PENGARUH PEMBELAJARAN TPS DENGAN SCAFFOLDING KONSEPTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH SINTESIS FISIKA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA

Khoirul Haniin, Markus Diantoro, Supriyono Koes Handayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika ditinjau dari pengetahuan awal fisika. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2013-2014. Terdapat dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara cluster sampling. Data hasil penelitian eksperimen dianalisis dengan analisis variansi dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika antara kelompok siswa yang belajar melalui pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual dan pembelajaran TPS, ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika antara kelompok siswa yang mempunyai tingkat pengetahuan awal berbeda, dan tidak ada pengaruh interaksi antara stategi pembelajaran dan pengetahuan awal  terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika.


Keywords


sintesis fisika; pengetahuan awal; scaffolding; TPS

Full Text:

PDF

References


Arend, Richard I. 2012. Learning to Teach. New York, America: Mc Graw-Hill.

Ausubel, D. P. 1968. Educational Psycology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart & Winston.

Chang K.E.,Sung Y. T & Chen S.F. 2001. Learning through computer-based concept mapping with Scaffolding aid. Journal of Computer Assisted Learning, 17(1), 21-33.

Dennen, V. P. 2004. Cognitive Apprenticeship in Educational Practice: Research on Scaffolding, Modeling, Mentoring, and Coaching as Instructional Strategis, Dalam, D. H Jonesen (Ed.). Handbook of Research on Educational Communication and Technology. Mahwah, New Jensey, Lawrence Erlbaum Assiciates.

Depdiknas. 2006. Sosialisasi KTSP. File PDF. Jakarta: Grasindo.

Dochy F., Segers M. & Buehl M. 1999. The Relation between assessment Practices and Outcomes of Studies: The case of Research on prior knowledge. Review of Educational research, 69 (2): 147-188.

Gall, M.D., Gall, J.P., & Bob, W.R. 2003. Educational Research (7thed.). Boston: Pearson Education Inc.

Girodino, G. 1996. Literacy Program for Adult with Developmental Disability. San Diego, CA: Singula Publishing Group Inc.

Hailikari, T., Katajavuori, N., & Lindblom-Ylanne, S. 2008. The Relevance of Prior Knowledge in learning and Instructional Design. American Journal of Pharmaceutical Education. (Online), dalam HighBeam Research.

Howell, D. C., 2011. Fundamental Statistics for Behavioral Sciences, Seventh Edition. Belmont, CA: Wadsworth, Cengage Learning.

Koes H, S. 2012. Pengaruh Strategi Scaffolding-Kooperatif dan Pengetahuan Awal Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap pada Matakuliah Fisika Dasar. Disertasi tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Lin, D., Reay, N., Lee, A. & Bao, L. 2011. Exploring the role of conceptual Scaffolding in solving synthesis problems. Physical Review Special Topics-Physics Education Research 7,020109

Liang, L.A. 2011. Scaffolding middle School Student’ Comprehension and Response to Short Stories. RMLE Online. (Online) dalam HighBeam Research.

Lom, Barbara. 2012. Classroom Activities: Simple Strategies to Incorporate Student-Centered Activities within Undergraduate Science Lectures. The Journal of Undergraduate Neuroscience Education (JUNE), Fall 2012, 11(1):A64-A71.

Manesa, 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Motivasi Berprestasi, dan kemampuan Akademik, Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD. Disertasi tidak Diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Reisslein, J., Sullivan, H., & Reisslen, M. 2007. Learner Achievement and Attitudes Under Different Paces of Transitioning to Independent Problem Solving. Journal of Engineering Education, 96 (1): 45-55.

Sukmadinata, N. S., 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Dalam ali, Muhammad (Penyunting), Ilmu & Aplikasi Pendidikan, Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis, Tim pengembang Ilmu pendidikan FIP-UPI (hal 97-132), bandung: PT. Imperial Bakti Utama.

Sulistyaningrum H., 2012. Pengaruh Dua Tipe Pembelajaran Kooperatif (NHT vs TPS) dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Pemahaman dan Aplikasi Konsep Fisika Bagi mahasiswa Pendidikan Matematika. Disertasi tidak Diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Veale, T., Keane, M.T. Tanpa Tahun. Conceptual Scaffolding: A Spatially-Founded Meaning Representation for Metaphor Comprehension. Ireland: Trinity College Dublin.

Wartono, dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Sanins, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i2p6-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats