Pengembangan Kreatifitas dan Penciptaan Inovasi Serta Modifikasi Olahraga Adaptif untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Dewi Sri Rejeki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kreatifitas dan Penciptaan serta modifikasi olahraga adaptif bagi anak berkebutuhan khusus yang terwujud daalm kegiatan lesson study dan di susunnya modul olahraga adaptif bagi para guru olahraga dalam rangka meningkatkan kempuan guru dalam pembelajaran olahraga adaptif. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian dari Borg dan Gall  yaitu yang prosedurnya dimodifikasi menjadi 5 tahap ,yaitu (1) analisis olahraga adaptif yang akan dikembangkan, (2) Lesson study, (3) validasi instrument oleh para ahli dan revisi pertama, (4) Uji lapangan skala kecil, (5) modul olahraga adaptif. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) ragam olahraga adaptif anak Berkelainan Pendengaran ( 35 % ), anak dengan kelainan penglihatan (30 %), U anak dengan kelainan mental rendah (25%),  anak tuna daksa ( 10% ), (2) Lesson study yang di laksanakan digunakan untuk  menyusun modul olahraga adaptif, (3) diketahui bahwa olahraga adaptif dapat meningkatkan ABK dalam pendidikan, sosial, psikomotor 90 %, (4) Penelitian telah berhasil mengembangkan ragam olahraga adaptif dan telah di susun dalam modul dan visibel untuk diujicobakan secara empiris. 


Keywords


olahraga adaptif; anak berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Ajuwon, P. M., Laman, E., Earle, J. C., Echaniz, C., Cronin, K. A., Davis, M., ... & Sekayi, D. (2014). JOURNAL of the AMERICAN ACADEMY of SPECIAL EDUCATION PROFESSIONALS (JAASEP).

Crsswell J W, 1999 Qualitatif & Quantitative Approachs. London. Stage Publications.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi Treatment and Education of Autistic and Realted Communicationhandicapped Children (TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 57-61

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: an introduction (8. utg.). AE Burvikovs, Red.) USA: Pearson. PP no 72/1991 tentang Pendidikan Luar Biasa PP no 17/2010 tentang Pendidika Khusus

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy Students. International Journal of Innovation, 5(5), 531-545.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-164.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019, December). Development of Adaptive Sports Models in Improving Motor Ability and Embedding Cultural Values in Children with Special Needs. In the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019). Atlantis Press.

Sunardi, S., & Sunaryo, S. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya). Jassi Anakku, 10(2), 184-200.

Sunarto. 2005. Metode penelitian pengembangan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Makalah. Batam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Normal Indonesia, Sekretariat Negara

Yusuf, M. (1995).Pendidikan Tuna netra dewasa dan pembinaan karir: Depdikbud-Rrjen Dikti –Proyek Pendidikan Tenaga Akademik




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i12020p31-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats