Toilet Training Berbantuan Media Audio Siswa Tunanetra

Nita Eka Noviyanti, M Shodiq, Umi Safiul Ummah

Abstract


Abstrak : Pembelajaran Toilet Training berbantuan media audio siswa tunanetra di SDLB, ini bertujuan
untuk mengetahui keefektifan media audio di SDLB dalam membelajarkan siswa tunanetra dalam hal
Toilet Training. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang
terdiri atas sepuluh langkah, tetapi dalam penelitian yang dilakukan peneliti hanya mengadaptasi tujuh
langkah, hal tersebut dikarenakan keterbatasan yang dihadapi oleh peneliti. Subjek penelitian ialah ahli
materi I, ahli materi II, ahli media, dan siswa tunanetra. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media audio
sesuai, layak dan evektif untuk digunakan guru dalam membelajarkan Toilet Training siswa tunanetra.
Kata kunci : Toilet Training; media audio; tunanetra


Abstract: The purpose of this study is to investigate the effectiveness of using Toilet Training learning
based on audio media on the learning process for blind students of SDLB. This research used research
and development model by Borg and Gall that consists of ten steps. The author did seven out of ten steps
because of the limitation that faced by researcher. The respondents of this study were material expert I,
material expert II, media expert, and blind students. The data of the study was collected by interview,
observation, and questionnaire. The finding of the research revealed that Toilet Training learning based
on audio media is appropriate, feasible, and effective on learning process for blind students.
Keywords : Toilet Training; audio media; blind


Keywords


Toilet Training; media audio; tunanetra

Full Text:

PDF

References


Akbar,S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Borg,W.R.,&Gall,M.D. (1984). Educational Research :

An introduction.

Dariyati,I.G.A., Marhaeni, D.A.I.N., &

Widiartini,D.N.K. (2015). Pengaruh

Pembelajaran Praktik Berbantuan Media

Audio terhadap Kemampuan Motorik dan

Motivasi Belajar Siswa SMP di Slb A Negeri

Denpasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi

pendidikan Indonesia, 5(1) 4.

Efendi,M. (2017). Psikopedagogik Anak Berkebutuhan

Khusus. Malang: UM.

Marganingsih, V.S.W. (2008). Survey tentang

Pemberian Toilet Training bagi Anak Usia

Balita pada Ibu-Ibu di Desa Donoharjo,

Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Yogyakarta :

Universitas Sananta Dharma.

Mariana, A. (2013). Toilet Training pada Anak

Down Syndrome (Studi Kasus pada Siswa

Down Syndrome di SLB-C1 Widya Bhakti,

Semarang. Semarang: Universitas Negeri

Semarang.

Nurhasanah, H. (2017). Peningkatan kemampuan

Bina Diri Toilet Training Anak autis melalui

Metode Latihan (Drill) di Pusat Layanan

Autis Yogyakarta. Widia ortodidaktika, 6(2),

-158.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2),

-164.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual

Disabiliy Students. International Journal of

Innovation, 5(5), 531-545.

Sudrajat, D., & Rosida, L. (2013). Pendidikan bina

diri bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta:

Luxima Metro Media.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media

pengajaran. Bandung: sinar baru Algensindo.

Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa.

Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wantah, M. J. (2007). Pengembangan kemandirian

anak tunagrahita mampu latih. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p67-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats