Media Clay Tepung sebagai Sarana Menulis Permulaan Tunagrahita
Abstract
Media clay tepung untuk meningkatkan kemampuan pra menulis permulaan siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pra menulis permulaan siswa tunagrahita setelah diberikan media clay tepung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen menggunakan media clay tepung untuk meningkatkan kemampuan pra menulis permulaan siswa tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dalam pemberian media clay tepung dalam meningkatkan kemampuan pra menulis permulaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara.1(4) : 104-117
Gunawan, C.A.A., Sudiarta, I.W., Budiarta, I.G.M. (2017). Bermain Menggunakan media clay Tepung di Paud Pradya Werdhi Jembrana. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 8 (2): 1-12
Kartini & Sujarwo. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 1 (2) : 200-208
Kuntarto, E. (2013). Pembelajaran Calistung : Membaca, Menulis, Berhitung. Jambi : Eone Production.
Latae, A., Barasandji, S., Muhsin. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan menulis permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali.Jurnal Kreatif Tadulako Online. 2(4) : 200-204
Maftuhah., Ulum, D., Ratnasari, E. (2014) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Melalui Permainan Membuat Plastisin Alami. Jurnal PGPAUD Trunojoyo. 1 (1) :47- 53
Matondang, Z. (2009). Validitas dan Realibilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 6 (1) : 87-97
Karo-Karo, I.R., Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Matematika. 7(1) : 91-96
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy Students. International Journal of Innovation, 5(5), 531-545.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-164.
Umar., Metro, S.J.S.(2014) . Media Pendidikan : Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. 11(1) : 131-144
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i12020p13-19
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats