Media Flip Chart untuk Meningkatkan Kemampuan Berpakaian Siswa Tunagrahita
Abstract
Media Flip Chart diduga dapat efektif untuk meningkatkan kemampuan berpakaian siswa tunagrahita kelas II di SDLB. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan berpakaian siswa tunagrahita sebelum dan sesudah menggunakan media flip chart dan untuk menganalisis keefektifan media flip chartdalam meningkatkan kemampuan berpakaian siswa tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A-B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuanberpakaiansiswa pada kondisi baseline-1 (A1) dengan kondisi intervensi-1 (B1)yang berartikemampuan berpakaian mengalamipeningkatan cukup tinggi. Presentase overlap sebesar 0% yang menunjukkan tidak ada tumpang tindih data sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media flip chart efektif untuk meningkatkan kemampuan berpakaian siswa. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya pengembangan media flip chart dengan desain dan bentuk yang lebih menarik
Media Flip Chart allegedly can be effective to improve dressed ability forintellectual disability students in SDLB. The objectives of the study were to describe the ability of students to wear tunagrahita before and after using flip chart media and to analyze the effectiveness of the flip chart media in improving the ability of students’ dress tunagrahita. The research method used is Single Subject Research (SSR) with design A-B-A-B. The results showed that there was a significant difference between the mean value of students’ skill level at baseline-1 condition (A1) with intervention-1 condition (B1), which means that the dressing ability has increased quite high. Overlap percentage of 0% indicating no overlap of data so it can be concluded that the use of flip chart media is effective to improve students’ dressing ability. The suggestion of this research is the need of developing flip chart media with more interesting design and form.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assjari, M. (2010). Program Khusus Untuk Tunadaksa (Bina Diri Dan Bina Gerak) (workshop). Surakarta: Depdiknas,
Citerawati, Y.W. (2012). Poster. (Online), available at: https://adingpintar.files.wordpress.com/2012/03/poster-2012.pdf (diakses pada 1 Desember 2016)
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Khusus: Program Khusus Bina Diri SMPLB-C. Jakarta:DEPDIKNAS https://yuswan62.files.wordpress.com/2013/11/bina-diri-jenjang-sdlbbagian-c1.pdf diakses pada 30 Maret 2017
Efendi, M. (2008).Cet.2Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Sadiman, A, Dkk. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan, Cet. 14, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Somantri, S. (2012). Cet.4. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama
Sudjana, N & Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Cet.12. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Susanti, L. (2013). “Meningkatkan Kemampuan Memakai Seragam Sekolah Melalui Media Model Bagi Anak Tunagrahita Ringan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 1; Nomor 2 Mei 2013,(Online).
Susilana, R & Cepi R. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Pertiwi, A.D. (2016). Pengaruh Media FlipChartTerhadapHasilBelajar IPA Materi Sumber Energi untuk siswa Tunagrahita Kelas II di SDLB NegeriKedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), available at: http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf diakses pada 20 Maret 2017
Ulfa, D.A. dan Wiwik D.H. (2014).Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Lembar Balik Terhadap Kemampuan Bina Diri Peserta Didik Tunagrahita. (Online), available at:journal.um.ac.id/index.php/jo/article/download/8234/3767 diakses pada 10 April 2017
Widya, M. (2013). Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)(Online), available at: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/19520823978031-MAMAD_WIDYA/Artikel_Bina_Diri.pdf diakses pada 20 April 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p096
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats