Penerapan Media Video Animasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Tunadaksa

Elsa Dikeu Septiani, Endang Rochyadi, Iding Tarsidi

Abstract


Berdasarkan temuan observasi sebelumnya yang telah dilakukan di LPK Stars Kota Bandung, menemukan suatu permasalahan pada anak tunadaksa yang belum mampu memahami pencegahan kekerasan seksual, khususnya pemahaman pencegahan kekerasan seksual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data juga informasi pada penerapan media video animasi dalam meningkatkan pemahaman anak tunadaksa di LPK Stars Kota Bandung tentang pencegahan kekerasan seksual. Dalam penelitian ini, metodologi Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A digunakan oleh peneliti untuk melakukan eksperimen. Tahapan Baseline 1 (A-1), Baseline 2 (A-2), dan Intervention (B) memungkinkan dilakukannya observasi perkembangan subjek. Anak tunadaksa di LPK Stars dijadikan sebagai subjek penelitian. Pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian kuantitatif single subject research. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa siswa tunadaksa di LPK Stars Kota Bandung dapat belajar lebih banyak tentang pencegahan kekerasan seksual dengan menonton video animasi. Hal ini terlihat dari peningkatan mean level dari baseline fase 1 (A-1) sebesar 33, baseline fase 2 (A-2) sebesar 48, dan fase intervensi (B) sebesar 63,12. Penggunaan film animasi dapat meningkatkan pemahaman tentang pencegahan kekerasan seksual terhadap anak hambatan tunadaksa di Stars LPK Kota Bandung, sesuai dengan hasil analisis data.


Keywords


Tunadaksa; Video animasi; Kekerasan seksual

Full Text:

PDF

References


Andika, E. S., (2018) Pendidikan, T., & Yogyakarta,

U. N. (n.d.). Pengembangan Multimedia Berbasis

Android Sebagai Media Pendidikan Pengetahuan

pencegahan kekerasan seksual Remaja the

Multimedia Development As Education Media of

Teenager’S, 197–204

Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fechera, B., Maman S., Dadang L. H. (2012). “Desain

dan Implementasi Media VideoPrinsip-Prinsip

Alat Ukur Listrik dan Elektronika”.INVOTEC.

VIII, (2), 115- 126

Hanum, N. L., Huda, A., & Kurniawan, A. (2019).

Development of Instructional Video Media

in Increasing Sex Educational Student

with Hearing Impairment. Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa

Khairunnisa, Wardah. (2017). Pengembangan

Mediap”Permainan Roda Putar Berbasis Website

Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis

Siswa Kelas XI SMA Angkasa Adisutjipto.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research:

Penelitian Subjek Tunggal.

Nazir. (2009). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia

Indonesia.

Nurlaelawati, P. (2014). PENGARUH MEDIA

KARTU KATA FOKUS WARNA DALAM

MENINGKATKAN KEMAMPUAN

BELAJAR MEMBACA PERMULAAN

ANAK TUNAGRAHITA RINGAN: Single

Subject Research (SSR) PadaSiswa SLB BC

ARAS (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS

PENDIDIKAN INDONESIA).

Ocran, J. (2019). Exposing the protected: Ghana’s

disability laws and the rights of disabled people.

Disability & society, 34(4), 663-668.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Priyatni, Endah Tri dan Nurhadi. (2017). Membaca dan

literasi kritis. Bandung: Tira Smart.

Reynolds, K. E. (2020). Puberty in Boys with

Additional Needs. Retrieved November 2, 2020,

from https://www.myfamilyourneeds.co.uk/

Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).

Hubungan pola asuh orang tua dengan kesadaran

bina diri anak tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia,

(1), 8-12. Somantri. (2012). Psikologi Anak Luar

Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Sunanto dkk. (2006). Penelitian dengan Subyek

Tunggal. Bandung: UPI Press




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p60-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats