Efektifitas Penggunaan LMS Schoology Pada Pembelajaran Fisika SMA Materi Fluida Statis Saat Pandemi Covid-19

Agus Widayoko

Abstract


Musim pandemi Covid-19 memaksa semua level pendidikan melakukan pembelajaran online.
Banyak Learning Management System (LMS) ditawarkan sebagai solusi pembelajaran online
termasuk LMS Schoology. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui respon penggunaan
pembelajaran online dengan LMS Schoology pada pembelajaran fisika SMA materi Fluida.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas XIB SMA Trensains Muhammadiyah Sragen yang dipilih dengan
purposive sampling. Fokus deskripsi penelitian pada tingkat partisipasi siswa saat
pembelajaran dan respon kegiatan pembelajaran dengan LMS Schoology. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi dan angket. Observasi dilakukan dengan mengamati tingkat
partisipasi siswa mengisi presensi, mengikuti diskusi, dan mengumpulkan tugas tepat waktu.
Angket dilakukan setelah pembelajaran materi fluida statis selesai untuk memperoleh respon
siswa selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa partisipasi siswa
cenderung sangat baik dalam kepesertaan, sangat rendah dalam diskusi, dan cenderung baik
dalam pengumpulan tugas tepat waktu. Namun, melalui angket siswa merespon pembelajaran
dengan LMS Schoology kurang tepat. Peranan guru dalam pembelajaran fisika masih
diperlukan untuk mencapai efektifitas pembelajaran fisika yang maksimal.


Keywords


pembelajaran daring; Schoology; Learning Management System

Full Text:

PDF

References


G. Tam and D. Azar, “3 ways the coronavirus pandemic could reshape education,” World Economic Forum, 2020. https://www.weforum.org/agenda/2020/03/3-ways-coronavirus-is-reshaping-education-and-what-changes-might-be-here-to-stay/.

P. Luthra and S. Mackenzie, “4 Ways Covid-19 Education Future Generations. Sumber:,” World Economic Forum, 2020. https://www.weforum.org/agenda/2020/03/4-ways-covid-19-education-future-generations/.

Nurkholis, “Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase ( Covid-19 ) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah,” Pgsd, vol. 5, no. 1, pp. 39–49, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS.

A. Purwanto, “Studi Eksplorasi Dampak Work From Home (WFH) terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19,” EduPsyCouns J., vol. 2, no. 1, pp. 92–100, 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Surat Edaran Kemdikbud No 4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Indonesia, 2020.

A. Purwanto, M. Asbari, R. Pramono, and P. Santoso, “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.

J. Hopkins, “Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University (JHU),” CSSE, 2020. .

Sutarto, R. P. K. Wardhany, and Subiki, “Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA,” J. Pembelajaran Fis., no. 2301–9794, 2014.

U. . Putri, Pengaruh Thinking Maps pada Pembelajaran Guided Inquiry Lab Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Fluida Statis di SMA Negeri 3 Kediri. 2018, p. 1.

H. P. Rivai and L. Yuliati, “Penguasaan Konsep dengan Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Dinamis pada Siswa SMA,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 8, pp. 1080–1088, 2018.

A. Widayoko, E. Latifah, and L. Yuliati, “Peningkatan Kompetensi Literasi Saintifik Siswa SMA dengan Bahan Ajar Terintegrasi STEM pada Materi Impuls dan Momentum,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, Pengemb., vol. 3, no. 11, pp. 1463–1467, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11767.

S. Setiyani, “BLENDED LEARNING: KEEFEKTIFAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS,” J. Kependidikan, vol. 3, no. 2, pp. 143–155, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

“Bring your community together,” schoology.com, 2020. .

N. L. Ulva, S. Kantun, and J. Widodo, “Penerapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 11, no. 2, p. 96, 2018, doi: 10.19184/jpe.v11i2.6453.

C. KARTIKA MURNI, “Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X Tkj 2 pada SMK Negeri 3 Buduran, Sidoarjo,” It-Edu, vol. 1, no. 01, pp. 86–90, 2016.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif (Analisis Data) Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i1p13-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agus Widayoko, M.Pd., Gr.



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: