Pengembangan Video Senam Otak (Brain Gym) dalam Pembelajaran Bahasa Tunagrahita

Ary Puspita Ningrum, Sudarsini Sudarsini

Abstract


Bahasa merupakan hal yang sangat dibutuhkan, khususnya menulis permulaan. Menulis
permulaan memerlukan motorik halus yang memadai. Motorik halus pada anak tunagrahita mengalami
gangguan sehingga memerlukan gerakan yang dapat mengkoordinasi motoriknya. Senam otak adalah
gerakan sederhana yang dapat digunakan untuk melatih kognitif, motorik serta melemaskan otot-otot
kecil jari-jari dan mengkoordinasi otak dengan bahu, lengan, dan mata. Tujuan penelitian ini adalah
menghasilkan video senam otak. Video ini dikemas dalam bentuk CD yang diharapkan dapat membantu
siswa untuk menulis permulaan Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian
ini diadaptasi dari model Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video senam otak (brain
gym) layak dan efektif diterapkan bagi siswa tunagrahita setelah di validasi oleh ahli media, ahli senam
otak dan ahli pembelajaran, serta pre test dan post test. Saran pemanfaatan penelitian ini adalah: (1)bagi
siswa:peserta didik harus memperhatikan gerakan dan intruksi dari guru, (2) bagi guru: Memperhatikan
kesulitan peserta didik dalam bergerak, khususnya menggerakkan tangan.



Keywords


Senam Otak (Brain Gym); Bahasa (menulis permulaan); Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. 2013. Pengembangan Video Pembelajaran

Senam Otak (Brain Gym) Berbasis Tematik di TK

SBI Tlogowaru Kota Malang.Universitas Negeri

Malang : PG Paud.

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran.

Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, S. (2012). Dasar –Dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Aristiyani, C. 2015. Pengaruh Senam Otak Arm

Activation (Mengaktifkan Tangan) Terhadap

Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak

Autistik Kelas VI Di Sekolah Luar Biasa Autisma

Dian Amanah Yogyakarta(Doctoral Dissertation,

Fakultas Ilmu Pendidikan).

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Edisi revisi.

Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Dennison, P E & Gail E. D. (2002). Brain Gym (Senam

Otak). Jakarta : Grasindo.

Diana S; Ferilia A; dan Elyana M. 2017 . Brain Gym

Stimulasi perkembangan Anak. Paud 1. Surakrta:

CV Kerata Group.

Dryden, G & Dr. Jeannette V. (2003). Revolution Cara

Belajar (The Learning Revolution).Bandung:

Kaifa.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak

Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Elisa, A. (2016). Penggunaan Senam Otak (Brain

Gym) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis

Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V Di SLB

Al Azhar Bukittinggi. Univeristas Negeri Padang.

Pendidikan Luar Biasa. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Khusus

Hasyim, A. 2016. Metode Penelitian Dan

Pengembangan Di Sekolah. Yogyakarta:media

kadami

Pranata, S. (2011). Pengaruh Abjad 8 (Alphabets

s) Dalam Mengatasi Kesulitan Menulis

(Dysgraphia) Dan Membaca (Dyslexia) Anak

Tunagrahita Ringan. Surakarta: Universitas

Sebelas Maret. (online) digilip.uns.ac.id

Kusumaningsih, D dkk. (2013). Terampil Berbahasa

Indonesia. Yogyakarta : CV Andi.

Razak, A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Permulaan Bagi Anak Kesulitan Belajar Melalui

Brain Gym. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.

Vol. 3 (1). Hal:234-244

Sawitri, D. A. 2017. Pengaruh Finger Painting

Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada

Siswa Tunagrahita Ringan di SLB BC Kepanjen

Malang. SKRIPSI, Jurusan Pendidikan Luar

Biasa-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif,Dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metodelogi Penelitian Pendidikan.

Bandung : Alfabeta

Wibisono, L. (2012). Kemampuan Menulis Permulaan

Anak Tunagrahita Sedang Kelas 2 SDLB Insan

Mandiri Dlingo. Universitas Yogyakarta :

Pendidikan Luar Biasa. (online)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

Statcounter View My Stats