Pengembangan Media Buku Angka 1-10 dengan Plastisin untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 di SLB Idayu 1

Novira Silmi Sabila, Nur Azizah, Mohammad Efendi

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang harus dikuasai semua orang karena mengenal bilangan dan angka, berhitung dan cara penerapannya dalam kehidupan sehari hari namun dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus memahami bahwa kemampuan siswa berbeda-beda. Anak tunagrahita masih mengalami kesulitan dalam memahami pengenalan angka 1-10. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku angka menjadikan alat bantu yang efektif dan mengetahui tingkat kelayakan produk menurut para ahli media, ahli materi dan pendidik pada buku angka tentang pengenalan angka 1-10 untuk tunagrahita ringan di SLB Idayu 1. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Subjek pada penelitian pengembangan adalah tiga Ahli Materi, tiga Ahli Media, tiga Pendidik, dan tiga anak tunagrahita ringan di SLB Idayu 1. Maka hasil rata-rata keselurahan diperoleh persentase sebesar 91,2% dapat disimpulkan bahwa media layak dijadikan media pembelajaran


Keywords


Matematika; Tunagrahita; Buku Angka

Full Text:

PDF

References


Alini. (2017). PENGARUH TERAPI BERMAIN

PLASTISIN (PLAYDOUGHT) TERHADAP

KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH

(3-6 TAHUN) YANG MENGALAMI

HOSPITALISASI DI RUANG PERAWATAN

ANAK RSUD BANGKINANG TAHUN 2017.

Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,

(1), 1–9.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design The ADDIE

Approach. Springer.

Faisah, S. N., Siregar, M. A., Nandita, I., & Auliyah,

A. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus

Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka

di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda Pendahuluan

Anak tunagrahita adalah individu yang memiliki

inteligensi yang berada di bawah rata- rata dan

disertai dengan ketidakmampuan dalam ada. 3,

–41.

Fazalani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kognitif

Anak Dengan Media Bahan Alam Sekitar

Pada Anak Paud Di Praya Lombok Tengah.

Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra,

Dan Pengajarannya, 6(1), 40. https://doi.

org/10.30651/lf.v6i1.11810

Ghufron, S., Toha, A. I., Markub, M., & Nafiah, N.

(2020). Pembelajaran Menulis Kata dengan Media

Kartu Kata Bergambar Pada Anak Tunagrahita

Ringan. ELSE (Elementary School Education

Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Sekolah Dasar, 4(2), 66. https://doi.org/10.30651/

else.v4i2.4493

Hendra, J. (2012). Meningkatkan Kemampuan Operasi

Hitung Penjumlahan Dengan Pembelajaran

Matematika Realistik Pada Anak Tunagrahita

Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus,

(2), 213–225. http://ejournal.unp.ac.id/index.

php/jupekhu/article/view/849

P. A., Yulianti, A., Dahriyanto, L. F., & Number,

R. (2018). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN

REMEDIAL DENGAN MEDIA PUZZLE ANGKA

UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN

MENGENAL ANGKA Universitas Negeri

Semarang : Jurusan Psikologi ,. 10(1), 72–78.

Laara, S. H. S., Pardimin, & Nyoman, I. (2016).

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis

Komputer Model Example Non Example Pada

Geometri Smk. Prosiding Seminar Nasional

Etnomatnesia, 20, 1067–1074.

M. Miftah. (2013). FUNGSI, DAN PERAN MEDIA

PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA

PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR

SISWA. Jurnal KWANGSAN, 1(2).

Mirna Sari, Prof. Dr. M. Yusuf Aziz, M.Pd, Dra.

Yuhasriati, M. P. (2016). PENINGKATAN

KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN

PLASTISIN DI TK SATU ATAP SDN

LAMLHEU KABUPATEN ACEH BESAR.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia

Dini, 1(1).

Oktabela, A. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan

Belajar Metamorfosis Kupukupu Pada Anak

Tunarungu Melalui Buku Plastisin Di Slb-B Dan

Autis Tpa …. SPEED Journal: Journal of Special

Education, 49–60. https://jurnal.ikipjember.ac.id/

index.php/speed/article/view/103

Oktaviani, S., Priyantoro, D. E., & Hasanah, U.

(2021). Penggunaan Media Plastisin Dalam

Mengembangkan Motorik Halus Di Kb Nurul

Arif. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic

Golden Age Education, 2(1), 31. https://doi.

org/10.32332/ijigaed.v2i1.3781

Priyo Ardiyanto. (2014). PENGGUNAAN

MEDIA BENDA KONKRET UNTUK

MENINGKATKAN KEMAMPUAN

BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA

TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III

DI SLB INSAN MANDIRI DLINGO BANTUL.

Universitas Negeri Yogyakarta, 1–9.

Pulungan, L. Y. (2021). Penggunaan Media

Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan

Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis

Makanannya. Bidayah : Studi Ilmu-Ilmu

Keislaman, 133. https://doi.org/10.47498/

bidayah.v11i02.410

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). The role

of students’ critical thinking skills in learning

mathematics with problem-solving. Prosiding

Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., &

Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard

Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan

Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita

Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37.

https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualtitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tegeh, I Made., Jampel I Nyoman., Pudjawan, K.

(2014). Model Penelitian Pengembangan.

GRAHA ILMU.

Yulianti, A., Dahriyanto, L. F., & Sugiariyanti. (2018).

Efektivitas Pembelajaran Remedial Dengan Media

Puzzle Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan

Mengenal Angka 1–5 Pada Anak Tunagrahita.

Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(1), 72–78. http://

journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i22023p101-106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats