Pengaruh Media Video Animasi Tutorial dalam Meningktakan Keterampilan Pengembangan Diri Toilet Training Bagi Anak Autis di SLB Sukapura Bandung

Agustini Pamungkas, Sunardi Sunardi, Imas Diana Aprilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan video animasi tutorial dalam meningkatkan keterampilan toilet traning BAK pada anak autis. Penggunaan Media video tutorial sebagai suatu solusi dalam meningkatkan keterampilan toilet training BAK pada anak autis.Metode pada penelitian ini menggunkan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan model desain A-B-A. Penelitian dilakukan terhadap seorang subjek penelitian yaitu pada seorang siswa autis kelas VIII di SLBN Sukapura. Hasil penelitian yaitu kemampuan toiltet traning BAK yang benar pada kondisi baseline-1 ke intervensi mengalami peningkatan sebesar 12.25%, yang artinya membaik dan pada intervensi ke baseline-2 menurun tetapi ada peningkatan di banding basline 1 sebanyak 25.00%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan mediavideo animasi tutorial terdapat pengaruh dalam meningkatkan keterampilan toilet traning BAK dengan benar untuk anak autis.

Keywords


Autis; Toilet Traning; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Atakupang, Nurmasa. 2016. Kreatif Membelajarkan

Pembelajar Dengan Menggunakan Media

Pembelajaran Yang Tepat Sebagai Solusi Dalam

Berkomunikasi. Jurnal Media Komunikasi

Geografi Vol.17 No.2.

Fica Asniarno. (2010). Kemampuan Toilet Training

Anak Yang Mempunyai Gejala Autism (Studi

Deskriptif Kualitatif Pada Anak Yang Mempunyai

Gejala Autism Di Sekolah Harapan Kopo

Bandung). Skripsi UPI. Bandung : Digilib UPI.

Hidayat (2008). Toilet Training dalam Keluarga.

Jakarta: Rineka Cipta

Mirza Maulana. (2007). Mendidik Anak Autis dan

Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan

Sehat. Yogyakarta : Ar-ruzz Media Group.

Mudjito, Harizal, Widyarini, Endang, dan Roswita,

Yang. 2014. Deteksi Dini, Diagnosa Gangguan

Spectrum Autisme dan Penanganan Dalam

Keluarga. Jakarta: Direktorat PPKLK Direktorat

Jenderal Pendidikan Dasar KEMENDIKBUD.

Mumpuniarti. (2003). Ortodidaktik Tunagrahita.

Yogyakarta: Jurusan PLB, FIP, UNY.

Kusuma, dkk. 2018. Pengembangan Media

Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Website

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Mata Pelajaran Pemasaran Online SMK Negeri

Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Vol 4

No 1

Pamungkas, R. A., 2015. Perancangan Animasi

Sebagai Media Pembelajaran Tentang

Pencegahan Osteoporosis Sejak Usia Remaja.

E-Proceding of Art and Design Vol.1 No.2

Rini Hildayani, dkk. (2007). Penanganan anak

Berkelainan. Jakarta: Universitas terbuka.

Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian dengan

Subjek Tunggal, Bandung: CRICED (University

of Tsukuba)

Sunardi& Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak

Berkebutuhan Khusus. Depenas.

Syaiful Bachri Djamarah & Aswan Zain. (2002).

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka

Cipta

Tasmalina, dkk. 2018. Pengaruh Media Video

Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Sub Materi Spermatophyte Di SMA Swasta Nurul

Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran

/2016. Jurnal Biology Education Science and

Technology Vol.1 No.01

Wantah, M. J. (2007). Pengembangan Kemandirian

Anak Tuna Grahita Mampu Latih. jakarta:

Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p27-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats