Metode VAKT untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunagrahita
Abstract
Pengaruh Penggunaan Metode VAKT Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode VAKT terhadap kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita di SDLB. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan SSR dengan desain A-B-A. Data dianalisis dengan uji pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan metode VAKT memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita
The Effect of Using VAKT Method on Writing Ability of the Beginning of Children with Intellectual Disability. The purpose of this study was to describe the effect of the VAKT method on the writing ability of early mentally retarded children in SDLB. The study was conducted using a quantitative approach with SSR design with A-B-A design. The results of the study showed that the VAKT method had the effect of increasing the writing ability of early mental retardation students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak
Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 168-
Delphie, B. (2006). Pembelajaran Anak Tunagrahita
: Suatu Pengantar Dalam Pendidikan Inklusi.
Bandung : PT Rafika Aditama.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus Dan Layanan
Khusus. (2017). Pedoman Pembelajran Peserta
Didik Tunagrahita Pada Satuan Pendidikan
Khusus. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan
Kebudayaan.
Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi
Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan
Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.
Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi
Treatment and Education of Autistic and
Realted Communicationhandicapped Children
(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak
Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,
(2), 57-61.
Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).
Media Counting Board untuk Kemampuan
Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.
Maulana, S., Sumekar, G., Iswari, M., (2013,).
Efektifitas Metode VAKT Untuk Meningkatkan
Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Anak
Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Khusus. 2(3). 222-233
Mutakim, Y., Barasandi, S., Mertosono, S. R., (2015).
Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan
Siswa Kelas II SDN Lalong Melalui Media
Gambar Seri. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 5
(9). 244-256
Mastur. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan
Pra Menulis Melalui Tiga Dimensi Pada Anak
Tunagrahita Sedang Di Slb Negeri Bangkinang.
Jurnal Ips, Sains, Dan Humaniora. 3(4). 625-634
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy
Students. International Journal of Innovation,
(5), 531-545.
Rahmansyah, L., Huda, Abd., Saichudin (2016).
Metode Visisual, Audio, Kinestetik, Dan Taktil
(VAKT). Jurnal Ortopedagogia, 2(2). 77-81
Resmini. (2010). Pembinaan dan Pengembangan
Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra.
Bandung: UPI Press.
Tarigan. (2008). Menulis. Bandung : Penerbit Angkasa.
Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak
Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Di
Sekolah Luar Biasa. Jurnal Architecture. 1(2).
-124
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p77-82
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats