Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untuk Mahasiswa Tunanetra (Low Vision) pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran ABK)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, W. N. (2016). MODEL PEMBELAJARAN DICK
AND CARREY DALAM PEMBELAJARAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Kajian
Linguistik dan Sastra, 1(2), 119. https://doi.
org/10.23917/kls.v1i2.3631
Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian: Suatu
Pendekatan Praktik (Cetakan 14). Rineka
Cipta.Badiah, L. I., & Rafikayati, A. (2021).
Pemberdayaan Guru Dalam Implementasi
Pembelajaran Secara Inklusif Bagi Anak
Tunantera di TK/SD Bersama IGTKI Mojokerto.
Kanigara, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.36456/
kanigara.v1i1.3157
Dick, W., & Carrey, L. (1985). The Systematic
Design Instruction. Secon edition. Foreman and
Company.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang
efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.
Hidayati, P. I. (2016). Optimalisasi pengembangan
blended learning berbasis moodle untuk matakuliah
mikrobiologi optimization development based
blended learning moodle course for microbiology.
Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 890-897.
Kurniawan, A., & Badiah, L. I. (2022). Pengembangan
Media Modul Digital Interaktif Pembelajaran
Braille Berbasis Inklusi untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan
Inklusi), 5(1), 006–012. https://doi.org/10.26740/
inklusi.v5n1.p006-012
Nasution, M. I. P. (2016). Strategi pembelajaran efektif
berbasis mobile learning pada sekolah dasar.
Jurnal Iqra, 10(01).
Pradipta, R. F., Habibi, M. M., & Mawarti, R. A. (2021).
Pengembangan Media Pembelajaran berbasis
Multimedia Power Point sebagai Support System
Iklim Belajar Inklusif pada Matakuliah Kuliah
Manajemen Inovasi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,
(2), 105-109.
Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H.
(2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model
Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata
Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain
Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada.
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika
(JANAPATI), 6(1), 70. https://doi.org/10.23887/
janapati.v6i1.9931
Rafikayati, A., & Prawoto, E. C. (2022). Implementasi
Modifikasi Kurikulum untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal
Ortopedagogia, 8(1), 74–79.
Riyanti, M. T. (2018). PENGEMBANGAN MODEL
PEMBELAJARAN MERENCANA GRAFIS
KOMERSIAL BERBASIS PROYEK DENGAN
TEORY DICK & CARREY FAKULTAS
SENI RUPA DAN DESAIN UNIVERSITAS
TRISAKTI. Prosiding Seminar Nasional Pakar,
, 7.
Selegi, S. F. (2017, December). Model Evaluasi
Formatif-Sumatif Terhadap Motivasi Belajar
Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan
Pengajaran Geografi. In Prosiding Seminar
Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri
Palembang.
Sirajudin, N., Suratno, J., & Pamuti, P. (2020).
PENGEMBANGAN LABORATORIUM
VIRTUAL BIOLOGI BERBASIS SCIENCE,
TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND
MATHEMATICS (STEM) UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN
KOMUNIKATIF MAHASISWA. SAINTIFIK@:
Jurnal Pendidikan MIPA, 5(2), 71-76.
Trisno, T. (2014). Metode Self-Assessment sebagai
Metode Alternatif dalam Melakukan Evaluasi
Belajar Mahasiswa. Jurnal ilmiah Bahasa dan
sastra, 1(1), 10-19.
Wardany, O. F., & Sani, Y. (2020). Pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh bagi anak berkebutuhan
khusus (Survei terhadap orangtua dan guru di
Lampung). Jurnal Pendidikan Khusus, 16(12), 18.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p39-42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
Statcounter View My Stats