Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Rangka Manusia Bagi Siswa Tunarungu

Gita Martha Yulandha, Wiwik Dwi Hastuti, Sopingi Sopingi

Abstract


Siswa tunarungu membutuhkan media yang tepat dalam belajar, dalam pembelajaran IPA, yang lebih banyak menekankan pada pengalaman langsung, sehingga sebagai tunarungu mereka sangat membutuhkan pejelasan secara verbal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa multimedia interaktif yaitu pelajaran IPA materi rangka manusia. Metode pendekatan yang digunkan dalam penelitian ini yaiitu kuantitatif dan kualitatif , dengan desain Research And Development dan menggunakan teori Lee & Owens (2004). Uji coba dilaksanakan dengan sasaran peserta didik tunarungu kelas 9 SLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang, .hasil pengembangan diperoleh melalui angket validasi. Skor validasi ahli media adalah 89%, skor validasi ahli materi 86%, skor validasi praktis 92%. Artinya multimedia iteraktif pelajaran IPA materi rangka manusia layak digunakan. Sedangkan multimedia interaktif yang digunakan oleh peserta didik menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara perolehan skor tes awal dan akhir.

Keywords


Multimedia Interaktif; Tunarungu; Materi Rangka Manusia

Full Text:

PDF

References


Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan

Scramble dalam Menyusun Kalimat pada Siswa

Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(1),

-46.

Akbar S, (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran

Bandung. Pt Remaja Rosdakarya:

Efendi, M. (2008).Psikopedagogik Anak Berkelainan.

Jakarta: PT Grafika Offset

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017). Media

Counting Board untuk Kemampuan Berhtung Anak

Tunagrahita Ringan. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 109-113.

Lee,W D (2004). Multimedia-based Instructional

Design. San Francisco, USA: Pfeiffer, John Wiley

& Son Inc.

Munir, (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam

Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I.,

Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021,

September). Development of Online Learning

Resources as a Support System Learning from

Home at SLB LAB UM. In 2021 7th International

Conference on Education and Technology (ICET)

(pp. 100-106). IEEE.

Pradipta, R. F., Efendi, M., Huda, A., Dewantoro,

D. A., & Yasin, M. H. M. (2021, November).

Comparative Study: Use of ICT Media in Learning

for Deaf Students During the Covid-19 Pandemic

in Malaysia and Indonesia. In 7th International

Conference on Education and Technology (ICET

(pp. 182-188). Atlantis Press.

Safitri, N K. (2017). Pengembangan Multimedia

Interaktif Pembelajaran Ips Materi Proklamasi

Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar.

Diss. University Of Muhammadiyah Malang,.

Skripsi tidak diterbitkan. Malang. FKIP UMM

Sukamti, (2016). Anatomi Tubuh Manusia.

Malang:Universitasnegeri Malang Safitri,

Supardi, (2013) Aplikasi Statistika Dalam Penelitian.

Jakarta : Change publication

Ulfiyah, F. (2013) Penerapan Media Torso dalam

Pembelajaran IPA Materi Pokok Kerangka

Manusia Siswa Kelas IV MIM Manggis Kaliloka

Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Tahun

Pelajaran 2013/2014. Diss. IAIN Purwokerto,

(online) dalam http://repository.iainpurwokerto.

ac.id/1733/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_

Daftar%20Pustaka.pdf diakses pada tgl 9

november 2017

Warsita B, (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan

& Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p80-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats