Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untuk Mahasiswa Tunanetra (Low Vision) pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran ABK)

Lutfi Isni Badiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran project based learning untuk mahasiswa tunanetra low vision maupun mahasiswa regular dalam satu rombongan belajar di Prodi Pendidikan Khusus Universitas Adi Buana. Model pembelajaran project based learning ini diimplementasikan pada mata kuliah evaluasi pembelajaran ABK selama 9 pertemuan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan dick and carey. Model pembelajaran yang berbasis project-based learning diterapkan pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran ABK yang diikuti oleh 21 mahasiswa, yang terdiri dari 20 mahasiswa regular dan 1 mahasiswa tunanetra low vision. Implementasi model ini dilakukan di semester gasal tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil evaluasi ahli materi pembelajaran, diperoleh nilai 78,3%, dengan demikian pengembangan materi dikategorikan sangat valid. Hasil validasi ahli desain pembelajaran diperoleh skor nilai 76,8%, sehingga dikategorikan dengan sangat valid. Hasil validasi ahli media diperoleh skor nilai 77,0%, sehingga dikategorikan sangat valid. Mahasiswa menilai materi pembelajaran sudah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dengan memperoleh rerata skor 91%, dikategorikan sangat baik.

Keywords


model project based learning; mahasiswa tunanetra

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2016). MODEL PEMBELAJARAN DICK

AND CARREY DALAM PEMBELAJARAN

BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Kajian

Linguistik dan Sastra, 1(2), 119. https://doi.

org/10.23917/kls.v1i2.3631

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik (Cetakan 14). Rineka

Cipta.Badiah, L. I., & Rafikayati, A. (2021).

Pemberdayaan Guru Dalam Implementasi

Pembelajaran Secara Inklusif Bagi Anak

Tunantera di TK/SD Bersama IGTKI Mojokerto.

Kanigara, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.36456/

kanigara.v1i1.3157

Dick, W., & Carrey, L. (1985). The Systematic

Design Instruction. Secon edition. Foreman and

Company.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang

efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Hidayati, P. I. (2016). Optimalisasi pengembangan

blended learning berbasis moodle untuk matakuliah

mikrobiologi optimization development based

blended learning moodle course for microbiology.

Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 890-897.

Kurniawan, A., & Badiah, L. I. (2022). Pengembangan

Media Modul Digital Interaktif Pembelajaran

Braille Berbasis Inklusi untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan

Inklusi), 5(1), 006–012. https://doi.org/10.26740/

inklusi.v5n1.p006-012

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi pembelajaran efektif

berbasis mobile learning pada sekolah dasar.

Jurnal Iqra, 10(01).

Pradipta, R. F., Habibi, M. M., & Mawarti, R. A. (2021).

Pengembangan Media Pembelajaran berbasis

Multimedia Power Point sebagai Support System

Iklim Belajar Inklusif pada Matakuliah Kuliah

Manajemen Inovasi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 105-109.

Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H.

(2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model

Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata

Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain

Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada.

Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika

(JANAPATI), 6(1), 70. https://doi.org/10.23887/

janapati.v6i1.9931

Rafikayati, A., & Prawoto, E. C. (2022). Implementasi

Modifikasi Kurikulum untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal

Ortopedagogia, 8(1), 74–79.

Riyanti, M. T. (2018). PENGEMBANGAN MODEL

PEMBELAJARAN MERENCANA GRAFIS

KOMERSIAL BERBASIS PROYEK DENGAN

TEORY DICK & CARREY FAKULTAS

SENI RUPA DAN DESAIN UNIVERSITAS

TRISAKTI. Prosiding Seminar Nasional Pakar,

, 7.

Selegi, S. F. (2017, December). Model Evaluasi

Formatif-Sumatif Terhadap Motivasi Belajar

Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan

Pengajaran Geografi. In Prosiding Seminar

Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri

Palembang.

Sirajudin, N., Suratno, J., & Pamuti, P. (2020).

PENGEMBANGAN LABORATORIUM

VIRTUAL BIOLOGI BERBASIS SCIENCE,

TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND

MATHEMATICS (STEM) UNTUK

MENINGKATKAN KEMAMPUAN

KOMUNIKATIF MAHASISWA. SAINTIFIK@:

Jurnal Pendidikan MIPA, 5(2), 71-76.

Trisno, T. (2014). Metode Self-Assessment sebagai

Metode Alternatif dalam Melakukan Evaluasi

Belajar Mahasiswa. Jurnal ilmiah Bahasa dan

sastra, 1(1), 10-19.

Wardany, O. F., & Sani, Y. (2020). Pelaksanaan

pembelajaran jarak jauh bagi anak berkebutuhan

khusus (Survei terhadap orangtua dan guru di

Lampung). Jurnal Pendidikan Khusus, 16(12), 18.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p39-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

Statcounter View My Stats