitian yaitu siswa tunagrahita tingkat SMPLB sejumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Serta, teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan ke dalam grafik. Dari hasil penelitian ini nilai menunjukan bahwa media kotak suka-suka ini mampu meningkatkan pengetahuan pembelajran tematik dengan tema makhluk hidup pada siswa tunagrhaita SMPLB. Hal ini dibuktikan dari hasil pada pretest dan postets yang dilakukan menunjukan hasil yang signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Mubarok, A. A. S., & Amini, A. 2019. Kemampuan
Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui
Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77-89.
Apriyatno, Nunung. 2012. Seluk Beluk Tunagrahita dan
Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Javalitera.
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
Arikunto, S. 2014.Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Blegur, Jusuf. 2020. Soft Skill untuk Prestasi Belajar.
Surabaya: Scopindo
Delpi, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita
(Suatu pengantar pendidikan inklusi), Jakarta:
Refika Aditama
Effendi, Mohammad. 2005. Pengantar Psikopedagogik
Anak Berkelaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Ekayani, P. 2017. Pentingnya penggunaan media
pembelajaran untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1),
-11.
Husna, Faiqatul, Nur Rohim Yunus, dan Andri
Gunawan. 2019. Hak Mendapatkan Pendidikan
bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Dimensi
Politik Hukum Pendidikan. Jurna Sosial &
Budaya Syar’i, Vol. 6 No.2
Mamat SB, dkk. 2005. Pedoman Pelaksanaan
Pembelajaran Tematik. Jakarta:Dirjen
Kelembagaan Agama Islam, Depag RI.
Meimulyani, Y & Caryoto. 2013. Media Pembelajaran
Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus.
Bandung: Luxima Metro Media Meningkatkan
Konsentrasi dan Minat Belajar Siswa Tuna
Grahita. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal
Penelitian dan Pengembangan
Muslim. 2020. Pengaruh perhatian orang tua
terhadap Prestasi belajar anak dalam mata
pelajaran pendidikan agama islam. Yogyakarta:
DEEPUBLISH
Onsu, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran
Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika bagi Siswa Tunagrahita Kelas
X SLB GMIM Nazareth Tuminting. Jurnal
Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 699-704.
Pembelajaran, 2(1), 76-87.
Poerwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan .
Bandung: PT. Rosda Karya
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar
Tematik:Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta:
Diva Press
Purwanto, M.Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan
(Cet, 19). Bandung: Remaja Rosdakarya
Rosnawati, Ati dan Kemis. 2013. Pendidikan Anak
Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: PT.
Luxima Metro Media
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran:
Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta:
Rajawali Press
Salkind, J Neil. 2021. Pandangan Kognitif
Delelopmental Dalam Perkembangan Manusia,
(seri teori perkembangan Manusia).Buku.
Nusamedia:Jakarta
Setyaningsih, R., & Atmaja, H. E. 2021. Pengaruh
motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap
prestasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi
universitas tidar di masa pandemi covid-19.
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran
(JPManper), 6(2), 191-203.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Somantri, Sujihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa.
Bandung: PT. Refika Aditama
Sudjana, Nana dkk. 2010. Media Pembelajaran.
Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta cv
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta cv
Suprianto, S., Arhas, S. H., & Salam, R. 2018.
Pengaruh Media Pembelajaran dan Pengelolaan
Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK
Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten
Bone. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 137-146.
Suryadi, Ahmad 2020. Teknologi dan Media
Pembelajaran. Sukabumi: CV. Jejak Anggota
IKAPI
Suryani, N., & Mumpuniarti, M. 2018. Kekuatan
kognitif siswa tunagrahita ringan terhadap
kegiatan pembelajaran keterampilan budidaya
hortikultura. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu
Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(2),
-109.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpandu:Konsep,
Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan KTSP, Jakarta: Bumi
Aksara
Utami, W. Z. S. 2017. Pengembangan Media
Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Wijaya, Ardhi. 2013. Teknik Mengajar Siswa
Tunagrahita (Disabilitas Inteligensi- Gangguan
Intelektual). Yogyakarta: Kyta.
Winkel, WS. 1997. Psikologi Pendidikan dan
Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Yosiani.N.2014. Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita
dengan pola tata ruang di Sekolah Luar Biasa.
E-Journal Graduated Unpar I(2). 111-124
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p65-71
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats