Penggunaan Pop Up Book pada Pembelajaran Agama Islam Siswa Tunagrahita
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrila, T. (2017). Efetivitas Penggunaan Media PopUp Book Untuk Meningkatkan Kemampuan
Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Tunagrahita
Ringan (Quasi Eksperimen Kelas III/C SDLB 35
Painan Utara). Skripsi thesis, Universitas Negeri
Padang.
Amalah, A. Y.U., & Mahmudah, S. (2018). Metode
Bercerita Bermedia Pop Up Book Terhadap
Kemampuan Berbicara Anak Tunagrahita SLB.
Jurnal Pendidikan Khusus, 2018, 10(2),
-14.
Apriyanto, N. (2012). Seluk-Beluk Tunagrahita &
Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.
Ardiyanto, P. (2014). Penggunaan Media Benda
Kongkrit untuk Meningkatkan kemampuan
Berhitung Penjumlahan pada Siswa Tunagrahita
Ringan Kelas Dasar III di SLB Insan Mandiri
Dlingo Bantul. Widia Ortodidaktika, 3(2), 1-9.
Arikunto, S dan Jabar. (2012). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.
Edisi Kedua: Jakarta: Bumi Aksara.
Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media
Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press
Jakarta.
Auliyah, N. (2015). Penggunaan Media Buku PopUp Terhadap Minat Baca Pada Anak Tunarungu.
Jurnal Pendidikan Khusus, 7(1), 1-5.
Bluemel, N., &Taylor, R.L.H. (2012). Pop-Up Books:
A Guide for Teachers and Librarians. ABC-CLIO.
Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh
Penggunaan Media Sempoa Geometri pada
Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal
Ortopedagogia, 5(1), 12-17.
Fahyuni, E. F., & Bandono, A. (2015). Pengembangan
Media Cerita Bergmbar Sebagai Upaya
Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa
Sekolah Dasar. HALAQA, 14(1), 75-89.
Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi
Treatment and Education of Autistic and
Realted Communicationhandicapped Children
(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak
Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,
(2), 57-61.
Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan
Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media
Akademi.
Kustiawan, U. (2015). Media Pembelajaran Sekolah
Inklusif. Universitas Negeri Malang: Malang.
Luwitasari, M. (2013, April). Media Belajar: Pop
up Book. Diakses dari https://metaluwitasari.
wordpress.com/2013/04/24/media-belajar-bukupop-up/
Maryam, S. Y. (2013). Pengaruh Latihan Identifikasi
Objek Terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak
Tunagrahita Ringan di SPLB-C YPLB. (Doctoral
dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nugraha, S. R. (2016, juli). Media Pembelajaran
Buku Pop Up. Diakses dari http://www.
tintapendidikanindonesia.com/2016/07/mediapembelajaran-buku-pop-up.html.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2),
-164.
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and fine motoric ability of intellectual disabiliy
students. International Journal of Innovation,
(5), 531-545.
Rochyadi, E. (2012). Karakteristik dan Pendidikan
Anak Tunagrahita. Modul Universitas Pendidikan
Indonesia: Tidak diterbitkan.
Rosyidi, A.W & Ni’mah, M. (2012). Memahami
Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.
Malang: UIN Maliki Press.
Ruiz, Jr. C. R., Le, S. N., Yu, J., & Low, K. L. (2014,
May). Multi-style paper pop-up designs from 3D
models. Computer Graphics Forum. (Vol. 33, No.
, pp. 487-496).
Sagirani, T. (2015). Pemanfaatan Kinect dalam
Prototype Aplikasi Media Pembelajaran bagi
Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Teknik
Informatika dan Sistem Informasi, 2 (1), 1-13.
Sari, Y., & Kasiyati, K. (2018). Efektivitas Media
Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan
Mengenal Bagian-Bagian tubuh pada Siswa
Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan
Khusus, 6(2), 106-111.
Setyaningnih, N, & Widajati, W. (2018). Implementasi
Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan
Menulis Cerita Sederhana Anak Tunagrahita
Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2), 1-12.
Solichah, L.U. L.I., & Mariana, N. (2018). Pengaruh
Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun
Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan
Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 6(9), 1537-1547.
Umar, U. (2017). Media Pendidikan: Peran dan
Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah
Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.
Wardani, N. K., & Sudarsini, S. (2018). Media PopUp untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal
Bilangan 1-10 pada Anak Tunagrahita. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 3(1), 51-55
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12022p1-5
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats