Toilet Training Berbantuan Media Audio Siswa Tunanetra
Abstract
Abstrak : Pembelajaran Toilet Training berbantuan media audio siswa tunanetra di SDLB, ini bertujuan
untuk mengetahui keefektifan media audio di SDLB dalam membelajarkan siswa tunanetra dalam hal
Toilet Training. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang
terdiri atas sepuluh langkah, tetapi dalam penelitian yang dilakukan peneliti hanya mengadaptasi tujuh
langkah, hal tersebut dikarenakan keterbatasan yang dihadapi oleh peneliti. Subjek penelitian ialah ahli
materi I, ahli materi II, ahli media, dan siswa tunanetra. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media audio
sesuai, layak dan evektif untuk digunakan guru dalam membelajarkan Toilet Training siswa tunanetra.
Kata kunci : Toilet Training; media audio; tunanetra
Abstract: The purpose of this study is to investigate the effectiveness of using Toilet Training learning
based on audio media on the learning process for blind students of SDLB. This research used research
and development model by Borg and Gall that consists of ten steps. The author did seven out of ten steps
because of the limitation that faced by researcher. The respondents of this study were material expert I,
material expert II, media expert, and blind students. The data of the study was collected by interview,
observation, and questionnaire. The finding of the research revealed that Toilet Training learning based
on audio media is appropriate, feasible, and effective on learning process for blind students.
Keywords : Toilet Training; audio media; blind
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar,S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Borg,W.R.,&Gall,M.D. (1984). Educational Research :
An introduction.
Dariyati,I.G.A., Marhaeni, D.A.I.N., &
Widiartini,D.N.K. (2015). Pengaruh
Pembelajaran Praktik Berbantuan Media
Audio terhadap Kemampuan Motorik dan
Motivasi Belajar Siswa SMP di Slb A Negeri
Denpasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi
pendidikan Indonesia, 5(1) 4.
Efendi,M. (2017). Psikopedagogik Anak Berkebutuhan
Khusus. Malang: UM.
Marganingsih, V.S.W. (2008). Survey tentang
Pemberian Toilet Training bagi Anak Usia
Balita pada Ibu-Ibu di Desa Donoharjo,
Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Yogyakarta :
Universitas Sananta Dharma.
Mariana, A. (2013). Toilet Training pada Anak
Down Syndrome (Studi Kasus pada Siswa
Down Syndrome di SLB-C1 Widya Bhakti,
Semarang. Semarang: Universitas Negeri
Semarang.
Nurhasanah, H. (2017). Peningkatan kemampuan
Bina Diri Toilet Training Anak autis melalui
Metode Latihan (Drill) di Pusat Layanan
Autis Yogyakarta. Widia ortodidaktika, 6(2),
-158.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2),
-164.
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and Fine Motoric Ability of Intellectual
Disabiliy Students. International Journal of
Innovation, 5(5), 531-545.
Sudrajat, D., & Rosida, L. (2013). Pendidikan bina
diri bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta:
Luxima Metro Media.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media
pengajaran. Bandung: sinar baru Algensindo.
Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa.
Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wantah, M. J. (2007). Pengembangan kemandirian
anak tunagrahita mampu latih. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p67-71
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats