Kemampuan Mengasosiasikan Soal Cerita “Peluang” Siswa Tunanetra melalui Metode Penemuan Terbimbing

Evita Gadis Permatasari, Endro Wayhuno, Eka Promono Adi

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui : (1) efektifitas metode penemuan terbimbing, (2) peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan soal cerita ke dalam bahasa matematika, (4) perbedaan kemampuan mengasosiasikan soal cerita “Peluang” sebelum dan sesudah intervensi. Penelitian ini diterapkan pada siswa yang mengalami ketunanetraan ketika dewasa dengan intellegensi rata-rata. Penelitian ini menggunakan metode SSR dengan desain A-B-A-B. Kondisi (A-1) kemampuan awal siswa sebelum dilakukan intervensi dengan skor 18%. Kondisi (B-1) pelaksanaan intervensi dengan skor 80,4%. Kondisi (A-2) kemampuan siswa sesudah dilakukan intervensi dengan skor 66%. Kondisi (B-2) analisa kesalahan mengerjakan pada kondisi A-2 dengan skor 87%. Metode penemuan terbimbing efektitif untuk meningkatkan kemampuan mengasosiasikan soal cerita peluang.

The purposes of this study were to determine: (1) the effect of guided discovery method in the form of working guide modul (2) upgrading the student ability to describe about story excercises into math language (3) the association ability of “Peluang” story excercise between before and after implementation of guided discovery method. This study was SSR using the A-B-A-B desain. The Baseline condition-1 (A-1) to determine the begining student ability before intervention with score of 18%. The Intervention Condition-1 (B-1) implementation of guided discovery method with an average score of 80.4%. the Baseline condition-2 (A-2) implementation to determine student ability after the (B-1) with a score of 66%. The Condition Intervention-2 (B-2) after working error analysis in the A-2 conditions with score of 87%. Guided discovery method is effective to improve the ability to associate a story about chance.


Keywords


Metode Penemuan Terbimbing; Kemampuan Mengasosiasi; Matematika; Tunanetra

Full Text:

PDF

References


Arynda, et.al. (2012). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, Online 3(3): 122-132 (www:http//jurnal.unej.ac.id) diakses 3 Februari 2016.

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 1 (1): 21-32, (http:www//jurnal.up.ac.id) diakses 5 Oktober 2015.

Wahyuno, E. (2013). Orientasi dan Mobilitas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tajudin, H. (2004.) Analisis Perkembangan Kemampuan Belajar Matematika Luar Biasa/A. Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah.

Hudoyo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gardner, H. (2013). Multiple Intellegences. Jakarta: Daras Book.

Hitipeauw, I. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UM.

Adi, I .P. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Mengingkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Gradien di Kelas 8 SMPN 9 Palu. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 1 (1): 76-78, (http://fkip.inila.ac.id/journal/pendidikan) diakses 3 Januari 2016.

Sunanto, J. (2010). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI.

Markaban. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Model Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengajaran Matematika Modern untuk Orangtua Murid Guru dan SPG. Bandung: TARSITO.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstasi Keadaan Masa Kini Menuju Masa Depan). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats