Penggunaan Media Kotak Suka-Suka dalam Peningkatan Pengetahuan Pembelajaran Tematik dengan Tema Makhluk Hidup pada Siswa Tunagrahita SMPLB Kelas VIII di SKh Bina Citra Anak

Aisha Meillinia, Yuni Tanjung Utami, Toni Yudha Pratama

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang ada di lapangan yakni di SKh Bina Citra Anak yaitu pada siswa tunagrahita. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti melakukan observasi terlebih dahulu pada sekolah untuk mengetahui permasalahn dan solusi yang diperlukan oleh sekolah. Adapun peneliti menemukan permasalahan yakni beberapa siswa yang kurang semangat dalam pembelajaran, guru yang menerapakan sistem pembelajan yang cukup membosan bagi siswa, serta belum memadainya bahan dan alat ajar yang dimiliki oleh sekolah. Kemudian sistem pembelajaran temtik yang diterapkan pada siswa belummaksimal diterapkan sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajran yang diinginkan. Oleh karena ini peneliti membuat sebuah media pemebelajaran yang menrik agar siswa dapat lebih efektif dan efisien dalam melakukan pembelajran tematik. Media kotak suka-suka ini sebuah media pembelajaran tematik dengan tema makhluk hidup yang bertujuan agar anak dapat mengenal nama hewan, buah dan sayuran baik secara konkret maupun abstrak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan menggunakan design one group pretest posttest denga menggunakan uji Wilcoxon dengan subjek penelitian yaitu siswa tunagrahita tingkat SMPLB sejumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Serta, teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan ke dalam grafik. Dari hasil penelitian ini nilai menunjukan bahwa media kotak suka-suka ini mampu meningkatkan pengetahuan pembelajran tematik dengan tema makhluk hidup pada siswa tunagrhaita SMPLB. Hal ini dibuktikan dari hasil pada pretest dan postets yang dilakukan menunjukan hasil yang signifikan.


Keywords


Pembelajaran Tematik; Media Pembelajaran; Anak Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Al Mubarok, A. A. S., & Amini, A. 2019. Kemampuan

Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui

Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77-89.

Apriyatno, Nunung. 2012. Seluk Beluk Tunagrahita dan

Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Javalitera.

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Arikunto, S. 2014.Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Blegur, Jusuf. 2020. Soft Skill untuk Prestasi Belajar.

Surabaya: Scopindo

Delpi, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita

(Suatu pengantar pendidikan inklusi), Jakarta:

Refika Aditama

Effendi, Mohammad. 2005. Pengantar Psikopedagogik

Anak Berkelaian. Jakarta: Bumi Aksara.

Ekayani, P. 2017. Pentingnya penggunaan media

pembelajaran untuk meningkatkan prestasi

belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1),

-11.

Husna, Faiqatul, Nur Rohim Yunus, dan Andri

Gunawan. 2019. Hak Mendapatkan Pendidikan

bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Dimensi

Politik Hukum Pendidikan. Jurna Sosial &

Budaya Syar’i, Vol. 6 No.2

Mamat SB, dkk. 2005. Pedoman Pelaksanaan

Pembelajaran Tematik. Jakarta:Dirjen

Kelembagaan Agama Islam, Depag RI.

Meimulyani, Y & Caryoto. 2013. Media Pembelajaran

Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Bandung: Luxima Metro Media Meningkatkan

Konsentrasi dan Minat Belajar Siswa Tuna

Grahita. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal

Penelitian dan Pengembangan

Muslim. 2020. Pengaruh perhatian orang tua

terhadap Prestasi belajar anak dalam mata

pelajaran pendidikan agama islam. Yogyakarta:

DEEPUBLISH

Onsu, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran

Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika bagi Siswa Tunagrahita Kelas

X SLB GMIM Nazareth Tuminting. Jurnal

Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 699-704.

Pembelajaran, 2(1), 76-87.

Poerwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan .

Bandung: PT. Rosda Karya

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar

Tematik:Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta:

Diva Press

Purwanto, M.Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan

(Cet, 19). Bandung: Remaja Rosdakarya

Rosnawati, Ati dan Kemis. 2013. Pendidikan Anak

Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: PT.

Luxima Metro Media

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran:

Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta:

Rajawali Press

Salkind, J Neil. 2021. Pandangan Kognitif

Delelopmental Dalam Perkembangan Manusia,

(seri teori perkembangan Manusia).Buku.

Nusamedia:Jakarta

Setyaningsih, R., & Atmaja, H. E. 2021. Pengaruh

motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap

prestasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi

universitas tidar di masa pandemi covid-19.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran

(JPManper), 6(2), 191-203.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Somantri, Sujihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa.

Bandung: PT. Refika Aditama

Sudjana, Nana dkk. 2010. Media Pembelajaran.

Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta cv

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta cv

Suprianto, S., Arhas, S. H., & Salam, R. 2018.

Pengaruh Media Pembelajaran dan Pengelolaan

Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK

Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten

Bone. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 137-146.

Suryadi, Ahmad 2020. Teknologi dan Media

Pembelajaran. Sukabumi: CV. Jejak Anggota

IKAPI

Suryani, N., & Mumpuniarti, M. 2018. Kekuatan

kognitif siswa tunagrahita ringan terhadap

kegiatan pembelajaran keterampilan budidaya

hortikultura. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu

Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(2),

-109.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpandu:Konsep,

Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan KTSP, Jakarta: Bumi

Aksara

Utami, W. Z. S. 2017. Pengembangan Media

Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Wijaya, Ardhi. 2013. Teknik Mengajar Siswa

Tunagrahita (Disabilitas Inteligensi- Gangguan

Intelektual). Yogyakarta: Kyta.

Winkel, WS. 1997. Psikologi Pendidikan dan

Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Yosiani.N.2014. Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita

dengan pola tata ruang di Sekolah Luar Biasa.

E-Journal Graduated Unpar I(2). 111-124




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p65-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats