Pemanfaatan Whatsapp Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS Di MAN 2 Malang Selama Pandemi Covid-19

Septiani Satriani Purnama Putri, Agung Haryono

Abstract


Penggunaan media pembelajaran sangat berdampak pada respon siswa; Dengan adanya media pembelajaran, proses pembelajaran menjadi lebih efektif, aktif, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penggunaan media pembelajaran online dalam proses pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas X jurusan IPS, satu orang guru ekonomi, dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp menjadi satu-satunya media pembelajaran online mata pelajaran ekonomi selama pandemi. Aplikasi WhatsApp mudah digunakan. Pembelajaran daring menggunakan grup WhatsApp belum optimal karena kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Respon siswa selama pembelajaran di Grup WhatsApp sangat pasif. Mahasiswa mengalami banyak kendala, seperti kendala klasik yang terjadi adalah kuota internet atau paket data.


Keywords


Pembelajaran Daring; Penggunaan Media; Media WhatsApp

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021a). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah …, 4(2), 224–230. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia/article/view/195

Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021b). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah …, 1(1), 48–56. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia/article/view/195

Ana, M., & Theodosia, N. (2021). Efektivitas Penilaian Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 SDK Ndona 2 Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 4(1).

Barhomi, C. (2015). The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity Theory on Students’ Knowledge Management. Contemporary Educational Technology, 6(3), 221–238.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Creswell, J. W. (2019). Research Design (Edisi 4). Pustaka Belajar.

Daheri, M., & Dkk. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education., 4(4), 775–783.

Dzamarah, S. B. & Z. A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Emeilia, R. I., & Muntazah, A. (2021). Hambatan Komunikasi Dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(2), 155–166.

Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online. Jurnal Akutansi, 6(1), 23–38.

Iwan, F. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104

Jumiatmoko. (2016). WhatsApp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab. Wahana Akademika, 3(1), 52–66.

Kurniawan, A. (2021). Efektifitas Media Online yang digunakan dalam Proses Pembelajaran Daring. Palapa, 9(1), 18–30. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.928

Laelasari, I., & Dewi, N. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah di Tengah Pandemi Covid-19. JURNAL PENELITIAN, 14(2), 249. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.8447

Loviana, S., Janah, M., Permata, D. C., & Nisa, C. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Tingkat Smp Dan Sma Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Mathematic Education, 2(1), 65–74.

Maryani, L., & Sopiansah, V. A. (2019). Minat Belajar Siswa dengan Variasi Penggunaan Media Pembelajaran (Survey pada Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 3 Bandung). Jurnal Petik, 5(1), 63–69. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.473

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No.4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer di SMK. Informatika, 8(1), 36–44.

Oktriana, I. R., & Novianto, V. (2022). Peran Guru dalam Pemanfaatan Media WAG untuk Meningkatkan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 76–81. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.343

Pribadi, M. ., & Benny, A. (2017). Media dan Teknologi dlaam Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Putri, I. P., & Sibuea, A. M. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(2), 145–155.

Putria, H, Maula, L. ., & Uswatun, D. . (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.

Putria, Hilna, Maula, L. H., & Dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. BASICEDU, 4(4).

Rifa’i, A. (2017). Pengaruh Interaksi Edukatif Dan Reward Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Dewi, Retno Mustika, 5(3), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/20513/18801

Risdamayanti. (2021). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Negeri 2 Ponorogo. July, 1–23.

Sahidillah, M., & Miftahurrisqi, P. (2019). WhatsApp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Varia Pendidikan, 31(1).

Saiful, N. I., Rudiyansyah, R., & Aslam, S. L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa ). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 86–92. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539

Setyorini, I. (2020). Pandemi COVID-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran pada Kurikulum 13 ? Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 95–102.

Sinaga, D., & Sinaga, S. I. P. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 873–880. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.772

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81–86. https://doi.org/10.23887/Janapati.V8i1.17204

Sudarman, S., & Ardian, A. (2021). EFEKTIFITAS MEDIA WHATSAPP GROUP DALAM PEMBELAJARAN DARING. Akademika, 10(01), 77–92. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1344

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Ulamatullah, T. S., Sedyati, R. N., & Suyadi, B. 2. (2017). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Menjelaskan Guru terhadap Pemahaman Materi Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 124.

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454


Refbacks




Lisensi Creative Commons
Jurnal Penddidikan Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License