Penerapan Media Video Animasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Tunadaksa
Abstract
Berdasarkan temuan observasi sebelumnya yang telah dilakukan di LPK Stars Kota Bandung, menemukan suatu permasalahan pada anak tunadaksa yang belum mampu memahami pencegahan kekerasan seksual, khususnya pemahaman pencegahan kekerasan seksual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data juga informasi pada penerapan media video animasi dalam meningkatkan pemahaman anak tunadaksa di LPK Stars Kota Bandung tentang pencegahan kekerasan seksual. Dalam penelitian ini, metodologi Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A digunakan oleh peneliti untuk melakukan eksperimen. Tahapan Baseline 1 (A-1), Baseline 2 (A-2), dan Intervention (B) memungkinkan dilakukannya observasi perkembangan subjek. Anak tunadaksa di LPK Stars dijadikan sebagai subjek penelitian. Pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian kuantitatif single subject research. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa siswa tunadaksa di LPK Stars Kota Bandung dapat belajar lebih banyak tentang pencegahan kekerasan seksual dengan menonton video animasi. Hal ini terlihat dari peningkatan mean level dari baseline fase 1 (A-1) sebesar 33, baseline fase 2 (A-2) sebesar 48, dan fase intervensi (B) sebesar 63,12. Penggunaan film animasi dapat meningkatkan pemahaman tentang pencegahan kekerasan seksual terhadap anak hambatan tunadaksa di Stars LPK Kota Bandung, sesuai dengan hasil analisis data.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andika, E. S., (2018) Pendidikan, T., & Yogyakarta,
U. N. (n.d.). Pengembangan Multimedia Berbasis
Android Sebagai Media Pendidikan Pengetahuan
pencegahan kekerasan seksual Remaja the
Multimedia Development As Education Media of
Teenager’S, 197–204
Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fechera, B., Maman S., Dadang L. H. (2012). “Desain
dan Implementasi Media VideoPrinsip-Prinsip
Alat Ukur Listrik dan Elektronika”.INVOTEC.
VIII, (2), 115- 126
Hanum, N. L., Huda, A., & Kurniawan, A. (2019).
Development of Instructional Video Media
in Increasing Sex Educational Student
with Hearing Impairment. Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa
Khairunnisa, Wardah. (2017). Pengembangan
Mediap”Permainan Roda Putar Berbasis Website
Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis
Siswa Kelas XI SMA Angkasa Adisutjipto.
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Marlina, M. (2021). Single Subject Research:
Penelitian Subjek Tunggal.
Nazir. (2009). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia
Indonesia.
Nurlaelawati, P. (2014). PENGARUH MEDIA
KARTU KATA FOKUS WARNA DALAM
MENINGKATKAN KEMAMPUAN
BELAJAR MEMBACA PERMULAAN
ANAK TUNAGRAHITA RINGAN: Single
Subject Research (SSR) PadaSiswa SLB BC
ARAS (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA).
Ocran, J. (2019). Exposing the protected: Ghana’s
disability laws and the rights of disabled people.
Disability & society, 34(4), 663-668.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-
Priyatni, Endah Tri dan Nurhadi. (2017). Membaca dan
literasi kritis. Bandung: Tira Smart.
Reynolds, K. E. (2020). Puberty in Boys with
Additional Needs. Retrieved November 2, 2020,
from https://www.myfamilyourneeds.co.uk/
Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).
Hubungan pola asuh orang tua dengan kesadaran
bina diri anak tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia,
(1), 8-12. Somantri. (2012). Psikologi Anak Luar
Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sunanto dkk. (2006). Penelitian dengan Subyek
Tunggal. Bandung: UPI Press
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p60-64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats