Peningkatan Kemampuan Bercerita pada Peserta Didik Tunarungu di SMPLB

Inggrid Tunggal Swargani, Sudarsini Sudarsini

Abstract


Tunarungu adalah peserta didik yang mengalami hambatan dalam pendengaran sehingga
mengakibatkan kurangnya kemampuan berbicara, khususnya menceritakan kembali. Tujuan penelitian
yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran metode sosiodrama pada pengajaran menceritakan kembali
dan pengaruh metode sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan menceritakan kembali pada peserta
didik tunarungu kelas IX di SMPLB B YPTB Malang. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan
bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Hasil penelitian yaitu berpengaruhnya metode
sosiodrama terhadap kemampuan menceritakan kembali berdasarkan data overlap 0%. Kesimpulannya
kemampuan menceritakan kembali meningkat pada fase intervensi serta metode sosiodrama berpengaruh
terhadap kemampuan menceritakan kembali.

Hearing impairment students who have inability to hear resulting in a lack of ability to
speaking, especially retelling. The objectives of this research were to describe the learning process
sosiodrama method of the retelling and the effect of the sosiodrama method towards the hearing
impairment students’ retelling ability in the ninth grade of SMPLB B YPTB Malang. This research was
an experimental study using A-B-A Single Subject Research (SSR) design. The results of the research are
implemented sosiodrama method the retelling ability based on data overlap 0%. The conclusion retelling
ability increased in the intervention phase and sosiodrama method effect towards the ability of retelling.

 

 


Keywords


Metode Sosiodrama; Kemampuan Menceritakan Kembali; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.(2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Ed. Restu Damayanti). Jakarta: Bumi Aksara.

Efendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Endraswara, S. (2014). Metode Pembelajaran Drama (Apresiasi, Ekspresi dan Pengkajian). Yogjakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Fathiah & Akrom. (2014). Penerapan Metode Sosiodrama dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Proklamasi. Jurnal Ibtida’I (Online), vol.1. (01). Hlm 37-63. Tersedia: (http://jurnal.iainbanten.ac.id/index.php/ibtidai/article/download/125/20), diakses 10 Februari 2016.

Mangunsong, F.(2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: LPSP3 UI.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12016p10-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats