Permainan Teka-Teki Silang Bergambar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Anak Tunagrahita Ringan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan teka-teki silang
bergambar terhadap hasil bvelajar mata pelajaran IPS anak Tunagrahita Ringan kelas IV SLB . Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan desain “One
Group Pretest-Posttes Design”. Dilihat dari rata-rata hasil pre-test yaitu 42,66 ke rata-rata hasil posttest
81,34 dapat dikatakan hasil belajarsiswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa permainan teka-teki silang bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar mata
pelajaran IPS anak Tunagrahita Ringan.
The purpose of this study was to determine The Influence Crossword Puzzle Picture game
to Learning Outcomes of social sciences for Students with Mental Retardation Class IV In SLB B/C
Dharma Wanita 01 Pakisaji Malang. This research was conducted using the method of experimental
research type of research Pre Experimental Design. And in the study, researchers used the design “One
group pretest-posttest design”. Judging from the average of the pre-test is 42.66 to average 81.34 posttest
results can be said to increase student learning outcomes. Based on this study we can conclude that
the crossword picture game effect on the Learning Outcomes of social sciences for Students with Mental
Retardation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariesta, R. (2009). Alat Permainan Edukatif. Bandung: PT Sandiarta Sukses
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
Azwar, S. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djarwanto. (2004). Statistik Non Parametrik. Yogyakarta: BPFE YOGYAKARTA
Effendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara
Sadiman, dkk. (2010). Media Pendidikan Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Soemantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama
Subini, N.(2012). Panduan Mendidik Anak dengan Kecerdasan di bawah Rata-rata. Jogjakarta: Javalitera
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabetha
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12016p51-53
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats