Strategi Think-Talk-Write(TTW) dan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Ekposisi Siswa Tunagrahita Ringan

Widya Nindi Sari, Sudarsini Sudarsini, Eka Pramono Adi

Abstract


Membaca pemahaman adalah salah satu aspek berbahasa yang sangat penting dikuasai oleh siswa tunagrahita ringan. Membaca pemahaman lebih difokuskan pada keterampilan menguasai  dan memahami isi bacaan. Kemampuan membaca pemahaman siswa akan terlihat jika dikaitkan dengan penguasaan jenis teks bacaan tertentu, salah satunya adalah jenis teks eksposisi. Untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dapat digunakan suatu strategi pembelajaran yaitu Think-Talk-Write(TTW). Tujuan dalam peneilitian ini adalah mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa tunagrahita ringan sebelum dan sesudah diberikan strategi Think-Talk-Write(TTW) serta mengetahui pengaruh penerapan strategi Think-Talk-Write(TTW) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa tunagrahita ringan kelas VII di SMPLB  Negeri Malang. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan design time series design.  Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh saat pre-test sebesar 43, sedangkan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 74. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Think-Talk-Write(TTW) memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi pada siswa tunagrahita ringan.


Keywords


Tunagrahita ringan; Membaca Pemahaman; Think-Talk-Write(TTW)

Full Text:

PDF

References


Burn, Paul Clay., Roe, Betty D., Ross, Elinor Parry. (2011) . Teaching Reading in Today’s Elementary Schools. Cengage Learning.

Janah, Nisa Miftakhul. (2014). Hubungan Minat Baca Dan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri Sekabupaten Bantul. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Sastra dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawan, Muhammad Yusuf., Slamet, St.Y., & Shaifuddin, M. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), 1-6. DOI: DOI: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Kuswari, Usep. (2010).Model Pembelajaran Menulis dengan Teknik Think Talk Write (TTW).

Ningsih, Dwi Untari., Santosa, Slamet., & Sugiharto, Bowo. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk WriteBerbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 55-64. DOI:

Putri, Nadya. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di Sdlb 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318-328.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wirawan, I Kadek. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write(TTW).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats