Pengembangan Modul IPA Berbasis Literasi Sains pada Materi Suhu, Pemuaian, dan Kalor untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul IPA berbasis literasi sains, (2) mengetahui kualitas modul IPA berbasis literasi sains, dan (3) mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan modul IPA berbasis literasi sains pada materi suhu, pemuaian, dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan model 3D yang meliputi Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan) yang dibatasi pada uji coba luas. Hasil penelitian berupa modul IPA berbasis literasi sains pada materi suhu, pemuaian, dan kalor. Kualitas modul IPA berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan guru IPA memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan rerata skor 3,55; 3,56; dan 3,71. Respon peserta didik terhadap modul IPA pada uji coba terbatas dan uji coba luas memperoleh kategori setuju (S) dengan rerata skor 1,00 dan 0,96. Hasil uji keterlaksanaan modul IPA yaitu peserta didik masih menanyakan persamaan ∆T dalam modul IPA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
M. Listyawati, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP," J. Innov. Sci. Edu., vol. 1, no. 1, pp. 61–69, 2012.
M. S. Ridwan, L. A. Murdhiyyah, and A. Rusilowati, "Pengembangan Instrumen Asesmen dengan Pendekatan Kontekstual untuk Mengukur Level Literasi Sains Siswa," in Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan, Semarang: Universitas Negeri Semarang, pp. 177–190, 2013.
N. Shofiyah, "Deskriptif Literasi Sains Awal Mahasiswa Pendidikan IPA Pada Konsep IPA," Pedagogia, vol. 4, no. 2, pp. 113–120, 2015.
Y. Abidin, T. Mulyati, and H. Yunansah, Pembelajaran Literasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
U. Toharudin, S Hendrawati, and H. A. Rustaman, Membangun Literasi Sains Peserta Didik, Bandung: Humaniora, 2011.
A. Rusilowati, "Analisis Buku Ajar IPA yang Digunakan di Semarang Berdasarkan Muatan Literasi Sains," in Proc. Seminar Nasional Konservasi dan Kualitas Pendidikan, Semarang: Universitas Negeri Semarang, pp. 6–10, 2014.
J. Wilkinson, "A Quantitative Analysis of Physics Textbooks for Scientific Literacy Themes," J. Research in Sci. Edu., vol. 29, no. 3, pp. 385–399, 1999.
E. Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.
Tim Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah, Penulisan Modul, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
E. L. Chiappetta, D. A. Filman, and G. H. Sethna, "A Method to Quantify Major Themes of Scientific Literacy in Science Textbooks," J. Research in Sci. Teach., vol. 28, no. 8, pp. 713–725, 1991.
E. P. Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Z. Arifin, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
N. Sholihah, "Pengembangan Modul IPA Terintegrasi dengan Ayat Al-Qur’an dan Hadits Sebagai Sumber Belajar Mandiri (Peserta Didik MTs Kelas VII di MTsN 1 Yogyakarta)," S.Pd. Thesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2017.
H. N. Kause, "Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Suhu dan Kalor Menggunakan Metode Eksperimen Terbimbing," S.Pd. Thesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i2p91-97
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika
View My Stats
Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: