Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Power Point sebagai Support System Iklim Belajar Inklusif pada Matakuliah Kuliah Manajemen Inovasi
Abstract
Berangkat dari hasil observasi dan wawancara terkait dengan proses kegiatan belajar mengajar pada mahasiswa disabilitas pada semester genap 2019/2020 dan Ganjil 2020/2021 terkait dengan media penyampaian materi perlu adanya modifikasi terkait dengan fungsinya. Hal ini ditemukan permasalahan terkait pada materi power poin yang ditempelkan pada SIPEJAR tanpa bisa diakses secara optimal oleh mahasiswa dengan hambatan pengelihatan sehingga perlu ditambahkan sebuah audio atau suara terkait dengan isi naskah pada powerpoin tersebut. Temuan juga terjadi pada mahasiswa dengan hambatan pendengaran sebagai pendalaman materi mereka membutuhkan video interpreter agar dapat mendalami penjelasan diluar tekstual yang tertayang sehingga dapat mengoptimalkan proses pemahaman materi dari dosen. Oleh karena itu dirasa perlu adanya pengembangan pada media powerpoin agar lebih aksesibel bagi mahasiswa disabilitas sehingga dapat mewujudkan iklim belajar yang inklusif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian ini adalah pengembangan media dikatakan sangat layak dengan perolehan 91,6% dari Validator serta hasil uji coba terbatas yang juga menyatakan sangat layak dengan presentase hasil 92%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, R., Lufri, L., & Sumarmin, R. (2014).
Pengembangan multimedia pada materi struktur
dan fungsi organ manusia untuk siswa kelas XI
sekolah menengah atas. Kolaboratif, 2(1).
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran edisi revisi.
Jakarta: Rajawali Pers.
Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media
pembelajaran.
Blagojevic, B., Twomey, D., & Labas, L. (2002).
Universal design for learning: From the start.
FACTS online, 6.
Darmawan, A. S., Brennen, G. K., & Bartlett, S.
D. (2012). Measurement-based quantum
computation in a two-dimensional phase of
matter. New Journal of Physics, 14(1), 013023
Daryanto, S., Wang, L., & Jacinthe, P. A. (2016).
Drought effects on root and tuber production: A
meta-analysis. Agricultural water management,
, 122-131.
Grant, A., Townend, M., Mulhern, R., & Short, N.
(2010). Cognitive behavioural therapy in mental
health care. Sage.
Grzeszczyk, K. B. (2016). Using multimedia in the
English language classroom. World Scientific
News, 43(3), 104-157.
Hadi, M. S. (2008). Mengenal Microsoft Excel Untuk
Pemula. Tiara Aksa.
Hitchcock, C., Meyer, A., Rose, D., & Jackson, R.
(2002). Providing new access to the general
curriculum: Universal design for learning.
Teaching exceptional children, 35(2), 8-17.
Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media
pengajaran.
Jusoh, W. N. H. W., & Jusoff, K. (2009). Using
multimedia in teaching Islamic studies. Journal
of Media and Communication Studies, 1(5), 086-
Orkwis, R., & McLane, K. (1998). A curriculum
every student can use: Design principles for
student access. ERIC/OSEP Special Project,
ERIC Clearinghouse on Disabilities and Gifted
Education, Council for Exceptional Children.
Orkwis, R. (2003). Universally designed instruction.
ERIC Clearinghouse on Disabilities and Gifted
Education.
Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I.,
Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021,
September). Development of Online Learning
Resources as a Support System Learning from
Home at SLB LAB UM. In 2021 7th International
Conference on Education and Technology (ICET)
(pp. 100-106). IEEE.
Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Yasin, M. H. M.,
Dewantoro, D. A., Irvan, M., & Susilawati, S.
Y. (2020, October). Online Learning Resource
Based on One ID Website for All Access (OIAA)
as a Student Learning Assistance System. In 2020
th International Conference on Education and
Technology (ICET) (pp. 77-83). IEEE.
Pujiastuti, I., Safnil, S., & Trianto, A. (2013). ANALISIS
KUALITAS BUKU PELAJARAN BAHASA
INDONESIAUNTUKKELAS TINGGI YANG
DIGUNAKAN DI SD NEGERI 2 CENTRE
CURUP TAHUN AJARAN 2012/2013 (Doctoral
dissertation, Universitas Bengkulu).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p105-109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats