Spelling Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Siswa Tunagrahita

Zulfa Lailatuz, Ahmad Samawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca kata siswa tunagrahita
sebelum diberikan intervensi, dan saat diberikan interensi berupa permainan spelling puzzle, serta
mendiskripsikan ada tidaknya pengaruh permainan spelling puzzle terhadap kemampuan membaca
kata pada siswa tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan menggunakan Single Subject Reseach (SSR) dengan model desain A-B-A. Hasil
penelitian menunjukan perolehan mean level yang meningkat, dan persentasi overlap 0%, yang artinya
ada pengaruh permainan spelling puzzle sebagai bentuk intervensi terhadap peningkatan kemampuan
membaca kata sebagai target behavior. Kesimpulan secara keseluruhan menunjukan bahwa permainan
spelling puzzle dapat meningkatkan kemampuan membaca kata siswa tunagrahita kelas 1.

This study was aimed to describe the effect of spelling puzzle to word reading ability of
student with Intellectual Disabilities. The research method used is experimental method using Single
Subject Research (SSR) with A-B-A design. The research results show that the overlap percentage is 0%,
it’s mean there is influence of spelling puzzle as an intervention to increase student’s word reading as
a target of behavior.It is recommended of this study that the teachers can use media in learning process
based on the characteristics and the students’ needs.


Keywords


Tunagrahita; Membaca Kata; Permainan Spelling Puzzle

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Huruf Vokal Melalu Media Puzzle Bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas 1/C1 Di Slb Kartini Batam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus,(online),1(2): 148,(http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu), diakses Mei 2013.

Apriyanto, N. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Efendi,M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Efendi, M. (2009). Pengantar Psikopendagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sunanto, dkk. (2005). Penelitian dengan Subjek Tunggal. University of Tsukuba.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tanisya, L. (2010). Pengaruh Penggunaan Puzzle terhadap Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat pada Siswa Tunarungu Kelas VII di SMPLB YPTB Malang. Skripsi tidak diterbitkan: Malang: FIP UM.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Penlindungan Anak. (2003).Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Daerah.

Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca PermulaanPada AnakDiagnosa Dan Cara Mengatasinya. Yogyakarta: FIP UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12016p16-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats