Bullying pada Siswi Disabilitas Intelektual di Sekolah Dasar Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bullying pada siswi disabilitas intelektual yang terjadi di salah satu sekolah dasar yang ada di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, teman sekelas dan satu siswi disabilitas intelektual yang berada di kelas 4 SD. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan asesmen kepada subjek. Analisis data melalui reduksi, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian dari temuan di lapangan adalah bahwa siswi disabilitas intektual mendapatkan perlakuan bullying dari teman kelasnya. Bentuk bullying yang diterima yaitu verbal dan hubungan interpersonal. Bullying secara verbal meliputi memperolok korban dan memfitnahnya sedangkan secara non verbal atau hubungan interpersonal, korban dikucilkan, dihindari sehingga tidak mendapat kesempatan untuk bersosialisasi. Bullying yang terjadi dikarenakan siswa – siswi di sekolah tersebut belum mengenal anak berkebutuhan khusus sehingga mereka memiliki stigma negatif terhadap siswa lain yang dirasa berbeda kemampuannya dengan mereka baik secara kognitif, perilaku maupun komunikasi. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pemahaman salah satunya dalam bentuk psikoedukasi kepada seluruh siswa dan guru dalam mengenal siswa berkebutuhan khusus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
American Psychiatric Association, & American
Psychiatric Association (Ed.). (2013). Diagnostic
and statistical manual of mental disorders: DSM5 (5th ed). American Psychiatric Association.
Cahyani, A. P. D. (2019). STUDI KASUS: PERILAKU
BULLYING SISWA TUNAGRAHITA SEDANG
DI SD NEGERI WANAREJA 01. Jurnal
Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar, 11.
Damayanto, A., Prabawati, W., & Jauhari, M.
N. (2020). Kasus Bullying pada Anak
Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 104. https://doi.
org/10.17977/um031v6i22020p104-107
Elvrigo, P. (2014). Secangkir Kopi Bully. Elex Media
Komputindo.
Faiq, M. F. A. (2021). Hak Anak Penyandang
Disabilitas untuk Sekolah.
Hasanah, U., Ni’matuzahroh, & Nurhamida, Y.
(2015). Sikap Siswa Reguler Terhadap Siswa
Berkebutuhan Khusus Dan Kecenderungan
Bullying Di Kelas Inklusi. UNISIA, XXXVII.
kpai. (2023). (https://www.kpai.go.id/publikasi/
infografis/update-data-infografis-kpaiper-31-08-2020).
Marshall, C. A., Kendall, E., Banks, M. E., & Gover,
R. M. S. (2009). Disabilities: Insight from across
fields and around the world (Vol. 1).
Mu’ammar, M. A. (2017). HATE SPEECH DAN
BULLYING PADA ANAK BERKEBUTUHAN
KHUSUS. 8(1).
Olweus, D. (Ed.). (1999). The nature of school bullying:
A cross-national perspective. Routledge.
Pratiwi, R. P. (2016). HUBUNGAN PERILAKU
BULLYING DENGAN KEMAMPUAN
INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS III SDN
MINOMARTANI 6 SLEMAN.
Priyatna, A. (2010). Lets End Bullyinng: Memahami,
mencegah dan mengatasi bullying. Elex Media
Komputindo.
Ribbany, E. T., & Wahyudi, A. (2016). BULLYING PADA
POLA INTERAKSI ANAK BERKEBUTUHAN
KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSIF. 04.
Schoot, R. M., & Sendergaard, D. M. (2014). School
bullying: New theories in context. Cambridge
University Press.
Septiana, F. I., & Effendi, Z. R. (2019).
MEWUJUDKAN AKSES PENDIDIKAN TINGGI
BAGI PENYANDANG DISABILITAS. 1(01).
van Roekel, E., Scholte, R. H. J., & Didden, R. (2010).
Bullying Among Adolescents With Autism
Spectrum Disorders: Prevalence and Perception.
Journal of Autism and Developmental Disorders,
(1), 63–73. https://doi.org/10.1007/s10803-
-0832-2
Waasdorp, T. E., & Bradshaw, C. P. (2015). The Overlap
Between Cyberbullying and Traditional Bullying.
Journal of Adolescent Health, 56(5), 483–488.
https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.12.002
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i22023p107-111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats