Penggunaan Pop Up Book pada Pembelajaran Agama Islam Siswa Tunagrahita

Hanifa Khoiru Kumala, Wiwik Dwi Hastuti, Umi Safiul Ummah

Abstract


Keefektifan Pop Up Book Untuk Pembelajaran Agama Islam Siswa Tunagrahita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Pop Up Book Kisah Nabi Shaleh a.s dan Kaum Tsamud. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pop Up Book Kisah Nabi Shaleh a.s dan Kaum Tsamud digunakan untuk pembelajaran Agama Islam.

Keywords


Pop Up Book; Kisah Nabi; Media; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Afrila, T. (2017). Efetivitas Penggunaan Media PopUp Book Untuk Meningkatkan Kemampuan

Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Tunagrahita

Ringan (Quasi Eksperimen Kelas III/C SDLB 35

Painan Utara). Skripsi thesis, Universitas Negeri

Padang.

Amalah, A. Y.U., & Mahmudah, S. (2018). Metode

Bercerita Bermedia Pop Up Book Terhadap

Kemampuan Berbicara Anak Tunagrahita SLB.

Jurnal Pendidikan Khusus, 2018, 10(2),

-14.

Apriyanto, N. (2012). Seluk-Beluk Tunagrahita &

Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.

Ardiyanto, P. (2014). Penggunaan Media Benda

Kongkrit untuk Meningkatkan kemampuan

Berhitung Penjumlahan pada Siswa Tunagrahita

Ringan Kelas Dasar III di SLB Insan Mandiri

Dlingo Bantul. Widia Ortodidaktika, 3(2), 1-9.

Arikunto, S dan Jabar. (2012). Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.

Edisi Kedua: Jakarta: Bumi Aksara.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media

Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Jakarta.

Auliyah, N. (2015). Penggunaan Media Buku PopUp Terhadap Minat Baca Pada Anak Tunarungu.

Jurnal Pendidikan Khusus, 7(1), 1-5.

Bluemel, N., &Taylor, R.L.H. (2012). Pop-Up Books:

A Guide for Teachers and Librarians. ABC-CLIO.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

Ortopedagogia, 5(1), 12-17.

Fahyuni, E. F., & Bandono, A. (2015). Pengembangan

Media Cerita Bergmbar Sebagai Upaya

Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Sekolah Dasar. HALAQA, 14(1), 75-89.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan

Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media

Akademi.

Kustiawan, U. (2015). Media Pembelajaran Sekolah

Inklusif. Universitas Negeri Malang: Malang.

Luwitasari, M. (2013, April). Media Belajar: Pop

up Book. Diakses dari https://metaluwitasari.

wordpress.com/2013/04/24/media-belajar-bukupop-up/

Maryam, S. Y. (2013). Pengaruh Latihan Identifikasi

Objek Terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak

Tunagrahita Ringan di SPLB-C YPLB. (Doctoral

dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nugraha, S. R. (2016, juli). Media Pembelajaran

Buku Pop Up. Diakses dari http://www.

tintapendidikanindonesia.com/2016/07/mediapembelajaran-buku-pop-up.html.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2),

-164.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and fine motoric ability of intellectual disabiliy

students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Rochyadi, E. (2012). Karakteristik dan Pendidikan

Anak Tunagrahita. Modul Universitas Pendidikan

Indonesia: Tidak diterbitkan.

Rosyidi, A.W & Ni’mah, M. (2012). Memahami

Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.

Malang: UIN Maliki Press.

Ruiz, Jr. C. R., Le, S. N., Yu, J., & Low, K. L. (2014,

May). Multi-style paper pop-up designs from 3D

models. Computer Graphics Forum. (Vol. 33, No.

, pp. 487-496).

Sagirani, T. (2015). Pemanfaatan Kinect dalam

Prototype Aplikasi Media Pembelajaran bagi

Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Teknik

Informatika dan Sistem Informasi, 2 (1), 1-13.

Sari, Y., & Kasiyati, K. (2018). Efektivitas Media

Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan

Mengenal Bagian-Bagian tubuh pada Siswa

Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan

Khusus, 6(2), 106-111.

Setyaningnih, N, & Widajati, W. (2018). Implementasi

Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan

Menulis Cerita Sederhana Anak Tunagrahita

Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2), 1-12.

Solichah, L.U. L.I., & Mariana, N. (2018). Pengaruh

Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa

Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun

Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan

Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 6(9), 1537-1547.

Umar, U. (2017). Media Pendidikan: Peran dan

Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah

Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.

Wardani, N. K., & Sudarsini, S. (2018). Media PopUp untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal

Bilangan 1-10 pada Anak Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 3(1), 51-55




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12022p1-5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats