Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Tunagrahita Ringan

Riska Amalia, Agung Kurniawan

Abstract


Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Tunagrahita di SDLB. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses kegiatan membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru melaksanakan kegiatan membaca permulaan meliputi kegiatan mengenal huruf, membaca suku kata, membaca kata dan kalimat sederhana dengan memanfaatkan beberapa jenis media kartu untuk menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa membaca ke tahap lanjut. Guru menerapkan metode-metode membaca permulaan yaitu metode eja, metode bunyi, metode suku kata, metode kata dan metode SAS.

Keywords


pembelajaran; membaca permulaan; tunagrahita ringan

Full Text:

PDF

References


Atmaja,J. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak

Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Dewi, R. P. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca

Permulaan Menggunakan Media flashcard pada

Siswa Tunagrahita Kategori ringan kelas I sekolah

dasar di SLB C Wiyata Dharma 2

Sleman Yogyakarta. Widia Ortodidaktika. 5(9),

-950.

Efendi,M. (2017). Psikopedagogik Anak Berkebutuhan

Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017). Media

Counting Board untuk Kemampuan Berhtung Anak

Tunagrahita Ringan. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 109-113.

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan

Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Lembaga

Pengembangan Sarana dan Pendidikan Psikologi

Universitas Indonesia

Nafi’ah, S. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa

Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Putra, RMS.(2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak

Dini. Jakarta : PT Indeks.

Rahim, F. (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah

Dasar. Padang : Bumi Aksara

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan

Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media

Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau

Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2 (2), 127-137.

Romlah, S.,& Andajani,S.J. (2018). Peningkatan

Kemampuan Membaca Awal Melalui Metode

Bermain Bermedia Kartu Kata Bergambar Pada

Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas I Sekolah

Luar Biasa. Jurnal Pendidikan Khusus. 10 (2).

Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).

HHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan

Kesadaran Bina Diri Anak Tunagrahita. Jurnal

Ortopedagogia, 7(1), 8-12.

Saputro, S & Abicin, Z. (2016). Strategi Pembelajaran.

Malang : Laboratorium Teknologi

Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas

Negeri Malang

Susilana,R, & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran.

Bandung: CV Wacana Prima.

Sugiyono.(2017).METODE PENELITIAN: Kuantitaif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p140-143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats