Mengajarkan “Perubahan Energi Listrik Menjadi Cahaya” pada Siswa dengan Disabilitas Intelektual di Sekolah Menengah Pertama

Budi Hermawan, Achmad Hufad, Endang Rochyadi, Sunardi Sunardi, Ana Fatimatuzahra, Mohammad Arif Taboer, Bahrudin Bahrudin

Abstract


Pengajaran tentang mengubah energy listrik menjadi energi cahaya dalam rangkaian seri dan paralel adalah salah satu pembelajaran IPA yang diajarkan di sekolah. Proses mengubah energy listrik menjadi energi cahaya sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Namun terkadang kita tidak menyadarinya bahwa belajar perubahan energi listrik menjadi energi cahaya sangat penting, karena memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruh pembelajaran IPA dalam kehidupan sehari-hari menjadi titik temu kebutuhan belajar bagi siswa dengan disabilitas intelektual. Pertanyaan yang muncul adalah apakah pembelajaran IPA mengenai perubahan lenergi listrik menjadi energi cahaya dapat diajarkan kepada siswa dengan disabilitas intelektual?. Penelitian ini dilakukan pada tiga siswa dengan disabilitas intelektual. Dengan menggunakan metode penelitian subjek tunggal penelitian ini dikembangkan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa siswa dengan disabilitas intelektual dapat diajarkan materi perubahan energi ini.

Keywords


Siswa dengan Disabilitas Intelektual; Perubahan Energi; Pendidikan; Pengajaran

Full Text:

PDF

References


Alimin, Zaenal, (2008) Hambatan Belajar dan

Hambatan Perkembangan Pada Abak-anak

Tunagrahita. UPI. Bandung.

Hasanah, M., Rosidah, A., & Sholihah, S. K. (2018).

Rencana Pembelajaran Materi Rangkaian Listrik

Sederhana pada Rangkaian Listrik Seri dan

Paralel. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nandiyanto, A, B, D.,et.al. (2018) Teaching “

Nanotechnology” for Elementary Students with

Deaf and Hard of Hearing. Jurnal of Engineering

Science and Technology, 13(5), 1352-1363

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh

Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil

Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas

Muhammadiyah Sidoarjo. 3.

Nurdyansyah, N., Rais, P., & Aini, Q. (2017). The Role

of Education Technology in Mathematic of Third

Grade Students in MI Ma’arif Pademonegoro

Sukodono. Madrosatuna: Journal of Islamic

Elementary School, 1(1), November 2017, 37-46

ISSN 2579. 38.

NURJAMAN, I. (2016). Penerapan Pendekatan

Keterampilan Proses Untuk Mencapai Ketuntasan

Belajar Pada Pokok Materi Energi Listrik

(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI Sekolah

Dasar Negeri Saparako Kecamatan Majalaya

Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2014-2015)

(Doctoraldissertation, FKIP UNPAS).

Panayiota Stavroussi, Panagiotis F. Papalexopoulos,

Dionisios Vavougios, (2010) Science Education

And Students With Intellectual Disability:

Teaching Approaches And Implications.

University of Thessaly, Greece

Schalock, R. L., & Luckasson, R. (2004). American

Association on Mental Retardation’s definition,

classification, and system of supports and its

relation to international trends and issues in the

field of intellectual disabilities. Journal of Policy

and Practice in Intellectual Disabilities, 1, 136–

Scruggs T. E., & Mastropieri, M. A. (1995a). Science

and students with mental retardation: An analysis

of curriculum features and learner characteristics.

Science Education, 79, 251–271.

Scruggs, T. E., & Mastropieri, M. A. (1994). The

construction of scientific knowledge by students

with mild disabilities. The Journal of Special

Education, 28, 307–321.

Scruggs, T. E., & Mastropieri, M. A. (1995b).

Reflections on “Scientific reasoning of students

with mild mental retardation: investigating

preconceptions and conceptual change”.

Exceptionality, 5, 249–257.

Scruggs, T. E., Mastropieri, M. A., & Wolfe, S. (1995).

Scientific reasoning of students with mild mental

retardation: Investigating preconceptions and

conceptual change. Exceptionality, 5, 223–244.

Shade, R. A., & Stewart, R. (2001). General education

and special education preservice teachers’

attitudes toward inclusion. Preventing School

Failure: Alternative Education for Children and

Youth, 46(1), 37-41

Wardy, R. R., Krisman, K., & Nugroho, C. B. (2014).

Studi Orientasi Pemasangan Panel Surya Poly

Crystalline Silicon Di Area Universitas Riau

Dengan Rangkaian Seri-paralel. Jurnal Online

Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu

Pengetahuan Alam Universitas Riau, 1(2).

Widjayanti, W. (2007). Profil Konsumsi Energi

Listrik Pada Hunian Rumah Tinggal Studi Kasus

Rumah Desain Minimalis Ditinjau Dari Aspek

Pencahayaan Buatan. Enclosure, 6(2), 97-106




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i22023p118-125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats