Penggunaan Teknik Aversi Berkondisi untuk Meminimalisir Conduct Disorder untuk Tunagrahita

Khusnul Khotimah, Mohammad Efendi, Asep Sunandar

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku conduct disorder sebelum dan sesudah diberikan intervensi serta mengetahui efektivitas teknik aversi berkondisi. Subjek adalah siswa kelas 3 dengan hambatan intelektual  yang mempunyai perilaku sering berbicara kotor. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen yaitu Single Subjek Research (SSR) dengan desain multiple cross conditions. Pencacatatan dilakukan dengan pencatatan waktu banyaknya subjek berbicara kotor dalam waktu 30 menit. Hasil akan di analisis menggunakan mean, level, latency dan trend. Perhitungan data  menunjukkan adanya penurunan pada setiap garfik di masing-masing kondisi. Dapat disimpulkan bahwa teknik aversi berkondisi

Keywords


Kata Kunci: tunagrahita, teknik aversi berkondisi, conduct disorder

Full Text:

PDF

References


Alberto & Troutman. (2009). Applied Behavior Analysis (8th Edition). New Jersey: Menrill Pearsion. Dari bookfi.org.

Anggara, S. (2017). Efektifitas Prosedur Aversi Untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Pada Anak Tunagrahita Ringan Di Slb Amal Bhakti Sicincin. E-JUPEKhu, 5(1)

Apriyanto, N. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Javaliter

Desinngrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain

Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelahinan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Efendi, M. (2010). Pembinaan Bicara dan Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang

Gichara, J. (2006). Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: PT Kawan Pustaka

Karmila, Y., & Iswari, M. (2017). Mengurangi Perilaku Berkata Negatif Melalui Prosedur Aversi Pada Anak Autis X. E-JUPEKhu, 5(2)

Mahabbati, A. (2014). Pola Perilaku Bermasalah dan Rancangan Intervensi pada Anak Tunalaras Tipe Gangguan Perilaku (Conduct Disorder) Berdasarkan Fungsctional Behavior Assesment. Dinamika Pendidikan, 21(01)

Purwanto, Edi. (2015). ,Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Putra, I. D. G. A. P., MWP, D. A., & Dharsana, I. K. (2017). Differences Effectiveness of Behavioral Counseling Modeling Technique with Aversi Technique to Self Endurance. Bisma The Journal of Counseling, 1(1)

Rini, I. R. S. (2010). Mengenali gejala dan penyebab dari conduct disorder. PSYCHOIDEA, 8(1)

Santrock, John. W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Harya Bhimasena

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats