Keefektifan Permainan Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Autis

Elsa Dini Apriana Putri, Endro Wahyuno, Sinta Yuni Susilawati, Umi Safiul Ummah

Abstract


Keefektifan Permainan Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh permainan playdough terhadap kemampuan motorik halus siswa autis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperime dengan rancangan penelitian single subject reseach (SSR). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan permainan playdough terhadap kemampuan motorik halus anak autis.

Keywords


autis; motorik halus; permainan playdough

Full Text:

PDF

References


Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan

Scramble dalam Menyusun Kalimat pada Siswa

Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(1),

-46.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Difatiguna, S., Surahman, M., & Rini, R. (2015).

Pengaruh aktivitas bermain menggunakan

playdough terhadap kemampuan motorik halus pada anak. Jurnal Pendidikan Anak, 1(3), 1-11.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Hasnita, E., & Hidayati, T. R. (2017). Terapi

Okupasi Perkembangan Motorik Halus Anak

Autisme. Jurnal Ipteks Terapan, 9(1), 20-27.

Huzaemah. (2010). Kenali Autisme Sejak Dini. Jakarta:

Yayasan Putra Obor Indonesia.

Jatmika, Y.N . (2012). Ragam Aktivitas untuk Play

Group. Yogyakarta: Diva Press.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).

Media Counting Board untuk Kemampuan

Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.

Kusuma, G. H. A. (2012). Sistem Identifikasi Penyakit

Autis Anak Berbasis Web. Jurnal Technology Of

Information And Communication, 1(1), 29-41

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019, December).

Development of Adaptive Sports Models in

Improving Motor Ability and Embedding Cultural

Values in Children with Special Needs. In the

th International Conference on Education and

Management (COEMA 2019). Atlantis Press.

Rahmawati, D. A. (2014). Pengaruh Bermain

Playdough Terhadap Peningkatan Kemampuan

Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang Kelas I

Di Slb Sekar Teratai 1 Srandakan. Jurnal Widia

Ortodidaktika, 3(2), 1-11.

Sari, I., & Rakimahwati, R. (2018). Peningkatan

kemampuan motorik halus melalui bermain

playdough di taman kanak-kanak qur’aniah

air runding pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset

Tindakan Indonesia), 3(2), 107-113.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017).

Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini

Mengenal Lambang Bilangan melalui Media

Playdough. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 190-

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006).

Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung:

UPI Press.

Sutapa, P., Prasetyo, Y., Arjuna, F., & Prihatanta, H.

(2018, December). Differences of Influence of

Playing Playdough and Puzzles on Fine Motor

Skills and Logical-Mathematical Intelligence in

Early Childhood. In 2nd Yogyakarta International

Seminar on Health, Physical Education, and Sport

Science (YISHPESS 2018) and 1st Conference on

Interdisciplinary Approach in Sports (CoIS 2018).

Atlantis Press.171-174.

Umama. (2016). Pojok Bermain Anak. Jogjakarta:

Stilletto Book.

Wardah, E. Y., & Khairiyah, K. Y. (2018). The Influence

of Playing Playdough toward Fine Motoric Ability

of Autism Children in Tompokersan Lumajang.

The 11th International Conference on Educational

Research. Khon Kaen University. Page 103-114.

Wati, S., & Syukri, M. (2014). Pengembangan Alat

Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Model

Webbed Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 1-15.

Yumarlin, M. Z. (2013). Pengembangan Permainan

Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains

Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3(1), 75-84.

Yuwono, J. (2012). Memahami Anak Autistik: Kajian

Teoritik dan Empirik. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p97-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats