Metode Syllabic untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Autis

Qumalasari Rani Ayu, Sudarsini Sudarsini

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena keterampilan membaca permulaan siswa masih terbilang
rendah. Penggunaan metode syllabic ini cukup sederhana dan mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan metode syllabic terhadap keterampilan membaca permulaan pada
siswa autis kelas 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis SSR dengan desain A-B-A.
Hasil penelitian adalah pada baseline 1 mengalami peningkatan 31,7 – 35%, pada kondisi intervensi
mengalami peningkatan 58,9% - 67,8% dan pada kondisi baseline 2, subjek berada pada 57,2% - 61,1%.
Kesimpulannya terdapat peningkatan mean level saat kondisi baseline 1 dengan kondisi baseline 2.
Sarannya dapat dikembangkan lebih lanjut oleh peneliti selanjutnya tentang metode syllabic.

The study is done because of reading skill the beginning of the students is relatively low. The
use of this method syllabic quite simple and easy. The purpose of this research is to know the influence
of the use of a method of syllabic against of reading skill the beginning on the kids autistic grade 1 . This
research uses experiment methods kind of SSR with the design A-B-A. The result of this research is at
baseline 1 increased 31.7 to 35 % , on condition the intervention has been an increase in 58,9 % to 67.8
% and baseline in the condition of A2 , the subject is at 57,2 % to 61,1 %. The conclusion there is an
increase of the mean level when baseline 1 to baseline 2. Advice on this research is be developed further
by researchers next of methods of syllabic.


Keywords


Metode Syllabic; Membaca Permulaan; Autis

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan Profesi Pendidik. (2012). Pembelajaran Membaca & Menulis di Kelas Rendah. Bahan Belajar Pendidikan dan Pelatihan Pasca-Uji Kompetensi Awal bagi Guru Kelas. Edisi 5. Jakarta:Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hargrove,L &James A.(1984).Assessment in Special Education (The Education Evaluation). USA:Prentice-Hall,Inc

Mundy,P & Mastergeorge, A. M. (2012).Educational Interventions for Student With Autism. USA:Jossey-Bass

Purwanta,E.(2012).Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Suharsaputra,U.(2012).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.Bandung:PT Refika Aditama

Sunanto,J, Takeuchi K, Nakata H.(2005).Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal.University of Tsukuba : CRIED

Sutrisna, S, Ahmad A, Rahmatrisilvia.(2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Metode Suku Kata Bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas I Di SDN 03 Bandar Buat Padang, 2 (3)(Online), (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu), diakses 8 Februari 2016

Universitas Negeri Malang.(2010).Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.Malang:Universitas Negeri Malang

USAID.(2014).Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK, (Online) (www.prioritaspendidikan.org), diakses 8 februari 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12016p21-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats