Nilai-nilai luhur Tari Kedempling dalam pembelajaran IPS berbasis teori belajar behavioristik

Fahmi Nur Ramadhan, Sariyatun Sariyatun

Abstract


Pembelajaran IPS bertujuan untuk mempersiapkan juga mewujudkan siswa untuk jadi warga Negara yang baik. Tema kajian IPS ialah fenomena yang terjadi di masyarakat baik di masa lalu, masa sekarang, maupun kecenderungan masa yang akan datang. Maka dari itu, kearifan lokal dapat menjadi kajian dalam pembelajaran IPS karena berkaitan dengan masyarakat baik itu aturan yang dipatuhi maupun hasil kebudayaan yang diciptakan oleh masyarakat. Salah satu kearifan lokal yang memilik kandungan nilai-nilai luhur yang dapat diamalkan dalam menjalani kehidupan ialah tari Kedempling. Tari Kedempling mengajarkan setiap manusia harus memiliki tujuan dalam hidup dan untuk mencapai tujuan tersebut diharuskan fokus dan bekerja keras. Maka dari itu, tari Kedempling dapat menjadi materi yang dapat disampaikan kepada siswa salah satunya untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS melalui pendekatan Behavioristik. Teori Behavioristik sendiri mengkaji perubahan perilaku manusia.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v5i22020p114


Keywords


Pembelajaran IPS; Tari Kedempling; Teori Behavioristik

Full Text:

PDF

References


Andriyani, F. (2015). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 10(2), 165—180.

Ashaf, A. (2006). Sikap Politik Pemerintah dalam Pewancanaan Musik Populer Tahun 80-an dan 90-an. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 9(3), 337—353.

Astawa, I. B. M. (2017). Pengantar Ilmu Sosial. Rajawali Press.

Caturwati, E. (2007). Tari di Tatar Sunda. Sunan Ambu Press.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

Disparbud Jabar. (2012). Ronggeng Kedempling Perpaduan Cirebonan dan Priangan [Instansi Pemerintahan]. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. http://www.disparbud.jabarprov.go.id/application/frontend/index.php

Endayani, H. (2018). Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS. Jurnal Ittihad, 2(2), 117—126.

Hidayat, A. (2017). Profil Kesenian Daerah Kabupaten Majalengka. Disparbud.

Hurri, I., & Rohmat, W. (2018). Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa SMP. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 12–23.

Karsidi, R. (2011). Sosiologi Pendidikan. UNS Press.

Kemendikbud. (2018). Tari Kedempling [Instansi Pemerintahan]. Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/

Koentjaraningrat. (2009). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Gramedia.

Mukinan. (1997). Teori Belajar dan Pembelajaran. P3G IKIP.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 64—74.

Priyatna, M. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi Islami, 5(10), 1311–1336.

Putrayasa, I. B. (2013). Landasan Pembelajaran. Undiksha Press.

Quraysshyhaq, A. (2020). Perkembangan Kesenian Tari Ronggeng Kedempling di Kabupaten Majalengka Tahun 2000—2018. Pendidikan Indonesia.

Slavin, R. E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice. Allyn and Bacon.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS



Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY 4.0.