Permainan Flash Card dalam Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Inggris bagi Siswa Tunarungu

Futtihatir Rohmah, Shodiq Shodiq

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan pengaruh permainan Flash
card terhadap hasil belajar menyusun kalimat sederhana Bahasa Inggris pada siswa tunarungu. Penelitian
ini menggunkan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain
Quasi Experiment atau pretest-posttest (One Group-Pretest-Posttest Design.) Teknik pengumpulan data
menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil tabel Thitung= 0. Sedangkan harga Ttabel pada tabel dengan
taraf signifikan 5% sebesar= 2,571. Dari kriteria pengujian yang telah ditetapkan, maka Ho ditolak karena
Thitung < Ttabel. Kesimpulan dari hasil di atas adalah terdapat pengaruh media kartu flash card terhadap hasil
belajar menyusun kalimat sederhana Bahasa Inggris bagi siswa tunarungu.

This research is conducted in order to describe the influence of Flash card game for children
with hearing impairment students’ learning outcomes in constructing simple English sentences. This
study uses the quantitative research design with an experimental method, using Quasi-Experiment (One
Group-pretest-posttest design) models. The data collection technique uses the Wilcoxon test. Based on
the findings of the tables are Timeframe The Absolute price taken ( the smallest ) is t = 0. While the price
table T tabel on with 5 % significance level of = 2,571 . From Criteria Testing has determined , then Ho
is rejected because T hitung < T tabel . Conclusions From the findings in the differences , which means
the influences of the media flash card learning Against findings construct simple phrases of English for
Students with hearing impairment.


Keywords


Permainan Flash Card; Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Inggris; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Hasan, I. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Referensi HAM. (Online), (http://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/), diakses 3 Maret 2016

Zainuddin. (1984). Media Visual dan Audio dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12016p30-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats