Peningkatan Keterampilan Orientasi dan Mobilitas melalui Penggunaan Tongkat bagi Penyandang Tunanetra

Rika Yulia Rahmawati, Asep Sunandar

Abstract


Pendidikan luar biasa diperuntukan bagi teman-teman berkebutuhan khusus. Salah satu  layanan pendidikan khusus adalah keterampilan orientasi dan mobilitas. Namun, masih ada Sekolah  Luar Biasa yang belum memberikan layanan ini kepada penyandang tunanetra. Maka dari itu peneliti  berinisiatif melakukan penelitian dalam rangka pemberian layanan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan orientasi dan mobilitas penyandang tunanetra sebelum dan sesudah menggunakan tongkat dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan tongkat terhadap kemampuan orientasi dan mobilitas penyandang tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen one group pre-test post-test. Hasil penelitian ini keterampilan orientasi dan mobilitas penyandang tunanetra meningkat jauh lebih baik setelah menggunakan tongkat. Tongkat membuat penyandang  tunanetra mandiri dalam berorientasi dan mobilitas. Dari hasil analisis yang dilakukan peneliti, tongkat  mempengaruhi keterampilan orientasi dan mobilitas penyandang tunanetra.


Keywords


Tongkat; Tunanetra; Orientasi Mobilitas

Full Text:

PDF

References


Azwandi, Y & Efendi, J. (2004). Orientasi dan

Mobilitas. Padang: Universitas Negeri Padang

Desiningrum, D.R. (2016). Psikologi Anak

Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain

Efendi, M. (2009). Pengantar Psipedagogik Anak

Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hosni, I. (t.t.). Buku Ajar Orientasi dan Mobilitas.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tim Pengembang Sumber Belajar PLB FIP UNESA.

(2017). Orientasi dan Mobilitas bagi Peserta

Didik Tunanetra. Kemendikbud: Dirjen Guru dan

Tenaga Kependidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014).

Program Pengembangan Kekhususan Pedoman

Pengembangan Orientasi Mobilitas, Sosial dan

Komunikasi Untuk Peserta didik Tunanetra.

Dirjen Pendidikan Dasar: Jakarta

Lusli, Mimi M. (2009). Helping Childern With Sight

Loss. Jakarta: Mimi Institute

Sijabat, M.T. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran

Keterampilan Penggunaan Tongkat Bagi Anak

Tunanetra. Sumatera Barat: Universitas Negeri

Padang

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta

Wahyuno, E. (2013). Orientasi dan Mobilitas. Malang:

Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats