Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Tunagrahita Ringan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmaja,J. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak
Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Dewi, R. P. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca
Permulaan Menggunakan Media flashcard pada
Siswa Tunagrahita Kategori ringan kelas I sekolah
dasar di SLB C Wiyata Dharma 2
Sleman Yogyakarta. Widia Ortodidaktika. 5(9),
-950.
Efendi,M. (2017). Psikopedagogik Anak Berkebutuhan
Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang.
Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi
Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan
Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.
Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi
Treatment and Education of Autistic and
Realted Communicationhandicapped Children
(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak
Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,
(2), 57-61.
Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017). Media
Counting Board untuk Kemampuan Berhtung Anak
Tunagrahita Ringan. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,
(2), 109-113.
Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan
Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Lembaga
Pengembangan Sarana dan Pendidikan Psikologi
Universitas Indonesia
Nafi’ah, S. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy
Students. International Journal of Innovation,
(5), 531-545.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-
Putra, RMS.(2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak
Dini. Jakarta : PT Indeks.
Rahim, F. (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah
Dasar. Padang : Bumi Aksara
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan
Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media
Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau
Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2 (2), 127-137.
Romlah, S.,& Andajani,S.J. (2018). Peningkatan
Kemampuan Membaca Awal Melalui Metode
Bermain Bermedia Kartu Kata Bergambar Pada
Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas I Sekolah
Luar Biasa. Jurnal Pendidikan Khusus. 10 (2).
Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).
HHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan
Kesadaran Bina Diri Anak Tunagrahita. Jurnal
Ortopedagogia, 7(1), 8-12.
Saputro, S & Abicin, Z. (2016). Strategi Pembelajaran.
Malang : Laboratorium Teknologi
Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Malang
Susilana,R, & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran.
Bandung: CV Wacana Prima.
Sugiyono.(2017).METODE PENELITIAN: Kuantitaif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p140-143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats