Pengaruh Teknik Shaping untuk Membentuk Kemampuan Menggosok Gigi Secara Mandiri pada Siswa Tunagrahita Sedang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita
sedang sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa teknik shaping. Penelitian dilakukan kepada anak
tunagrahita sedang berjenis kelamin perempuan usia 14 tahun kelas 5 SDLB. Subjek tersebut memiliki
kemampuan bina diri yang kurang dikarenakan dalam kehidupan sehari hari masih dibantu dengan
orang tua untuk melakukan kegiatan bersih diri. Metode penelitian yang digunakan adalah single subject
research dengan desain A-B-A. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dalam
kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa teknik shapingberpengaruh
untuk membentuk kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita. Berdasarkan hasil penelitian ini,
diharapkan pembelajaran bina diri yang dilakukan oleh guru maupun orang tua dapat menggunakan
teknik pembelajaran yang sesuai sehingga memudahkan anak tunagrahita untuk memahami.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basuni, M. (2012). Pembelajaran Bina Diri Pada Anak
Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus
Vol IX No. 1, 12-22. Dari https://journal.uny.ac.id/
index.php/jpk/article/view/6725
Delphie, B. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita.
Bandung : Refika Aditama
Ayu Yulistyani Fauziah, Rizqi Fajar Pradipta, Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Mengasah Pelafalan . . . . . . . . . .
Efendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak
Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara
Miltenberg, G R. (2014). Behaviour Modification.
United State of America : Thomson Learning, inc
Muhammad, H. (2014). Program Pengembangan
Diri untuk Peserta Didik Tunagrahita. Jakarta :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis. Jakarta
: Airlangga
Purwanta, Edi. 2012. Modifikasi Perilaku. Yogjakarta
: Pustaka Pelajar
Rahmawati, H. (2009). Modifikasi Perilaku Manusia.
Universitas Negeri Malang : Fakultas Ilmu
Pendidikan
Rochjadi, H. (2014). Program Kekhususan
Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung : Pusat
Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan
dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak
dan Pendidikan Luar Biasa.
Runtukahu, T J. (2012). Analisis Perilaku Terapan
untuk Guru. Yogjakarta : Ar –Ruzz
Somantri. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung
: PT. Refika Aditama
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung : Alfabeta
Sunanto, J., Takeuchi, K., Nakata, H. (2005). Pengantar
Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Tsukuba:
CRICED University of Tsukuba
Wantah, J. (2007) . Pengembangan Kemandirian Anak
Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats