Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Power Point sebagai Support System Iklim Belajar Inklusif pada Matakuliah Kuliah Manajemen Inovasi

Rizqi Fajar Pradipta, Muhammad Mujtaba Habibi, Rista Ayu Mawarti

Abstract


Berangkat dari hasil observasi dan wawancara terkait dengan proses kegiatan belajar mengajar pada mahasiswa disabilitas pada semester genap 2019/2020 dan Ganjil 2020/2021 terkait dengan media penyampaian materi perlu adanya modifikasi terkait dengan fungsinya. Hal ini ditemukan permasalahan terkait pada materi power poin yang ditempelkan pada SIPEJAR tanpa bisa diakses secara optimal oleh mahasiswa dengan hambatan pengelihatan sehingga perlu ditambahkan sebuah audio atau suara terkait dengan isi naskah pada powerpoin tersebut. Temuan juga terjadi pada mahasiswa dengan hambatan pendengaran sebagai pendalaman materi mereka membutuhkan video interpreter agar dapat mendalami penjelasan diluar tekstual yang tertayang sehingga dapat mengoptimalkan proses pemahaman materi dari dosen. Oleh karena itu dirasa perlu adanya pengembangan pada media powerpoin agar lebih aksesibel bagi mahasiswa disabilitas sehingga dapat mewujudkan iklim belajar yang inklusif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian ini adalah pengembangan media dikatakan sangat layak dengan perolehan 91,6% dari Validator serta hasil uji coba terbatas yang juga menyatakan sangat layak dengan presentase hasil 92%.

 


Keywords


Mahasiswa berkebutuhan khusus; Multimedia powerpoint; Matakuliah Manajamen Inovasi

Full Text:

PDF

References


Ahyar, R., Lufri, L., & Sumarmin, R. (2014).

Pengembangan multimedia pada materi struktur

dan fungsi organ manusia untuk siswa kelas XI

sekolah menengah atas. Kolaboratif, 2(1).

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran edisi revisi.

Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media

pembelajaran.

Blagojevic, B., Twomey, D., & Labas, L. (2002).

Universal design for learning: From the start.

FACTS online, 6.

Darmawan, A. S., Brennen, G. K., & Bartlett, S.

D. (2012). Measurement-based quantum

computation in a two-dimensional phase of

matter. New Journal of Physics, 14(1), 013023

Daryanto, S., Wang, L., & Jacinthe, P. A. (2016).

Drought effects on root and tuber production: A

meta-analysis. Agricultural water management,

, 122-131.

Grant, A., Townend, M., Mulhern, R., & Short, N.

(2010). Cognitive behavioural therapy in mental

health care. Sage.

Grzeszczyk, K. B. (2016). Using multimedia in the

English language classroom. World Scientific

News, 43(3), 104-157.

Hadi, M. S. (2008). Mengenal Microsoft Excel Untuk

Pemula. Tiara Aksa.

Hitchcock, C., Meyer, A., Rose, D., & Jackson, R.

(2002). Providing new access to the general

curriculum: Universal design for learning.

Teaching exceptional children, 35(2), 8-17.

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media

pengajaran.

Jusoh, W. N. H. W., & Jusoff, K. (2009). Using

multimedia in teaching Islamic studies. Journal

of Media and Communication Studies, 1(5), 086-

Orkwis, R., & McLane, K. (1998). A curriculum

every student can use: Design principles for

student access. ERIC/OSEP Special Project,

ERIC Clearinghouse on Disabilities and Gifted

Education, Council for Exceptional Children.

Orkwis, R. (2003). Universally designed instruction.

ERIC Clearinghouse on Disabilities and Gifted

Education.

Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I.,

Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021,

September). Development of Online Learning

Resources as a Support System Learning from

Home at SLB LAB UM. In 2021 7th International

Conference on Education and Technology (ICET)

(pp. 100-106). IEEE.

Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Yasin, M. H. M.,

Dewantoro, D. A., Irvan, M., & Susilawati, S.

Y. (2020, October). Online Learning Resource

Based on One ID Website for All Access (OIAA)

as a Student Learning Assistance System. In 2020

th International Conference on Education and

Technology (ICET) (pp. 77-83). IEEE.

Pujiastuti, I., Safnil, S., & Trianto, A. (2013). ANALISIS

KUALITAS BUKU PELAJARAN BAHASA

INDONESIAUNTUKKELAS TINGGI YANG

DIGUNAKAN DI SD NEGERI 2 CENTRE

CURUP TAHUN AJARAN 2012/2013 (Doctoral

dissertation, Universitas Bengkulu).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p105-109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats