Bullying pada Siswi Disabilitas Intelektual di Sekolah Dasar Surabaya

Taufiq Buchori, Primatia Yogi Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bullying pada siswi disabilitas intelektual yang terjadi di salah satu sekolah dasar yang ada di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, teman sekelas dan satu siswi disabilitas intelektual yang berada di kelas 4 SD. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan asesmen kepada subjek. Analisis data melalui reduksi, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian dari temuan di lapangan adalah bahwa siswi disabilitas intektual mendapatkan perlakuan bullying dari teman kelasnya. Bentuk bullying yang diterima yaitu verbal dan hubungan interpersonal. Bullying secara verbal meliputi memperolok korban dan memfitnahnya sedangkan secara non verbal atau hubungan interpersonal, korban dikucilkan, dihindari sehingga tidak mendapat kesempatan untuk bersosialisasi. Bullying yang terjadi dikarenakan siswa – siswi di sekolah tersebut belum mengenal anak berkebutuhan khusus sehingga mereka memiliki stigma negatif terhadap siswa lain yang dirasa berbeda kemampuannya dengan mereka baik secara kognitif, perilaku maupun komunikasi. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pemahaman salah satunya dalam bentuk psikoedukasi kepada seluruh siswa dan guru dalam mengenal siswa berkebutuhan khusus.


Keywords


bullying; disabilitas intelektual; sekolah

Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association, & American

Psychiatric Association (Ed.). (2013). Diagnostic

and statistical manual of mental disorders: DSM5 (5th ed). American Psychiatric Association.

Cahyani, A. P. D. (2019). STUDI KASUS: PERILAKU

BULLYING SISWA TUNAGRAHITA SEDANG

DI SD NEGERI WANAREJA 01. Jurnal

Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar, 11.

Damayanto, A., Prabawati, W., & Jauhari, M.

N. (2020). Kasus Bullying pada Anak

Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 104. https://doi.

org/10.17977/um031v6i22020p104-107

Elvrigo, P. (2014). Secangkir Kopi Bully. Elex Media

Komputindo.

Faiq, M. F. A. (2021). Hak Anak Penyandang

Disabilitas untuk Sekolah.

Hasanah, U., Ni’matuzahroh, & Nurhamida, Y.

(2015). Sikap Siswa Reguler Terhadap Siswa

Berkebutuhan Khusus Dan Kecenderungan

Bullying Di Kelas Inklusi. UNISIA, XXXVII.

kpai. (2023). (https://www.kpai.go.id/publikasi/

infografis/update-data-infografis-kpaiper-31-08-2020).

Marshall, C. A., Kendall, E., Banks, M. E., & Gover,

R. M. S. (2009). Disabilities: Insight from across

fields and around the world (Vol. 1).

Mu’ammar, M. A. (2017). HATE SPEECH DAN

BULLYING PADA ANAK BERKEBUTUHAN

KHUSUS. 8(1).

Olweus, D. (Ed.). (1999). The nature of school bullying:

A cross-national perspective. Routledge.

Pratiwi, R. P. (2016). HUBUNGAN PERILAKU

BULLYING DENGAN KEMAMPUAN

INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS III SDN

MINOMARTANI 6 SLEMAN.

Priyatna, A. (2010). Lets End Bullyinng: Memahami,

mencegah dan mengatasi bullying. Elex Media

Komputindo.

Ribbany, E. T., & Wahyudi, A. (2016). BULLYING PADA

POLA INTERAKSI ANAK BERKEBUTUHAN

KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSIF. 04.

Schoot, R. M., & Sendergaard, D. M. (2014). School

bullying: New theories in context. Cambridge

University Press.

Septiana, F. I., & Effendi, Z. R. (2019).

MEWUJUDKAN AKSES PENDIDIKAN TINGGI

BAGI PENYANDANG DISABILITAS. 1(01).

van Roekel, E., Scholte, R. H. J., & Didden, R. (2010).

Bullying Among Adolescents With Autism

Spectrum Disorders: Prevalence and Perception.

Journal of Autism and Developmental Disorders,

(1), 63–73. https://doi.org/10.1007/s10803-

-0832-2

Waasdorp, T. E., & Bradshaw, C. P. (2015). The Overlap

Between Cyberbullying and Traditional Bullying.

Journal of Adolescent Health, 56(5), 483–488.

https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.12.002




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i22023p107-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats