Pengembangan Media Video Membuat Batik Jumput Tanpa Proses Perebusan bagi Peserta Didik Tunarungu

Dyah Ayu Lestyani, Muchamad Irvan, Dimas Arif Dewantoro

Abstract


Keterbatasan pendengaran pada peserta didik tunarungu mengakibatkan masalah pembelajaran. Salah satu masalah pembelajaran tersebut adalah pemahaman peserta didik tunarungu terhadap materi yang disampaikan oleh guru.Tujuan penelitian adalah mengembangkan media video pembelajaran Membuat Batik Jumput Tanpa Proses Perebusan untuk tunarungu. Metode pengembangan menggunakan Borg dan Gall, yaitu 1) prosedur prapengembangan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap uji coba produk, (4) tahap revisi produk. Hasil uji validasi ahli media adalah 96,25%, ahli materi 1 95%, dan ahli materi 2 (praktisi) 93,75%. Sedangkan hasil rata-rata respon seluruh peserta didik pada pre-test dan post test adalah 68,33 dan 87,5.

Keywords


media video; membuat batik jumput; tunarungu

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan

Scramble dalam Menyusun Kalimat pada Siswa

Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(1),

-46.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan

Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta:

PT. Raja Grafindo Persada. Efendi, M. (2006).

Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan.

Jakarta: PT Bumi Aksara

Athaya, M. R. 2014. Embuatan Video Tutorial

Membatik Ciprat Dengan Bahasa Isyarat

Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya

Di SLB-B Wantu Wirawan Salatiga. Jurnal

Mahasiswa, 1(1),1-10.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Haryoko. 2009. Evektifitas Pemanfaatan Media AudioVisual sebagai Alternatif Optimalisasi Model

Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5(1). 1-10.

Jannah. Miftahul. (2008). Keterampilan Dasar

Membuat Batik. Surakarta: Era Intermedia.

Kustiawan, U. (2015). Media Pembelajaran

Sekolah Inklusif. Malang: Universitas Negeri

Malang.

Ratnawati, Ike. (2015). Seni Kriya. Malang:Universitas

Negeri Malang

Rosyidah, F, S. 2012. Pembuatan Batik Jumput Di

Desa Gluranploso Kecamatan Benjeng Kota

Gresik. Penamas Adi Buana, 02(2), 63-68.

Purnamawati, F., & Pradipta, R. F. (2020, December).

Relationship of Parent Patterns With SelfAwareness Children With Intellectual Disabilities.

In 6th International Conference on Education and

Technology (ICET 2020) (pp. 182-185). Atlantis

Press.

Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., & Purnamawati,

F. (2020). Admission System for New Students:

Study of Multi Sites in Special School. 2nd Early

Childhood and Primary Childhood Education

(ECPE 2020), 335-338.

Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Yasin, M. H. M.,

Dewantoro, D. A., Irvan, M., & Susilawati, S.

Y. (2020, October). Online Learning Resource

Based on One ID Website for All Access (OIAA)

as a Student Learning Assistance System. In 2020

th International Conference on Education and

Technology (ICET) (pp. 77-83). IEEE.

Septiani, Sylvia. (2016). Pengembangan Video

Pembelajaran Proses Pembuatan Batik Jumputan

Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Membatik

Busana Butik Smk Negeri 1 Pengasih Kulon

Progo. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta:

UNY

Wardani, A., Hernawati, Somad. (2010).Pengantar

Pendidikan Luar Biasa (Volume 1). Jakarta:

Penerbit Universitas Terbuka.

Wardhana, M. (2016). Peningkatan Desain dan

Ketrampilan Batik Celup Ikat untuk Meningkatkan

Minat Wira Usaha Masyarakat. Jurnal Desain

Interior, 1(1), 11-14




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p91-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats