Analisis Perspektif Peserta Tes dalam Menggunakan Platform Nuadu pada Tes Kemampuan Bahasa Inggris di Binus Language Centre

Nuzuly Riditya, Khaerudin Khaerudin, Murni Winarsih, Bilal Wegig Wirawan, Nurul Hidayah

Abstract


Penggunaan platform pembelajaran online tidak hanya memperkaya pengalaman belajar tetapi juga proses penilaian untuk mengevaluasi pembelajaran peserta didik. Peralihan dari pembelajaran secara tatap muka dari kelas ke pembelajaran online juga dilakukan oleh instansi pendidikan. Bina Nusantara (Binus) sebagai salah satu lembaga pendidikan juga memiliki Language Center untuk peserta yang ingin belajar bahasa inggris, tes toefl, dsb. Platform Nuadu menunjang proses assesmen secara online untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris atau dikenal dengan English Proficiency Test (EPT). Nuadu merupakan platform pendidikan berbasis data yang menyediakan konten pembelajaran dan juga sistem penilaian elektronik yang telah digunakan oleh Binus Language Center lebih dari 2 tahun. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan sistem evaluasi secara online yang diberikan oleh Binus Center dengan menggunakan TAM sebagai alat ukur penilaian pengguna terhadap e-assessment yang disediakan oleh institusi tersebut. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat menjadi evaluasi bagi Binus Center untuk meningkatkan layanan pendidikan bahasa kepada peserta didiknya. Dalam penelitian ini responden yang ikut serta adalah sebanyak 100 peserta. Penelitian ini menetapkan enam variabel dengan delapan hipotesis dan berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan kedelapan hipotesis tersebut diterima dan memiliki pengaruh yang positif antar variabel.


Keywords


E-Assessment; Bahasa Inggris; NUADU; TAM

Full Text:

PDF

References


Angkowo, R. (2007). Optimalisasi Media

Pembelajaran. PT Grasindo.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan

Paradigma Baru. PT. Remaja Rosdakarya.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived

Ease of Use, and User Acceptance of Information

Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

https://doi.org/https://doi.org/10.2307/249008

Dermo, J. (2009). e‐Assessment and the student

learning experience: A survey of student

perceptions of e‐assessment. British Journal of

Educational Technology, 40(2), 203-214.

Hariono, I., Wiryokusumo, I., & Fathirul, A. N. (2021).

Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif

Berbasis Google Form Pelajaran Matematika.

Edcomtech, 6(1), 57–68.

Hasanah, N., Robin, & Prasetiyono, E. (2019). Tingkat

Kelangsungan Hidup Dan Kinerja Pertumbuhan

Ikan Selincah (Belontia Hasselti) Dengan ph

Berbeda. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia,

(2), 99–112.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset

Komunikasi. Prenadamedia Group.

Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Yasin, M. H. M.,

Dewantoro, D. A., Irvan, M., & Susilawati, S.

Y. (2020, October). Online Learning Resource

Based on One ID Website for All Access (OIAA)

as a Student Learning Assistance System. In 2020

th International Conference on Education and

Technology (ICET) (pp. 77-83). IEEE.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B.,

Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020).

Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19

Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah

Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education,

Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://

ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/

view/397

Rahman, I. H., & Priatna, N. (2021). Website

jeruq.com sebagai alat evaluasi pembelajaran

matematika pada masa pandemi Covid-19. Jurnal

Analisa, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.15575/

ja.v7i1.12456

Ramayasa, I. P., & Arnawa, I. B. K. S. (2015).

Perancangan Sistem Monitoring Pengerjaan

Skripsi Pada Stmik Stikom Bali Berbasis Web.

Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika,

–765.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sukendro, S., Habibi, A., Khaeruddin, K., Indrayana,

B., Syahruddin, S., Makadada, F. A., & Hakim,

H. (2020). Using an extended Technology

Acceptance Model to understand students’ use

of e-learning during Covid-19: Indonesian sport

science education context. Heliyon, 6(11), 1–9.

https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410

Tyas, E. I., & Darma, E. S. (2017). Pengaruh Perceived

Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived

Enjoyment, dan Actual Usage Terhadap

Penerimaan Teknologi Informasi: Studi Empiris

Pada Karyawan Bagian Akuntansi dan Keuangan

Baitul Maal Wa Tamwil Wilayah Daerah

Istimewa Yogyakarta. Reviu Akuntansi Dan Bisnis

Indonesia, 1(1), 25–35. https://doi.org/10.18196/

rab.010103

Wida, P. A. M. W., Yasa, N. N. K., & Sukaatmadja, I.

P. G. (2004). Aplikasi Model TAM (Technology

Acceptance Model) Pada Perilaku Pengguna

Instagram. Journal of Organizational and End

User Computing, 16(1), 59–72. https://doi.

org/10.4018/joeuc.2004010105




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i22023p112-117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats