Pengembangan Media Buku Angka 1-10 dengan Plastisin untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 di SLB Idayu 1
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang harus dikuasai semua orang karena mengenal bilangan dan angka, berhitung dan cara penerapannya dalam kehidupan sehari hari namun dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus memahami bahwa kemampuan siswa berbeda-beda. Anak tunagrahita masih mengalami kesulitan dalam memahami pengenalan angka 1-10. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku angka menjadikan alat bantu yang efektif dan mengetahui tingkat kelayakan produk menurut para ahli media, ahli materi dan pendidik pada buku angka tentang pengenalan angka 1-10 untuk tunagrahita ringan di SLB Idayu 1. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Subjek pada penelitian pengembangan adalah tiga Ahli Materi, tiga Ahli Media, tiga Pendidik, dan tiga anak tunagrahita ringan di SLB Idayu 1. Maka hasil rata-rata keselurahan diperoleh persentase sebesar 91,2% dapat disimpulkan bahwa media layak dijadikan media pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alini. (2017). PENGARUH TERAPI BERMAIN
PLASTISIN (PLAYDOUGHT) TERHADAP
KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH
(3-6 TAHUN) YANG MENGALAMI
HOSPITALISASI DI RUANG PERAWATAN
ANAK RSUD BANGKINANG TAHUN 2017.
Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,
(1), 1–9.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design The ADDIE
Approach. Springer.
Faisah, S. N., Siregar, M. A., Nandita, I., & Auliyah,
A. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus
Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka
di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda Pendahuluan
Anak tunagrahita adalah individu yang memiliki
inteligensi yang berada di bawah rata- rata dan
disertai dengan ketidakmampuan dalam ada. 3,
–41.
Fazalani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kognitif
Anak Dengan Media Bahan Alam Sekitar
Pada Anak Paud Di Praya Lombok Tengah.
Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra,
Dan Pengajarannya, 6(1), 40. https://doi.
org/10.30651/lf.v6i1.11810
Ghufron, S., Toha, A. I., Markub, M., & Nafiah, N.
(2020). Pembelajaran Menulis Kata dengan Media
Kartu Kata Bergambar Pada Anak Tunagrahita
Ringan. ELSE (Elementary School Education
Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Sekolah Dasar, 4(2), 66. https://doi.org/10.30651/
else.v4i2.4493
Hendra, J. (2012). Meningkatkan Kemampuan Operasi
Hitung Penjumlahan Dengan Pembelajaran
Matematika Realistik Pada Anak Tunagrahita
Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus,
(2), 213–225. http://ejournal.unp.ac.id/index.
php/jupekhu/article/view/849
P. A., Yulianti, A., Dahriyanto, L. F., & Number,
R. (2018). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
REMEDIAL DENGAN MEDIA PUZZLE ANGKA
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENGENAL ANGKA Universitas Negeri
Semarang : Jurusan Psikologi ,. 10(1), 72–78.
Laara, S. H. S., Pardimin, & Nyoman, I. (2016).
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Komputer Model Example Non Example Pada
Geometri Smk. Prosiding Seminar Nasional
Etnomatnesia, 20, 1067–1074.
M. Miftah. (2013). FUNGSI, DAN PERAN MEDIA
PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA
PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR
SISWA. Jurnal KWANGSAN, 1(2).
Mirna Sari, Prof. Dr. M. Yusuf Aziz, M.Pd, Dra.
Yuhasriati, M. P. (2016). PENINGKATAN
KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN
PLASTISIN DI TK SATU ATAP SDN
LAMLHEU KABUPATEN ACEH BESAR.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia
Dini, 1(1).
Oktabela, A. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan
Belajar Metamorfosis Kupukupu Pada Anak
Tunarungu Melalui Buku Plastisin Di Slb-B Dan
Autis Tpa …. SPEED Journal: Journal of Special
Education, 49–60. https://jurnal.ikipjember.ac.id/
index.php/speed/article/view/103
Oktaviani, S., Priyantoro, D. E., & Hasanah, U.
(2021). Penggunaan Media Plastisin Dalam
Mengembangkan Motorik Halus Di Kb Nurul
Arif. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic
Golden Age Education, 2(1), 31. https://doi.
org/10.32332/ijigaed.v2i1.3781
Priyo Ardiyanto. (2014). PENGGUNAAN
MEDIA BENDA KONKRET UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN
BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA
TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III
DI SLB INSAN MANDIRI DLINGO BANTUL.
Universitas Negeri Yogyakarta, 1–9.
Pulungan, L. Y. (2021). Penggunaan Media
Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan
Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis
Makanannya. Bidayah : Studi Ilmu-Ilmu
Keislaman, 133. https://doi.org/10.47498/
bidayah.v11i02.410
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). The role
of students’ critical thinking skills in learning
mathematics with problem-solving. Prosiding
Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., &
Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard
Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan
Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita
Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37.
https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualtitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tegeh, I Made., Jampel I Nyoman., Pudjawan, K.
(2014). Model Penelitian Pengembangan.
GRAHA ILMU.
Yulianti, A., Dahriyanto, L. F., & Sugiariyanti. (2018).
Efektivitas Pembelajaran Remedial Dengan Media
Puzzle Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan
Mengenal Angka 1–5 Pada Anak Tunagrahita.
Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(1), 72–78. http://
journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i22023p101-106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats