Permainan Teka-Teki Silang Bergambar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Anak Tunagrahita Ringan

Hana Aditiya Candra, Endro Wahyuno

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan teka-teki silang
bergambar terhadap hasil bvelajar mata pelajaran IPS anak Tunagrahita Ringan kelas IV SLB . Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan desain “One
Group Pretest-Posttes Design”. Dilihat dari rata-rata hasil pre-test yaitu 42,66 ke rata-rata hasil posttest
81,34 dapat dikatakan hasil belajarsiswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa permainan teka-teki silang bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar mata
pelajaran IPS anak Tunagrahita Ringan.

The purpose of this study was to determine The Influence Crossword Puzzle Picture game
to Learning Outcomes of social sciences for Students with Mental Retardation Class IV In SLB B/C
Dharma Wanita 01 Pakisaji Malang. This research was conducted using the method of experimental
research type of research Pre Experimental Design. And in the study, researchers used the design “One
group pretest-posttest design”. Judging from the average of the pre-test is 42.66 to average 81.34 posttest
results can be said to increase student learning outcomes. Based on this study we can conclude that
the crossword picture game effect on the Learning Outcomes of social sciences for Students with Mental
Retardation.


Keywords


Permainan Teka-teki Silang Bergambar; Tunagrahita Ringan; Hasil Belajar; IPS

Full Text:

PDF

References


Ariesta, R. (2009). Alat Permainan Edukatif. Bandung: PT Sandiarta Sukses

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta

Azwar, S. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djarwanto. (2004). Statistik Non Parametrik. Yogyakarta: BPFE YOGYAKARTA

Effendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Sadiman, dkk. (2010). Media Pendidikan Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Soemantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama

Subini, N.(2012). Panduan Mendidik Anak dengan Kecerdasan di bawah Rata-rata. Jogjakarta: Javalitera

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabetha




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12016p51-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats