Penyiapan Penyandang Disabilitas Intelektual dalam Pekerjaan Cleaning Service di SLB Bhakti Luhur Nanga Pinoh

Rosmawaty Rumahorbo, Ahsan Romadlon Junaidi, Ahmad Samawi

Abstract


Selama periode Januari hingga Maret 2023, SLB Bhakti Luhur Nanga Pinoh telah melakukan persiapan intensif bagi dua siswa disabilitas intelektual ringan, AMJK dan MGN, untuk memasuki dunia kerja sebagai Cleaning Service. Pendekatan yang diterapkan dalam proses ini adalah metode learning by doing, yang fokus pada pengalaman langsung dalam pekerjaan. Penelitian kualitatif dilakukan dengan studi kasus tunggal holistic, melibatkan instrumen observasi dan wawancara untuk menggambarkan secara komprehensif upaya penyiapan mereka. Hasil penelitian mengungkapkan tiga kompetensi utama yang menjadi fokus dalam penyiapan kerja, yakni kompetensi kognitif (akademik), afektif (disiplin, semangat, sosial), dan psikomotorik (keterampilan fisik). Meskipun AMJK mengalami kesulitan dalam membaca, kondisi akademik mereka secara keseluruhan dinilai baik. Kedisiplinan dan semangat kerja AMJK dan MGN terlihat positif, dengan keduanya selalu tepat waktu dan menjalankan tugas sesuai dengan jobdesk yang telah ditetapkan. Dalam aspek psikomotorik, keduanya mampu menjalankan tugas-tugas seperti menyapu, mengepel, mengelap meja/jendela, membersihkan kamar mandi, dan memisahkan sampah dengan baik. Dengan menyelesaikan pelatihan, AMJK dan MGN dianggap siap untuk memasuki dunia kerja Cleaning Service. Kesuksesan program pelatihan sekolah terbukti dari kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Keberhasilan ini mencerminkan bahwa pendekatan learning by doing terbukti efek

Keywords


penyiapan kerja; cleaning service; disabilitas intelektual

Full Text:

PDF

References


Anggreni, A., Irwan, M., Sunita, J., & Suhdi, H. (2022).

Life Skills Education Through Non-Formal

Education For People With Physical Disabilities.

SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

(PLS), 10(2). https://doi.org/10.24036/

spektrumpls.v10i2.116728

Bartin, T., & Wisroni, W. (2019). The Individual

Characteristics and Business Potential of

Participant on Life Skills Education Program

(PKH) in PKBM. SPEKTRUM: Jurnal

Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 7(1). https://doi.

org/10.24036/spektrumpls.v2i1.103662

Burgstahler, S., & Doe, T. (2006). Improving

Postsecondary Outcomes for Students with

Disabilities: Designing Professional Development

for Faculty. Journal of Postsecondary Education

& Disability, 18(2).

Hardiyanto, B., & Pratama, T. Y. (2022). Metode

Learning By Doing Meningkatkan Kemampuan

Dasar Microsoft Word Siswa Tunanetra Kelas

VIII. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1227–

Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan

Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak

Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game

Simulasi” Warungku”. ANDHARUPA: Jurnal

Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02),

–133.

Heryadi, Y. (2014). Penggunaan Pendekatan Learning

By Doing Untuk Meningkatkan Kemampuan

Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan.

In Thesis.

Jalius, J., Sunarti, V., Azizah, Z., & Gusmanti, R.

(2019). Implementation of Life Skills in Order

to Add Family Income and Contributions to

Empowerment of Women. KOLOKIUM Jurnal

Pendidikan Luar Sekolah, 7(2). https://doi.

org/10.24036/kolokium-pls.v7i2.354

Kemis., R. A. (2018). Pendidikan Anak Berkebutuhan

Khusus Tunagrahita. In Prosiding Penelitian dan

Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 4, Issue 2).

Prihatin, E., Aprilia, I. D., & Permana, J. (2018).

Model Manajemen Pendidikan Life Skill pada

Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian

Pendidikan, 18(3), 306–317.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif -

Ajat Rukajat. In CV. Budi Utama.

Siregar, A. A., Moeis, F. R., & Anky, W. A. K. (2021).

Assessing Indonesia’s Inclusive Employment

Opportunities for People with Disability in the

COVID-19 Era. LPEM FEBUI Working Papers,

August.

Siswaya, S. S. (2020). Konsep Pendidikan Berbasis

Life Skill (Pentingnya Life Skill & Pendidikan

Vokasi). Alprin.

Slameto, Sulasmono, B. S., & Wardani, K. W. (2017).

Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan

Beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan

Ilmu Sosial, 27(2).

Sugiyono. ; 2018. (2018). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta. In Angewandte Chemie International

Edition, 6(11), 951–952. (Issue Septembfile:///C:/

Users/asus/Downloads/29-64-1-SM.pdffile:///C:/

Users/asus/Downloads/29-64-1-SM.pdfer 2016).

Alfabeta.

Sunami, A. S. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa

Dalam Pengolahan Kue dan Roti Melalui Model

Pembelajaran Bekerja Langsung (Learning By

Doing) Di Kelas X Patiseri Program Keahlian

Tata Boga SMK Negeri 3 Pati Tahun 2010/2011.

TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana Dan

Boga, 1(2).

Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi

Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan

Metode Learning By Doing Pragmatisme By

John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi

Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/

jurnalpendidikandasar.v3i2.1209

Tohirin. (201 C.E.). Metode Penelitian Kualitatif dalam

Pendidikan dan Bimbingan Konseling. In Jurnal

Fokus Konseling: Vol. Volume 2 N




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i22023p77-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats