Media Clay Tepung sebagai Sarana Menulis Permulaan Tunagrahita

Asri Kurnianing Dewi, Abdul Huda, Rizqi Fajar Pradipta

Abstract


Media clay tepung untuk meningkatkan kemampuan pra menulis permulaan siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pra menulis permulaan siswa tunagrahita setelah diberikan media clay tepung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen menggunakan media clay tepung untuk meningkatkan kemampuan pra menulis permulaan siswa tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dalam pemberian media clay tepung dalam meningkatkan kemampuan pra menulis permulaan. 


Keywords


Pra menulis Permulaan; Clay Tepung; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara.1(4) : 104-117

Gunawan, C.A.A., Sudiarta, I.W., Budiarta, I.G.M. (2017). Bermain Menggunakan media clay Tepung di Paud Pradya Werdhi Jembrana. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 8 (2): 1-12

Kartini & Sujarwo. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 1 (2) : 200-208

Kuntarto, E. (2013). Pembelajaran Calistung : Membaca, Menulis, Berhitung. Jambi : Eone Production.

Latae, A., Barasandji, S., Muhsin. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan menulis permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali.Jurnal Kreatif Tadulako Online. 2(4) : 200-204

Maftuhah., Ulum, D., Ratnasari, E. (2014) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Melalui Permainan Membuat Plastisin Alami. Jurnal PGPAUD Trunojoyo. 1 (1) :47- 53

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Realibilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 6 (1) : 87-97

Karo-Karo, I.R., Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Matematika. 7(1) : 91-96

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy Students. International Journal of Innovation, 5(5), 531-545.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-164.

Umar., Metro, S.J.S.(2014) . Media Pendidikan : Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. 11(1) : 131-144




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i12020p13-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats