Bahan Ajar Keterampilan Menggambar Tunagrahita
Abstract
Bahan ajar keterampilan menggambar bagi anak tunagrahita sedang Kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan menggambar yang diperuntukkan oleh siswa tunagrahita sedang di kelas IV. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development dengan model atau desain dari Dick dan Carey. Instrumen yang digunakan berupa observasi, angket, dan uji coba produk, dengan hasil pengembangan bahan ajar keterampilan menggambar sangat valid digunakan untuk siswa tunagrahita sedang kelas IV.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurohman, I. 2010. Panduan Menggambar Manusia Menggunakan Pensil. Yogyakarta: Penerbit Andri.
Djuwita, D. 2015. Bangun Datar dan Bangun Ruang. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Efendi, M. 2017. Psikopedagogik Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang
Goenarso, A., & Tantotos. 2014. Pintar Matematika Bangun Datar. Jakarta: Lestari Kiranatama
Hendrawan, I. 2016. Mengenal Pelukis Dunia dan Indonesia. Jakarta: PT Mapan Hill, A. 1984. Bagaimana Menggambar. Bandung: Angkasa Bandung
Mangunsong, F. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid ke satu. Depok: LPSP3UI
Maulidiyah, N. K., Sudarsini, S., & Sunandar, A. (2020). Operasi Hitung Sederhana dengan Media Tangga Pintar Anak Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 96-99.
Miyanto. 2013. Menggambar itu gampang. Yogyakarta: CV Empat Pilar Pendidikan
Muntoha. 2015. Dasar-Dasar Menggambar Ilustrasi. Surabaya: PT.JP Express Media Utama
Muntoha. 2015. Menggambar Langkah Demi Langkah. Klaten: Intan Pariwara
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy Students. International Journal of Innovation, 5(5), 531-545.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-164.
Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Susilawati, S. Y. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN TATA KALIMAT PADA SISWA TUNARUNGU
Santrock, W. 2007. Perkembangan Anak Edisi kesebelas Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sari, G. S., Huda, A., & Kustiawan, U. (2020). Media Quiet Book untuk Meningkatkan Keterampilan Merawat Luka Ringan Anak Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 81-84.
Suerni, T. (2016). Pengaruh Terapi Okupasi Menggambar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Di Slb Negeri Semarang. Karya Ilmiah.
Shiddiq, M, D., Munawaroh, I., & Sungkono. 2009. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendiidkan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Somadinata, Y. 2018. Pintar Gambar dengan Angka, Huruf, dan Bentuk. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sulaiman. 2018. Memahami Pencerminan Bangun Datar. Jakarta: PT Temprina Media Grafika
Wardhani, I, G, A, K., Hernawati, T., & Astati. 2007. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i12020p7-12
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats