Analisis Perspektif Peserta Tes dalam Menggunakan Platform Nuadu pada Tes Kemampuan Bahasa Inggris di Binus Language Centre
Abstract
Penggunaan platform pembelajaran online tidak hanya memperkaya pengalaman belajar tetapi juga proses penilaian untuk mengevaluasi pembelajaran peserta didik. Peralihan dari pembelajaran secara tatap muka dari kelas ke pembelajaran online juga dilakukan oleh instansi pendidikan. Bina Nusantara (Binus) sebagai salah satu lembaga pendidikan juga memiliki Language Center untuk peserta yang ingin belajar bahasa inggris, tes toefl, dsb. Platform Nuadu menunjang proses assesmen secara online untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris atau dikenal dengan English Proficiency Test (EPT). Nuadu merupakan platform pendidikan berbasis data yang menyediakan konten pembelajaran dan juga sistem penilaian elektronik yang telah digunakan oleh Binus Language Center lebih dari 2 tahun. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan sistem evaluasi secara online yang diberikan oleh Binus Center dengan menggunakan TAM sebagai alat ukur penilaian pengguna terhadap e-assessment yang disediakan oleh institusi tersebut. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat menjadi evaluasi bagi Binus Center untuk meningkatkan layanan pendidikan bahasa kepada peserta didiknya. Dalam penelitian ini responden yang ikut serta adalah sebanyak 100 peserta. Penelitian ini menetapkan enam variabel dengan delapan hipotesis dan berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan kedelapan hipotesis tersebut diterima dan memiliki pengaruh yang positif antar variabel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkowo, R. (2007). Optimalisasi Media
Pembelajaran. PT Grasindo.
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan
Paradigma Baru. PT. Remaja Rosdakarya.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived
Ease of Use, and User Acceptance of Information
Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.
https://doi.org/https://doi.org/10.2307/249008
Dermo, J. (2009). e‐Assessment and the student
learning experience: A survey of student
perceptions of e‐assessment. British Journal of
Educational Technology, 40(2), 203-214.
Hariono, I., Wiryokusumo, I., & Fathirul, A. N. (2021).
Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif
Berbasis Google Form Pelajaran Matematika.
Edcomtech, 6(1), 57–68.
Hasanah, N., Robin, & Prasetiyono, E. (2019). Tingkat
Kelangsungan Hidup Dan Kinerja Pertumbuhan
Ikan Selincah (Belontia Hasselti) Dengan ph
Berbeda. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia,
(2), 99–112.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset
Komunikasi. Prenadamedia Group.
Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Yasin, M. H. M.,
Dewantoro, D. A., Irvan, M., & Susilawati, S.
Y. (2020, October). Online Learning Resource
Based on One ID Website for All Access (OIAA)
as a Student Learning Assistance System. In 2020
th International Conference on Education and
Technology (ICET) (pp. 77-83). IEEE.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B.,
Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020).
Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19
Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah
Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education,
Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://
ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/
view/397
Rahman, I. H., & Priatna, N. (2021). Website
jeruq.com sebagai alat evaluasi pembelajaran
matematika pada masa pandemi Covid-19. Jurnal
Analisa, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.15575/
ja.v7i1.12456
Ramayasa, I. P., & Arnawa, I. B. K. S. (2015).
Perancangan Sistem Monitoring Pengerjaan
Skripsi Pada Stmik Stikom Bali Berbasis Web.
Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika,
–765.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sukendro, S., Habibi, A., Khaeruddin, K., Indrayana,
B., Syahruddin, S., Makadada, F. A., & Hakim,
H. (2020). Using an extended Technology
Acceptance Model to understand students’ use
of e-learning during Covid-19: Indonesian sport
science education context. Heliyon, 6(11), 1–9.
https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410
Tyas, E. I., & Darma, E. S. (2017). Pengaruh Perceived
Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived
Enjoyment, dan Actual Usage Terhadap
Penerimaan Teknologi Informasi: Studi Empiris
Pada Karyawan Bagian Akuntansi dan Keuangan
Baitul Maal Wa Tamwil Wilayah Daerah
Istimewa Yogyakarta. Reviu Akuntansi Dan Bisnis
Indonesia, 1(1), 25–35. https://doi.org/10.18196/
rab.010103
Wida, P. A. M. W., Yasa, N. N. K., & Sukaatmadja, I.
P. G. (2004). Aplikasi Model TAM (Technology
Acceptance Model) Pada Perilaku Pengguna
Instagram. Journal of Organizational and End
User Computing, 16(1), 59–72. https://doi.
org/10.4018/joeuc.2004010105
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i22023p112-117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats