MODEL OF EDUCATION RECONSTRUCTION TERHADAP MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA TOPIK RESPIRASI ANAEROB

Mika Yanti Arita Pasaribu, Esterlin Wainarisi, Khanna Hadirama, Euis Nursa'adah

Abstract


Abstrak. Respirasi Anaerob merupakan salah satu topik pelajaran biologi yang wajib dipelajari oleh peserta didik kelas XII IPA. Pada topik respirasi anaerob mempelajari tentang bioteknologi. Bioteknologi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari karena penerapannya berkaitan dengan respirasi anaerob. Namun pada topik ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan seringkali peserta didik mengalami miskonsepsi pada tahapan, pemanfaatan mikrobia dan produk yang dihasilkan dalam respirasi anaerob. Dengan demikian diperlukan Model of Education Reconstruction (MER) untuk memperbaiki konsepsi peserta didik menjadi konsep ilmuan dengan penerapan desain pembelajaran berbasis video dan praktikum. Penggunaan video dalam kegiatan pembelajaran dapat memaparkan tahapan dan pemanfaatan mikrobia dalam penerapan konsep respirasi anaerob. Sedangkan melalui kegiatan praktikum peserta didik dapat melihat secara langsung produk yang dihasilkan dalam respirasi anaerob. Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 11 Kota Bengkulu dengan 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Instrumen penelitian berupa three-tier test yang diberikan kepada sampel pada kegiatan pre-assesment dan post-assesment. Hasil penelitian pada pre-assesment menunjukkan konsepsi peserta didik pada topik respirasi anaerob tergolong rendah, dengan data 33% miskonsepsi, 42% tidak tahu konsep, dan 25% tahu konsep. Setelah dilaksanakan Model of Education Reconstruction (MER) berbasis video dan praktikum, konsepsi peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil post-assesment, yaitu 16% miskonsepsi, 2 % tidak tahu konsep, dan 82% tahu konsep. Dari persentase tersebut menunjukkan bahwa Model of Education Reconstruction (MER) berbasis video dan praktikum mampu meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik pada topik respirasi anaerob.

Abstract. Anaerobic Respiration is one of biology topics that must be studied by XII IPA high school Students. The topic is Biotechnology which useful in everyday life due to its application related to anaerobic respiration. However, this topic has a fairly high level of difficulty and sometimes make students get misconceptions about the stages between microbes and the products produced in anaerobic respiration. Thus a Model of Education Reconstruction (MER) is needed to improve students' conceptions into scientific concepts by applying video-based learning designs and practicums. It can be used to explain the stages and utilization of microbes in applying the concept of anaerobic respiration. Meanwhile, through practicum, the students can see directly the products produced in anaerobic respiration. The subjects of this study were 20 students of XII IPA high School in Bengkulu City which consist of 10 boys and 10 girls. The research instrument was a three-tier test which was given to the sample in the pre-assessment and post-assessment activities. The results of the pre-assessment showed that students' conceptions on the topic of anaerobic respiration were low, with the data of 33% misconceptions, 42% did not know the concept, and 25% knew the concept. After implementing the video and practicum-based Model of Education Reconstruction (MER), students' conceptions have increased. This is evidenced by the post-assessment results, namely 16% had misconceptions, 2% did not know the concept, and 82% knew the concept. This percentage shows that the video-based Model of Education Reconstruction (MER) and practicum can improve students conceptual understanding on the topic of anaerobic respiration.

Keywords


respirasi anaerob; MER; miskonsepsi; three-tier test

Full Text:

PDF

References


Arslan, Harika Ozge, Ceyhan Cigdemoglu dan Christine Moseley. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect,Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education. Vol 34 (No.11) : 1667-1686.

Cakir, Ozlem S., Omer Geban dan Nejla Yuruk. (2002). Effectiveness of Conceptual Change Textoriented Instruction on Students’ Understanding of Cellular Respiration Concepts. Biochemistry and Molecular Biology. Vol 30 (No.4) : 239-243.

Campbell. (2013). Biology. 9th ed. Benjamin Cummings/Pearson: Boston

Doloksaribu, Florida., Ahmad Mudzakir., Hayat sholihin., Fransiska Sudargo. (2014). Model Education Reconstruction (Mer) Bahan Ajar Penelitian Laboratorium (Pl) Konteks Zeolit Berbasis Problem Solving-Decision Making (Psdm). Jurnal Peneltian Pendidikan. Vol 31 (No.2)

Duit, R., Gropengießer, H., Kattmann, U., Komorek, M., & Parchmann, I. (2012). The Model of Educational Reconstruction – A Framework for Improving Teaching and Learning Science. In Science Education Research and Practice in Europe (pp. 13-37). SensePublishers, Rotterdam.

Gunawan., Lilik Kustiani., Lilik Sri Hariani, (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). Vol 12 (No.1) : 14-22

Moede, F.H. Gonggo, S.T. Ratman, R. (2017). Pengaruh Lama Waktu Fermentasi Terhadap Kadar Bioetanol Dari Ubi Jalar Kuning (Ipomoa batata L.). Jurnal Akademi Kimia. Vol 6 (No.2)

Nursa’adah, E., Liliasari., A.Mudzakir., H.D.Barke. (2018). The Model Of Educational Reconstruction:

Students’ Conceptual Knowledge On Solid State Chemistry Domain. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 7 (No.1) : 193-203

Riyaldi, Aldi Slamet., Bambang Supritno., Sri Anggraeni. (2021). Desain Kegiatan Laboratorium Alternatif: Memfasilitasi Keterampilan Literasi Kuantitatif Siswa melalui Praktikum Respirasi Anaerob. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 6 (No.1) : 2684-7604

Suparno, Paul. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Fisika. Jakarta: Grasindo.

Suprihatin, Siti. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol 3 (No.1) : 73-82

Tridiyanti, Elsa Putri dan Yuliani. (2017). Profil Miskonsepsi Dengan Menggunakan Three-Tier Test PSubmateri Katabolisme Karbohidrat. ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu. Vol 6 (No.3) : 2302-9528




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v15i1p89-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats