Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita
Abstract
Tunagrahita memerlukan layanan secara spesifik dalam program pendidikan. Salah satu program pendidikan yaitu membaca permulaan, siswa tunagrahita memerlukan Metode Struktural Analitik Sintetik.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk time series design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumalah 5 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes atau soal tes.Hasil penelitian menujukan bahwa nilai rata-rata pre test lebih rendah post test .Hasil uji hipotesis t hitung > t tabel = H1 diterima, kesimpulannya adalah metode SAS berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita. Saran untuk guru dan peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat mengembangkan media yang menarik.
Intellectual disorder requires specific services in the education program. One of the educational programs is read the begining, intellectual disorder students need Structural Analytical Method Syntetic. This research uses experimental method with the form of time series design. The sample in this research is the students of class I that have 5 students. Instrument used in the form of test or test problem. The result of research indicate that the average value of pre test is lower post test. Test result of hypothesis t arithmetic> t table = H1 accepted, the conclusion is SAS method has an effect on to read ability of student of intellectual disorder. Suggestions for teachers and researchers are further suggested to develop an interesting medium.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Andayani. (2015). Problema dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Azwar, S.( 2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standart Kompetensi Dasar SDLB-C. Jakarta: BSNP
Budyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Deepublish
Djarwanto. (2004). Statistik Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE
Efendi, M. (2009). Pengantar Psipedagogik Anak Berkelainan. Bumi Aksara: Jakarta
Gultom, S.(2012). Pembelajaran Membaca & Menulis di Kelas Rendah. Kementria Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Gunadi, T. (2011). Mereka pun bisa sukses. Depok: Penerbit Plus Mangunsong, F. (1998). Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: LPSP3 UI
Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta: Bumi Aksara
Setyani, W., S & Suyanto, I. (2001). Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Peningkatan Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/viewFile/256/144), diakses 25 Februari 2016
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhartin, (2010). Smart Parenting. Jakarta: Gunung Mulia.
Somantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama
Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Wahyuni. S.(2010). Cepat Bisa Baca. Jakarta: Gramedia
Zubaidah, E.( 2013). Draf Penulisan Buku Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats