Development Learning Sequence dalam Kemampuan Berhitung Operasi Bilangan Bulat Anak Diskalkulia

Azka Baqiyatul Haibah, Abdul Huda

Abstract


Anak diskalkulia di SD Alam Ar Rohmah mengalami kesulitan pada kemampuan bahasa  dan membaca yang berpengaruh dalam memahami simbol- simbol dalam matematika. Pendekatan  development learning sequence merupakan pendekatan yang berdasarkan pada tahapan perkembangan  anak dari konkret dengan menggunakan media nyata dan semi konkret dengan manipulasi gambar yang  mampu menjembatani anak untuk berpikir abstrak. Tujuannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan development learning sequence terhadap kemampuan berhitung operasi bilangan bulat anak diskalkulia kela VI di SD Alam Ar Rohmah. Metode penelitian dengan menggunakan Single Subject Research dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan presentase overlap sebesar 0%. Kesimpulannya, pendekatan development learning sequence berpengaruh meningkatkan kemampuan  berhitung operasi bilangan bulat anak diskalkulia kelas VI di SD Alam RohmahMalang.


Keywords


Diskalkulia; Pendekatan Development Learning Sequence; Berhitung Operasi Bilangan Bulat

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Badan Penelitian dan Pengembangan. (2007). Model Kurikulum Bagi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar. Jakarta: Badan Pendidikan Nasional.

Dewiyani. (2009). Karakteristik Proses Berfikir Siswa dalam Mempelajari Matematika Berbasis Tipe Kepribadian. 15(10), 481-492. Dari http://eprints.uny.ac.id/12295/.

Ningrum, V. P. (2016). Pengaruh Pendekatan Development Learning Sequences Terhadap Kemampuan Menjumlahkan Pada Anak Diskalkulia Kelas VI di SDN Sumbersekar III Dau. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sumarlis, Vitriani. (2005). Kontribusi Aspek Motorik, Persepsi, dan Bahasa Terhadap Risiko Kesulitan Belajar (Identifikasi Dini yang Dilakukan Di Tingkat Prasekolah). Tesis tidak diterbitkan. Depok: Fakultas Psikologi UI.

TIMSS Infographic (2015). Pusat Penilain Pendidikan (online), (https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar.upload/), diakses 4 April 2018.

Tombokan, Runtukahu & Kandou, Selpius. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Komisi Informasi (online), (www.komisiinformasi.go.id), diakses 6 Desember 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats