Analisis Metode Pembelajaran “Riddle Games Economics” Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Perdagangan Internasional
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad Dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : Sultan Agung Press.
Agustiyani, Dinul Afwah. (2016). Pengembangan Media Permainan Teka-Teki Silang Bergambar Berbasis Macro Media Flash Untuk Menambah Kosakata Bahasa Jawa. (Online), diakses di http://lib.unnes.ac.id pada tanggal 12 Juni 2022
Asrul Dkk. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Ciptapustaka.
Dimiyati, dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djemari Mardapi. (2000). Evaluasi Pendidikan. Makalah disampaikan pada Konvensi Pendidikan Nasional tanggal 19 – 23 September 2000 di Universitas Negeri Jakarta.
Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan 142 Model & Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.
Endang, Purwanti. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Media Permainan Teka-Teki Silang (Cross Words Puzzle) (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas VIII F Semester 1 Pada Materi Tarikh Di SMP Negeri 2 Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2011/2012). (Online) diakses di http://repository.radenfatah.ac.id/6501/ pada tanggal 13 Juni 2022
Ersoy, Esen,. & Baser, Nes’e. (2014). The effects of problem-based learning method in higher education on creative thinking. Procedia-Social and Behavioral Sciences 116. 2014. 3494 –3498.
Hikmawan, R., Suherman, A., Fauzi, A., & Mubarak, I. (2020). Ikigai as Student High Order Literacy Skills Intrinsic Motivation Learning Template. Journal of Education Research and Evaluation, 4(1), 98–102. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE
Istiningsih, S., Darmiany, D., Astria, F. P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), (Online) 4(6), 911-920.
Kalahatu, Marsye Fera. (2021). Persepsi Peserta Pelatihan Dasar Terhadap Penggunaan Quiziz Sebagai Metode Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. (Online), 1(1), 163-177. DOI : https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01. 1228
Marc I. Cicchino. (2015). Using Game Based Learning to Foster Critical Thingking in Student Discourse. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, Vol.9, Iss.2.
Maulidina, M. A., Susilaningsih, & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal JINOTEP, 4(2), 113–118.
Munir, P. D. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan.
Nurkhoirunnisa, Intan. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). (Online), diakses di http://repository.unpas.ac.id/51054/ pada 12 Juni 2022
Nurdyansyah, Nurdyansyah dan Fahyuni, Eni Fariyatul. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center. (Online) diakses di http://eprints.umsida.ac.id/296/ pada tanggal 11 Juni 2022
Nurgiyanto, Burhan. (1988). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Oktavia, A. Shilphy. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta : DEE PUBLISH.
Sani, Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Tarigan, Darmawanty dan Siagian, Sahat. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2). (Online) diakses di https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/download/3295/2963 pada 12 Juni 2022.
Perry, A., and Karpova, E. (2017). Efficacy of Teaching Creative Thinking Skills: A Comparison of Multiple Creativity Assessments, Thinking Skills and Creativity .http://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2015.169.
Rusman.(2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.
Tri Cipto Tunggul Wardoyo, T.C.T. (2015) . Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di SMK Negri 1 Purworejo (skripsi). Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Wijayanti, Nia Wahyu. (2021). Implementasi Permainan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Cendekiawan. (Online) 3(1), 59-64. Diakses pada https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN
Wulan, Ratna Elis. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pedekatan Kurikulum 2013. Bandung : Pustaka Setia.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/UM014v16i12023p001
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Jurnal Penddidikan Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License