Pengaruh Teknik Shaping untuk Membentuk Kemampuan Menggosok Gigi Secara Mandiri pada Siswa Tunagrahita Sedang

Diyah Rohma Wati, Wiwik Dwi Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita
sedang sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa teknik shaping. Penelitian dilakukan kepada anak
tunagrahita sedang berjenis kelamin perempuan usia 14 tahun kelas 5 SDLB. Subjek tersebut memiliki
kemampuan bina diri yang kurang dikarenakan dalam kehidupan sehari hari masih dibantu dengan
orang tua untuk melakukan kegiatan bersih diri. Metode penelitian yang digunakan adalah single subject
research dengan desain A-B-A. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dalam
kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa teknik shapingberpengaruh
untuk membentuk kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita. Berdasarkan hasil penelitian ini,
diharapkan pembelajaran bina diri yang dilakukan oleh guru maupun orang tua dapat menggunakan
teknik pembelajaran yang sesuai sehingga memudahkan anak tunagrahita untuk memahami.


Keywords


teknik shaping; kemampuan menggosok gigi; tunagrahita sedang

Full Text:

PDF

References


Basuni, M. (2012). Pembelajaran Bina Diri Pada Anak

Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus

Vol IX No. 1, 12-22. Dari https://journal.uny.ac.id/

index.php/jpk/article/view/6725

Delphie, B. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita.

Bandung : Refika Aditama

Ayu Yulistyani Fauziah, Rizqi Fajar Pradipta, Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Mengasah Pelafalan . . . . . . . . . .

Efendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak

Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Miltenberg, G R. (2014). Behaviour Modification.

United State of America : Thomson Learning, inc

Muhammad, H. (2014). Program Pengembangan

Diri untuk Peserta Didik Tunagrahita. Jakarta :

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis. Jakarta

: Airlangga

Purwanta, Edi. 2012. Modifikasi Perilaku. Yogjakarta

: Pustaka Pelajar

Rahmawati, H. (2009). Modifikasi Perilaku Manusia.

Universitas Negeri Malang : Fakultas Ilmu

Pendidikan

Rochjadi, H. (2014). Program Kekhususan

Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung : Pusat

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan

dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak

dan Pendidikan Luar Biasa.

Runtukahu, T J. (2012). Analisis Perilaku Terapan

untuk Guru. Yogjakarta : Ar –Ruzz

Somantri. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung

: PT. Refika Aditama

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung : Alfabeta

Sunanto, J., Takeuchi, K., Nakata, H. (2005). Pengantar

Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Tsukuba:

CRICED University of Tsukuba

Wantah, J. (2007) . Pengembangan Kemandirian Anak

Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta : Departemen

Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats