Edukatif Gerakan Sholat terhadap Daya Ingat Anak Tunagrahita Ringan

Fina Rahmayati Ishlahiyah, M Shodiq A M

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah pemberian aplikasi edukatif gerakan sholat terhadap daya ingat anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-Exsperimental Design dengan desain “One Group Pretest-Posttest Design”. Hasil analisis data ditemukan bahwa nilai rata-rata pre-test tes kinerja 52, sedangkan tes tulis 50, dan nilai rata-rata post-test tes kinerja 84, sedangkan tes tulis 88. Hasil perhitungan Uji Wilcoxon diperoleh bahwa diterima dan ditolak, sebab ≤ . Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa media aplikasi edukatif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan daya ingat anak tunagrahita ringan.

This study aims to determine the effect of before and after giving of ‘sholat’ movement educative aplication towards memory recognition for children with mild Intelectual disability. This research uses Pre-Exsperimental Design research design with “One Group Pretest-Posttest Design” design. The results of the data analysis found that the average value of pre-test performance test 52, while the written test 50, and the average value of post-test performance test 84, while the written test 88. Wilcoxon test result obtained that is accepted and is rejected, because ≤ . Based on these results it can be concluded that the educational media educative aplication gives a significant effect on the memory ability of towards memory recognition for children with mild intelectual disability.


Keywords


Aplikasi Edukatif, Daya Ingat Gerakan Sholat, Tunagrahita Ringan

Full Text:

PDF

References


Achmadi, dkk. (2009). Bina Fikih Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas II. Jakarta : Erlangga.

Amy, dkk. (2010). Pengaruh Kadar Glukosa Darah Terhadap Peningkatan Daya Ingat Jangka Pendek Pada Wanita Dewasa. Jurnal Kedokteran,(Online), 8 (1): 15, (http://portalgaruda.org/article.php/Pengaruh-Kenaikan-Kadar- GlukosaDarah-terhadap-Peningkatan-Daya-IngatJangka-Pendek-pada-Wanita-Dewasa). Diakses 26 November 2016.

Cahayanik, N. N. (2011). Bimbingan Anak-anak Bersholat. Surabaya : Karya Ilmu.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hanko, J. (2013). Permainan Edukatif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer.

Kurniasih, Y. (2013). Bimbingan Belajar Berbasis Konsep Mind Map Untuk Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Underachiever. Bandung : Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia.

Somantri, T. S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

TIM Universitas Negeri Malang. (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian, Edisi Kelima. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyudi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Kemampuan Gerakan Sholat Anak Autis Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Gerakan Sholat Di SDLB Bhakti Wiyata Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : FIP PLB UNESA.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats